Pengertian Gastropoda, Struktur Tubuh dan Contoh Gastropoda

Posted on

ayoksinau.com – Gastropoda berasal dari bahasa Yunani adalah gaster yang berarti perut dan podos yang berarti kaki. Jadi Gastropoda berarti hewan bertubuh lunak yang berjalan dengan menggunakan perutnya. Hewan ini meliputu 50.000 spesies, tetapi 15.000 di antaranya telah punah. Hewan ini tersebar di seluruh permukaan bumi, baik di darat, di air tawar, maupun di air laut. Pada umumnya, hewan ini bersifat herbifor, sering memakan sayuran budidaya sehingga merugikan manusia.

Gastropoda ada yang memiliki cangkang tunggal, ganda, atau tanpa cangkang. Bentuk cangkangnya bervariasi, ada yang bulat, bulat kasar, bulat panjang, ataupun bulat spiral.

 

Struktur Tubuh Gastropoda

 

Tubuh larvanya bilateral simetri tetaap ada perkembangan selanjutnya tubuh bagian belakang dan juga alat-alat dalamnya mengalami pembengkokan hampir membentuk lingkaran. Kecuali pada siput telanjng atau Vaginula, seluruh anggota tubuh Gastropoda terlindung dengan sebuah cangkang berkatup satu, sehingga disebut dengan univalve.

Tubuh siput terdiri dari kepala dan juga badan. Struktur kepala sudah nampak jelas. Pada bagian ini terdapat dua pasang tentakel dan juga mulut. Tentekel yang terdapat di kepala tersebut terdiri dari sepasang tentakel dengan mata (khusus yang hidup di darat) dan sepasang tentakel untuk indra pembau.

Alat respirasi Gastropoda ialah insang bagi yang hidup di air dan juga paru pulmonum bagi yang hidup di darat. Selain itu, kadang-kadang rongga mantel juga bisa melakukan fungsi respirasi. Pulmonum adalah jalinan antara pembuluh-pembuluh darah yang berhubungan langsung dengan jantung.

Alat ekskresinya ialah berupa ginjal yang terdapat di dekat jantung. Ginjal ini mempunyai saluran ekskresi yang bermuara pada mantel.

System saraf Gastropoda terdiri dari tiga pasang, diantaranya yaitu ganglion visceral, ganglion pedal, dan juga ganglion serebral. Di bawah ganglion pedal terdapat juga sepasang alat keseimbangan atau statosit.

Tubuh terbagi atas kepala, leher, kaki, dan juga alat-alat dalam(visceral). Pada kepala terdapat sepasang tentakel pendek gunanya sebagai alat pembau dan sepasang tentakel panjang sebagai alat penglihat. Di bawah kepala ada kelenjar mukosa yang menghasilkan lender yang membasah kaki sehingga mudah untuk bergerak. Kaki lebar pipih dan selalu basah yaitu berguna untuk berpindah secara merayap. Kaki sebenarnya ialah perut yang tersusun dari otot yang sangat kuat dan bisa bergerak bergelombang.

Kebanyakan Gastropoda mempunyai cangkang berbentuk kerucut biasanya berulir ke kanan. Di dalam cangkang terdapat organ-organ dalam yang berulir mengikuti cangkang. Cangkang Gastropoda mempunyai lapidan penyusun yang sama dengan cangkang Bivalvia.

System organ dalam tubuh Gastropoda

System organ Keterangan

System respirasi pada Hewan yang hidup di air yaitu berespirasi dengan insang, sedangkan yang hidup di darat ialah berespirasi dengan rongga mantel yang berfungsi sebagai paru-paru.

System pencernaan makanan Alat pencernaan meliputi rongga mulut, tembolok, kerongkongan, lambung kelenjar, kelenjar ludah, anus. Saluran pencernaan berbentukhuruf U. makanan dipotong-potong oleh rahang tanduk dan juga dikunyah oleh radula dan dibasahi dengan lender dari kelenjar ludahnya. Kemudian makanan dutelan ke kerongkongan dan berturut-turut menuju ke tembolok, lambung, lalu dibuang lewat anus yang terdapat di kepala.

Contoh Gastropoda, antara lain :

  1. Vivipara javanica atau kreco
  2. Limnaea truncatula (siput perantara fasciolosis)
  3. Ampularia ampulacea (keong gondang)
  4. Vivipara javanica (kreco)
  5. Achantina fulica (bekicot)
  6. Vaginula sp. (siput telanjang)
  7. Murex siphelinus (cangkok berduri dan hidup di laut)
  8. Limnaea trunchatula (Siput sebagai hospes perantara Fasciola

hepatica)

9.Filicaulis sp. (siput lintah)

demikian artikel dari ayoksinau.com mengenai Pengertian Gastropoda, Struktur Tubuh dan Contoh Gastropoda, semoga dapat menambah wawasan anda semuanya.

baca juga artikel dibawah ini;