Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli dan Ciri-Cirinya | Ayoksinau.com

Posted on

Inovasi – Pada pembahasan kali ini Ayoksinau.com akan membahas tentang inovasi. Apakah kalian sudah tahu apa itu inovasi, ciri-ciri inovasi dan tujuan inovasi? Nah, jika kalian belum mengetahuinya mari kita bahas bersama-sama apa itu inovasi.

Pengertian Inovasi, Ciri-Ciri dan Tujuan Inovasi

Inovasi dalam bahasa inggris yaitu innovation yang memiliki arti suatu proses atau hasil pemanfaatan dan pengembangan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman yang bertujuan untuk memperbaiki dan menciptakan produk dan jasa, proses, sistem baru, yang dapat memberikan nilai yang sangat berarti dan secara signifikan. Inovasi juga biasanya di sebut dengan reka baru, suatu objek juga memiliki arti suatu terobosan baru yang di buat untuk menyelesaikan masalah atau perkembangan yang di butuhkan.

Inovasi adalah suatu ide atau gagasan baru yang belum pernah ada atau pun yang belum pernah ditemukan sebelumnya. Seseorang yang membuat atau menyetuskan inovasi disebut Inovator. Inovasi biasanya berisi tentang temuan-temuan baru mengenai sebuah hal yang diteliti oleh orang yang membuat inovasi atau yang sering disebut inovator. Inovasi yang di buat tentunya banyak sekali percobaan-percoban yang gagal kemudian dibangun kembali sampai menemukan yang benar-benar di butuhkan.

Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli

1) Menurut Van de Ven dkk, inovasi adalah suatu pengembangan dan implementasi gagasan-gagasan baru oleh orang dalam jangka waktu tertentu yang dilakukan dengan berbagai aktivitas transaksi di dalam tatanan organisasi tertentu.

2) Kuniyoshi Urabe berpendapat bahwa inovasi adalah kegiatan-kegiatan yang tidak bisa dihasilkan dalam sekaligus melainkan harus melalui suatu proses yang panjang yang terdiri dari banyak proses dalam pengambilan keputusannya, dimulai dari penemuan gagasan atau ide sampai ke implementasiannya kepada publik.

3) Menurut Everett M. Rogers, inovasi adalah sebuah ide atau gagasan dan praktik yang didasari serta diterima sebagai suatu hal yang baru oleh seseorang atau pun kelompok tertentu agar dapat diaplikasikan atau pun diadopsi.

Ciri-Ciri Inovasi

Adapun ciri-ciri dari inovasi adalah sebagi berikut.

1) Khas

Ciri yang pertama ialah khas, Inovasi harus khas. Inovasi yang khas memiliki ciri tidak pernah dimiliki orang lain sebelumnya. Sehingga gagasan atau pemikiran tersebut belum pernah ada sebelumnya. Tanpa ciri khas sebuah inovasi tidak akan di katakan inovasi baru.

2) Baru

Ciri inovasi yang ke dua ialah baru. Setiap inovasi harus merupakan ide/gagasan yang tentunya harus baru yang memang belum pernah dicetuskan dan dipublikasikan sebelumnya.

3) Terencana

Ciri ketiga dari sebuah inovasi adalah terencana. Terencana maksutnya tersusun, sehingga benar-benar akan di wujudkan.

4) Memiliki Tujuan

Ciri-ciri yang ke empat pada inovasi adalah memiliki tujuan. Sebelumnya sudah dijelaskan, inovasi merupakan aktivitas atau kegiatan terencana dan direncanakan memiliki tujuan untuk mengembangkan dan mengeksplor objek tertentu, tujuan tersebut dapat mengembangkan objek atau gagasan tertentu.

Tujuan Inovasi

Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa inovasi itu memiliki tujuan. Adapun tujuan dari inovasi adalah sebagai berikut:

1) Untuk Meningkatkan Kualitas

Meningkakan kualitas produk atau jasa tentunya harus ada inovasi yang berkesinambungan, yang artinya secara terus menerus harus di kembangakan. Sehingga dapat meningkatkan kualitas yang dapat berdampak bagi kualitas perusahaan lebih baik lagi.

2) Untuk Mengurangi Biaya Tenaga Kerja

Dengan adanya inovasi perusahan dapat mengurangi biaya tenaga kerja, misalkan jika ingin  memproduksi suatu produk yang sebelumnya secara manual atau konvensional dengan adanya inovasi dapat di kembangkan dengan menggunakan mesin, yang tentunya dapat menghemat waktu serta biaya tenaga kerja. Dengan adanya inovasi tersebut dapat memproduksi lebih cepat.

3) Untuk Menciptakan Pasar Baru

Tidak menutup kemungkinan dengan adanya inovasi dapat menciptakan pasar baru, seseorang dapat mebuka atau memulai bisnis yang baru.

4) Untuk Memperluas Jangkauan Produk

Dengan adanya inovasi perusahaan dapat memperluas jangkauan produk dengan memproduksi lebih banyak dari sebelum menerapkan inovasi.

5) Untuk Mengurangi Kerusakan Lingkungan Hidup

Berinovasi mengurangi kerusakan lingkungan hidup, secara konvensional atau manual menggunakan bahan bakar kayu misalnya atau mesin-mesin lainnya, dengan menerapkan inovasi dapat menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan misalnya bahan bakar alternatif sehingga polusi-polusi udara sangat berkurang.

6) Untuk Mengganti Produk atau Pelayanan Yang Telah Ada

Dengan menerapkan inovasi prusahaan dapat mengembangkan produk atau pelayanan. Misalnya produksi motor, dengan adanya inovas sekarang banyak sekali jenis-jenis motor yang baru. Honda mengeluarkan inovasi matic mobil pun berinovasi. Meraka berinovasi dan berlomba-lomba mengembangkan produknya.

7) Untuk Mengurangi Konsumsi Penggunaan Energi

Berinovasi juga mengurangi energi. Misalkan bola lampu, dulu bola lampu sangat menyedot energi listrik banyak. Dengan adanya penemuan dan berinovasi dapat di kembangkan, dan sekarang bola lampu dengan daya 8 watt saja sudah sangat bermanfaat.

8) Untuk Menyesuaikan Diri Dengan Peraturan

Ada juga perusahan berinovasi karna tuntutan perusahaan yang mengharuskan. Biasanya dengan adanya pesaing mereka berlomba-lomba untuk mengembangkan dan sangat diwajibkan.

Nah itu tadi pengertian inovasi, ciri-ciri dan jenis-jenis inovasi, semoga dapat membantu. Untuk artikel-artikel menarik lainnya kunjungi terus Ayoksinau.com. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel berikut:

Pegertian Komik Menurut Para Ahli, Ciri-Ciri Komik, dan Jenis-Jenis Komik | Ayoksinau.com

Inilah Tes IQ, Tes Intelegensi Yang Bisa Anda Coba | Ayok Sinau

Contoh Soal psikotes beserta kunci jawaban dan pembahasannya

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Yang Benar