Pengertian Interpretasi dan Pengertian Interpretasi Dalam Berbagai Bidang

Posted on

ayoksinau.com – Istilah interpretasi mungkin ini jarang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Istilah ini lebih sering kita baca di artikel ilmiah atau pun berita di koran, seperti interpretasi data, interpretasi sejarah, interpretasi karya seni, dan sebagainya. Karena itu, banyak masyarakat awam yang tidak begitu paham mengenai arti sebetulnya dari interpretasi ini.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), interpretasi secara singkat bisa diartikan sebagai pemberian kesan, tafsiran, pendapat, atau pandangan teoretis terhadap sesuatu hal atau objek. Interpretasi juga dapat didefinisikan sebagai proses komuniikasi melalui lisan atau gerakan antara dua atau lebih pembicara yang tak bisa menggunakan simbol-simbol yang sama, baik secara simultan (dikenal sebagai interpretasi simultan) maupun berurutan (dikenal sebagai interpretasi berurutan).

Berdasarkan definisi tersebut, interpretasi hanya bisa digunakan sebagai metode jika dibutuhkan. apabila suatu objek (karya seni, ujaran, dan lain-lain) cukup jelas maknanya, objek tersebut tidak akan mengundang suatu interpretasi. Interpretasi biasanya dilakukan untuk mendapatkan pengertian ataupun pengetahuan yang lebih jelas atau mendalam tentang sesuatu haal atau objek.

Misalnya, sebuah lukisan abstrak yang kurang dapat dipahami maksudnya bagi sebagian besar orang. Lukisan ini pun bisa menjadi objek interpretasi sehingga orang awam bisa mengetahui makna yang terkandung pada lukisan tersebut. Demikian juga pada karya seni lainnya, novel, semisal film, puisi, atau lagu.

Selain karya seni, interpretasi juga bisa dilakukan terhadap data, seperti data statistik. Misalnya, data jumlah penduduk berdasarkan jenis kelamin dan juga  rata-rata penghasilan warga desa. Data-data ini bisa diinterpretasikan untuk memperoleh informasi, seperti pengaruh besarnya jumlah warga yang berjenis kelamin perempuan dibandingkan laki-laki dengan tingkat penghaasilan masyarakat.

Interpretasi terhadap suatu objek antara satu orang dengan orang laiin bisa saja berbeda. Interpretasi ini sangat bergantung dari sudut pandang dan latar belakang orang yang menginterpretasikan. Akan tetapi, ini bisa menjadi hal yang sangat positif karena kita bisa melihat dan memahami suatu objek dari beberapa sudut pandang.

Salah satu faktor yang sangat penting dalam melakukan interpretasi terhaadap objek ialah latar belakang orang yang bersangkutan. Orang yang menginterpretasikan sesuaatu hendaknya mempunyai landasan ilmu pengetahuan dan pengalaman mumpuni yang terkait erat dengan objek yg akan diinterpretasikan. Hal ini agar hasil interpretasi bisa dipertanggungjawabkan.

Berikut beberapa pengertian interpretasi dalam berbagai bidang.

  • Interpretasi dalam sejarah, merupakan suatu bentuk penafsiran sejarawan atas fakta sejarah menjadi suatu kesatuan alur ceriita harmonis dan masuk akal.
  • Interpretasi dalam hukum, merupakan menentukan makna atau arti dari suatu teks atau bunyi pasal serta hal-hal yang terkait dengaannya.
  • Interpretasi data dalam penelitian kualitatif merupakan suatu deskripsi dan ungkapan yang mencoba menggali pengetahuan tentang data melalui pemikiran yang lebih mendalam.
  • Interpretasi dalam musik, merupakan proses menemukan hal-hal apa saja yang diinginkan komposer sekaligus sebagai bentuk mengekspresikan dan mengomuniikasikan perasaaan, sejarah, sosial, serta kondisi psikologis sebuah karya musik.
  • Interpretasi citra, merupakan kegiatan mengkaji citra atau foto udara dengan maksud mengenaali objek dan gejala.
  • Interpretasi cerpen, ialah penafsiran makna apa saja yang terkandung daalam suatu cerpen.
  • Interpretasi peta, merupakan aktivitas membaca peta dengan memberikan suatu penafsiran atau memaknai isi peta dengan menggunakaan simbol-simbol yang ada.

 

demikianlah artikel dari ayoksinau.com mengenai Pengertian Interpretasi dan Pengertian Interpretasi Dalam Berbagai Bidang, semoga menambah wawasan anda semuanya.

baca juga artikel menarik dibawah ini;