Pengertian Karakter | Penjelasan Lengkap Menurut Para Ahli – Ayoksinau.com

Posted on

Pengertian Karakter – Dalam kehidupan kita sehari-hari, tentu kita sering menganggap bahwa karakter dengan sifat, watak atau pun kepribadian itu adalah hal yang sama. Padahal, jika kita telaah lebih lanjut, pengertian karakter dengan sifat atau pun watak itu jelas berbeda.

Pengertian Karakter

Lalu apa sih sebenarnya karakter itu?

Pada kesempatan yang kesekian kalinya ini Ayoksinau.com akan mencoba membahas tentang pengertian karakter secara detail.

Pengertian Karakter

Pada dasarnya kata karakter adalah penggabungan dari watak, sifat dan kepribadian seseorang. Selain itu, karakter juga masih memiliki banyak definisi lain yang dijelaskan oleh beberapa pendapat para ahli. Adapaun beberapa pendapat para ahli tentang karakter adalah sebagai berikut.

Pengertian Karakter Menurut Para Ahli

  • Menurut Maxwell, karakter memiliki artian bahwa karakter itu lebih baik dari sekedar perkataan. Dengan kata lain karakter adalah suatu pilihan yang menentukan tingkat keberhasilan dan kesuksesan seseorang.
  • Menurut Wyne, karakter merupakan suatu hal yang menandakan bagaimana cara dan teknis seseorang untuk dapat memfokuskan nilai kebaikan ke dalam tindakan serta tingkah laku agar dapat diterapkan dengan baik.
  • Menurut Kamisa, karakter merupakan sifat-sifat kejiwaan seperti akhlak dan budi pekerti yang dapat membuat seseorang dapat terlihat berbeda dengan yang lainnya. Karakter juga dapat diartikan suatu hal yang memiliki watak serta kepribadian.
  • Menurut Kusuma, yang dimaksud dengan karakter yaitu sifat, gaya, ataupun katakeristik seseorang yang dibentukan ataupun diciptakan serta didapatkan dari lingkungan sekelilingnya.
  • Menurut W. B. Saunders, yang dimaksud karakter adalah sifat yang nyata dan berbeda yang ditunjukkan oleh seseorang atau individu. Karakter dapat terliat dari berbagai macam hal yang terlihat dalam tingkah laku seseorang atau individu.
  • Menurut Gulo W, menurut beliau karakter ialah kepribadian yang dapat dilihat dari titik tolak etika atau pun moral seseorang (contohnya seperti kejujuran seseorang). Karakter pada umumnya memiliki hubungan dengan sifat- sifat seseorang yang relatif tetap.
  • Menurut Alwisol, yang dimaksud dengan karakter yaitu penggambaran dari tingkah laku seseorang yang dilaksanakan dengan menampilkan nilai (benar atau salah, baik atau buruk) baik secara implisit atau bahkan secara ekspilisit. Karakter tentunya berbeda dengan kepribadian karena kepribadian sama sekali tidak menyangkut nilai-nilai.

Artikel terkait:

Pengertian Kompetensi Menurut Para Ahli | Ayoksinau.com

Pengertian Disiplin Menurut Para Ahli, Pendisiplinan, Macam-Macam Disiplin, dan Manfaat Disiplin

Pengertian Sosial, Cakupan Sosial dan Faktor-Faktor Sosial | Ayoksinau.com

Proses Terbentuknya Karakter

Tahukah anda bagaimana karakter itu dapat terbentuk? Karakter yang dimiliki setiap seseorang pada hakekatnya adalah terbentuk melalui proses-proses pembelajaran yang dapat dibilang cukup lama dan cukup panjang. Karakter manusia tidaklah tercipta atau dibawa sejak lahir. Akan tetapi, karakter seseorang itu terbentuk akibat diciptakan atau dibentuk oleh orang-orang yang ada di sekitar kita serta terbentuk oleh lingkungan sekitarnya.

Baiklah, jadi intinya karakter itu dibentuk bukan bukan ada sejak dilahirkan ya. Nah, karakter ini dapat dibentuk melalui berbagai proses pembelajaran yang diperoleh dari beberapa tempat, seperti di sekolah, rumah, kantor, dan di lingkungan sekitar tempat tinggal orang tersebut. Adapun pihak-pihak yang sangat berperan penting dalam proses terbentuk karakter seseorang adalah guru, orang tua, keluarga dan teman-teman sebaya.

Karakter seseorang pada umumnya akan sejalan dengan perilaku seseorang tersebut. Contohnya, apabila seseorang sering melakukan kegiatan atau aktivitas yang baik seperti suka menolong, sopan dalam berbicara, atau pun menghargai orang yang lebih tua ataupun sesama, maka kemungkinan terbesar karakter yang akan terbentuk dalam diri orang tersebut adalah karakter yang baik. Berbeda halnya dengan seseorang yang kesehariannya memiliki perilaku buruk seperti suka mencuri, suka mencela, suka memfitnah, suka berbohong, suka berkata kotor, atau perilaku buruk lainnya, maka kemungkinan terbesar karakter yang dimiliki orang tersebut adalah karakter buruk.

Baiklah, untuk kesempatan kali ini hanya itu yang dapat Ayoksinau.com paparkan tentang pengertian karakter. Jika artikel-artikel yang ada di Ayoksinau.com dapat membantu anda silahkan share artikel-artikel kami ya?? Semoga apa yang Ayoksinau bagikan dapat selalu bermanfaat ya. Jangan lupa selalu kunjungi terus Ayoksinau.com untuk menambah wawasan anda, karena masih banyak artikel-artikel lain yang mungkin belum Anda ketahui atau baca sebelumnya. Terimakasih.

Artikel Menarik Lainnya:

Pengertian Ideologi – Sudahkah Anda Mengetahuinya | Ayoksinau.com

Pengertian Kompetensi Menurut Para Ahli | Ayoksinau.com

Pelayanan Kesehatan Masyarakat | Pengertian, Jenis-Jenis, Skema dan Tujuan Pelayanan Kesehatan Masyarakat

12 Dampak Kebakaran Hutan Yang Sangat-Sangat Merugikan Sekali | Ayoksinau.com