Pengertian Jaringan Meristem dan Fungsi Jaringan Meristem

Posted on

ayoksinau.com – Jaringan Meristem ialah salah satu dari 5 jaringan penyusun tumbuhan selain jaringan epidermis, jaringan penguat, jaringan parenkim, dan juga jaringan pengangkutan. Jaringan ini merupakan jariingan utama yang menyokong proses pertumbuhan tanaman, mulai dari tinggi dan besar batang, penyebaran ranting, panjang akar, dan lain sebagainya. Pada kesempatan kali ini ayoksinau.com akan membahas lebih jauh seputar jaringan satu ini, mulai dari pengertian, fungsi, ciri-ciri, dan juga macamnya. Ok langsung saja kita simak bersama-sama.

Pengertian Jaringan Meristem

Pengertian jaringan meristem merupakan salah satu jaringan pada tumbuhan yang terdiri dari sel-sel bersifat embrional atau aktif membelah. Jaringan ini ialah jaringan yang menjadi titik pokok proses pertumbuhan pada tanaman. Umumnya terletaak pada bagian ujung akar, kambium, ujung batang, dan pangkal batang.

berdasarkan letaknya, jaringan meristem dibagi menjadi 3, diantaranya yaitu jaringan meristem apikal, jaringan meristem interkalar, dan juga jaringan meristem lateral.

Meristem apikal (ujung) merupakan jaringan meristem yang letaknya berada di ujung batang dan ujung akar tanaman. Ciri utama meristem apikal ialah ia memiliki sel-sel yang tumbuh memanjang. Pertumbuhan memanjang dari sel-sel jariingan meristem apikal sering disebut dengan pertumbuhan primer.

Meristem interkalar atau aksilar (antara) ialah jariingan meristem yang letaknya berada di antara jaringan meristem primer dan jaringan dewasa. Umumnya bisa ditemui dibagian pangkal batang, pangkal ranting,  pangkal cabang, dan pangkal daun.

Meristem lateral (samping) merupakan jaringan meristem yang letaknya bersebelahan dengan organ-organ pada tumbuhan. Jaringan ini mempunyai sel yang aktif membelah dan tumbuh ke samping. Pertumbuhan sel-sel tersebut sering disebut dengan pertumbuhan sekunder. Adapun contoh bagian tumbuhan yang mempunyai jaringan ini misalnya kambium.

Selain berdasarkan letaknya, jaringan meristem juga bisa digolongkan berdasarkan asal terbentuknya menjadi jaringan promeristem, meristem primer dan juga meristem sekunder. Apa itu jaringan promeristem, meristem primer dan juga meristem sekunder?

Jaringan promeristem merupakan jaringan meristem yang telah ada semenjak tumbuhan masih berada dalam fase embrio.

Jaringan meristem primer merupakan jaringan meristem yang menghasilkan pertumbuhan primer atau pertumbuhan memanjang dan meninggi. Biasanya terletak di ujung batang dan juga akar.

Jaringan sekunder merupakan jaringan meristem dewasa yang sel-selnya telah mengalami diferensiasi atau perkembaangan lanjut. Jaringan ini menghasilkan pertumbuhan diameter batang yang membesar.

Fungsi jaringan meristem

Seperti telah dijelaskan pada pengertian jaringan meristem di atas, fungsi jaringan meristem secara umum ialah sebagai jaringan yang menyokong pertumbuhan tanaman baik ke arah atas (meninggi) maupun ke arah samping atau membesar. Akan tetapi, masing-masing jaringan meristem sebetulnya mempunyai fungsi berlainan yang lebih spesifik. Fungsi jaringan meristem tersebut antara lain ialah:

  • Sebagai jaringan penyokong pertumbuhan meninggi pada batang dan juga memanjang pada akar.
  • Sebagai jaringan penyokong pertumbuhuan diameter batang.
  • Sebagai jaringan penyokong pertumbuhan organ perantara taanaman.

 

demikian artikel dari ayoksinau.com mengenai Pengertian Jaringan Meristem dan Fungsi Jaringan Meristem, semoga menambah wawasan anda semuanya.

baca juga artikel dibawah ini;