Pengertian Genetikan dan Subtansi Genetika Pada Manusia (LENGKAP)

Posted on

Apa itu gen?

Gen ialah unit ‘ materi genetika ‘ yang menentukan banyak karakteristik tubuh Anda, termasuk juga warna rambut dan juga mata.

Setiap sel dalam tubuh kita terdapat 23 pasang kromosom. Ini membawa gen yang diwarisi dari orang tua Anda. Juga bisa mewarisi kondisi dan juga penyakit, atau pra-disposisi (kemungkinan peningkatan) perkembangan kondisi ini.

Apa itu DNA?

Asam deoksiribonukleat atau Deoxyribonucleic acid disingkat dengan DNA berisi molekul yang menyimpan informasi genetik. Gen terdiri dari untaian DNA meliingkar, dengan masing-masing sel yang berisi materi genetik yang sama.

Proyek genom manusia

Proyek genom manusia (The Human Genome Project) merupakan proyek ilmiah internasional yang melibatkan ribuan ilmuwan di seluruh dunia.

Proyek awal berjalan dari tahun 1990 hingga 2003, dan tujuannya ialah untuk memetakan sejumlah besar informasi genetik yang ditemukan di setiap sel manusia.

Juga  mengidentifikasi gen manusia spesifik, Proyek Genom Manusia telah memungkinkan para ilmuwan guna mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang ilmu genetika, bagaimana ciri-ciri dan karakteristik tertentu yang diturunkan dari orang tua pada anak-anaknya.

Hal ini juga mendapatkan pemaahaman yang lebih baik tentang dasar-dasar genetika atau pun substansi genetika dalam kondisi yang diwariskan, misalnya distrofi otot, sindrom down dan fibrosis kistik.

Fakta-fakta tentang substansi genetika manusia

Satu kromosom dari masing-masing pasaangan diwariskan dari ibu Anda, dan satu dari ayah Anda. Dalam beberapa kasus, seorang anak diwariisi penyakit karena kesalahan dalam satu pasang gen ini.

Warisan resesif

Dalam warisan resesif, seorang anak harus diwarisi keedua salinan dari gen tertentu dalam rangka guna mengembangkan kondisi genetik. Dengan kata lain, kedua orang tua harus mempunyai gen yang rusak dalam rangka untuk diteruskan. apabila anak hanya diwarisi satu salinan gen yang rusak, mereka akan menjadi pembaawa kondisi.

Warisan dominan

Dalam warisan dominan, hanya satu salinan gen terrtentu perlu diteruskan dari satu orangtua agar anak yang akan lahir dengan kondiisi genetik.

Oleh karena itu, ada kemungkinan 50% anak yang lahir dengan kondisi genetik apabila salah satu orang tua mempunyai kondisi dan yang lainnya tidak.

Mutasi gen

Kadang-kadang, mutasi gen baru bisa menyebabkan kelainan genetik. Mutasi gen terjadi ketika perubahan DNA, sering tanpa alasan yang jelas, mengubah instruksi genetik. Hal ini menyebabkan kelaiinan genetik, atau perubahan karakteristik. Dalam kasus tersebut, tidak ada riwayat gangguan dalam keluarga.

Kondisi multi-faktorial

Beberapa kondisi yang lebiih rumit (multi-faktorial) dan disebabkan oleh kombinasi gen, gaya hidup, dan juga faktor lingkungan.

Dalam kasus tersebut, gen Anda mungkiin membuat Anda lebih rentan guna mengembangkan penyakit tertentu – misalnya, penyakit jantung koroner, yang dapatt berjalan dalam keluarga, tetapi juga terkait erat dengan faktor gaya hidup, misalnya makanan dan juga olahraga.

Demikianlah artikel dari ayoksinau.com mengenai Pengertian Genetikan dan Subtansi Genetika Pada Manusia,semoga menambah wawasan anda semua.

jangan lupa baca juga artikel dibwah ini;