Pengertian Ideologi dan Macam-Macam Ideologi Beserta Penjelasan Lengkap | Ayoksinau.com

Posted on

Pengertian Ideologi – Kali ini Ayoksinau.com akan mengupas secara tuntas mengenai Ideologi. Kalian pasti sering mendengar istilah Ideologi bukan? Nah, kalian tau apa itu Ideologi? Baiklah kali ini akan Ayoksinau.com jelaskan mengenai pengertian ideologi dan macam-macam ideologi di Indonesia secara detail.

Pengertian Ideologi

Ideologi adalah aset terpenting dari sebuah negara. Mengapa demikian? Karena dengan adanya ideologi berarti bangsa tersebut telah memiliki arah dan tujuan yang harus dicapai. Dalam hal ini berarti ideologi diartikan sebagai dasar bagi suatu bangsa dalam membangun sebuah negara.

Pengertian Ideologi dan Macam-Macam Ideologi di Indonesia Beserta Penjelasannya

Kata Ideologi berasal dari kata “idea” yang memiliki arti “gagasan, konsep, pengertian dasar, atau cita-cita” dan kata “logos” yang memiliki arti “ilmu”. Kata “idea” sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu “eidos” yang berarti “bentuk”. Dalam pengertian sehari-hari, “idea” dartikan sebagai “cita-cita”. Cita-cita tersebut adalah cita-cita yang bersifat tetap yang harus dicapai, yang cita-cita tersebut sekaligus menjadi dasar, pandangan ataupun faham.

Berdasarkan hal tersebut, ideologi dapat diartikan sebagai de-ide, gagasan-gagasan dan cita-cita. Secara umum, ideologi diartikan sebagai kumpulan ide-ide, gagasan-gagasan, keyakinan-keyakinan, atau kepercayaan-kepercayaan yang menyeluruh dan sistematis yang menyangkut serta mengatur tingkah laku sekelompok manusia dalam berbagai bidang kehidupannya. Bidang-bidang dalam kehidupan tersebut diantaranya adalah sebagi berikut.

  • Bidang politik (bidang pertahanan dan keamanan)
  • Bidang sosial
  • Bidang kebudayaan
  • Bidang keagamaan

Berdasarkan penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa ideologi negara atau dengan kata lain cita-cita suatu negara yang menjadi basis dalam sistem kenegaraan untuk seluruh bangsa. Ideologi merupakan asas kerohanian yang mempunyai derajat yang tinggi sebagai nilai hidup bangsa dan negara. Untuk mewujudkan asas kerohanian tersebut, perlu diperjuangkan dan dipertahankan dengan berani berkorban untuk ideologi negara tersebut.

Macam-Macam Ideologi dan Ciri-Cirinya

Berikut ini macam-macam ideologi di Indonesia dan ciri-ciri dari masing-masing ideologi tersebut.

1) Ideologi Liberalis

Ideologi Liberalis meupakan suatu ajaran yang diyakini kebenarannya untuk mengatur tingkah laku yang bersifat kebebasan individu.

Ciri-ciri ideologi Liberalis diantaranya sebagai berikut:

  • Pada bidang ideologi menerapkan paham sekuler.
  • Pada bidang politik dikenal dengan adanya partai oposisi.
  • Dalam bidang ekonomi menganut sistem ekonomi kapitalis, perekonomian diserahkan kepada perseorangan.
  • Dalam bidang sosial budaya masyarakatnya cenderung individualis.

2) Ideologi Komunis

Ideologi komunis merupakan suatu ajaran yang berdasarkan atas paham sama rasa, sama rata dan diyakini kebenarannya.

Adapun ciri-ciri ideologi komunis, adalah sebagai berikut:

  • Dalam bidang politik bersifat tertutup karena hanya ada satu partai yang berkuasa yaitu partai komunis, sehingga rakyat hanya sebagai objek negara.
  • Dalam bidang ekonomi menerapkan sistem ekoriomi etatisme.
  • Dalam bidang sosial budaya penganut ideologi komunis tidak percaya adanya Tuhan, sehingga masyarakat hanya mengenal satu kelas sosial.

3) Ideologi Pancasila

Ideologi Pancasila adalah jenis ideologi yang diterapkan di Indonesia. Ideologi Pancasila ini adalah suatu ajaran yang tersusun secara berurutan atau sistematis serta kebenarannya didasarkanpada nilai-nilai Pancasila.

Adapun ciri-ciri ideologi Pancasila diantaranya sebagai berikut:

  • Bidang politik: politik berdasarkan demokrasi Pancasila.
  • Bidang ekonomi: sistem ekonomi yang bertujuan mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat.
  • Bidang sosial budaya: pola kehidupan sosial adalah kekeluargaan dan kegotongroyongan.

Indonesia menganut ideologi Pancasila. Sebagaimana seperti yang tercantum pada Pembukaan UUD 1945 Alinea ke-4 yang menjelaskan bahwa Pancasila sebagai landasan yuridis konstitusional. Pancasila sebagai dasar negara memiliki makna bahwa segala hal yang berkaitan dengan kehidupan ketátanegaraan Negara Kesatuan Republik Indonesia harus berdasarkan Pancasila. Semua peraturan yang berlaku di Indonesia harus bersumber pada Pancasila, dalam arti yang lebih jelas, Pancasila adalah sumber dari segala sumber hukum di Indonesia.

Pancasila sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia tentu memiliki kekuatan yang bersifat mengikat secara hukum, oleh karena itu semua peraturan hukum dan  ketatanegaraan yang tidak berdasarkan dengan Pancasila (bertentangan) harus dihapus atau dicabut. Perwujudan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, dalam bentuk peraturan perundang-undangan bersifat imperatif (mengikat) bagi penyelenggara negara, lembaga kenegaraan, lembagakemasyarakatan, warga negara Indonesia di manapun berada, dan penduduk di seluruh wilaya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Di dalam yuridis konstitusional, Ideologi Pancasila tercantum dalam Ketetapan MPR No. XVIII/MPRJ1 998 yang berisi tentang Pencabutan Ketetapan MPR RI No. II/MPRI1 978 terkait Pedoman Penghayatan serta Pengamalan Pancasila (Eka Prasetya Pancakarsa) dan Penetapan tentang Pancasila sebagai Dasar Negara. Dengan ketetapan sangat jelas tersebut maka telah terbukti bahwa Pancasila seperti yang tertulis dalam Pembukaan UUD 1945 adalah dasar negara dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang harus dilaksanakan dalam kehidupan bernegara.

Sekian pembahasan dari Ayoksinau.com tentang ideologi dan macam-macam ideologi dan penjelasannya. Semoga bermanfaat. Kunjungi terus ya Ayoksinau.com, karena masih banyak artikel-artikel yang lainnya.

Baca juga:

Pengertian Negara dan Fungsi Negara

Bangkitkan Jiwa Nasionalisme Dengan Menyimak Sejarah Soekarno Berikut Ini

Inilah Sejarah Perkembangan Bahasa Indonesia Dari Dahulu Hingga Sekarang

Apa Itu Investasi? | Ayoksinau.com