Pengertian Epidemiologi Menurut Para Ahli | Tujuan, Sejarah, Manfaat dan Perananan Epidemiologi

Posted on

Pengertian Epidemiologi – Kalian pernah mendengar kata “Epidemiologi”? Nah kali ini Ayoksinau.com akan membahas Pengertian Epidemiologi Menurut Para Ahli, Tujuan Epidemiologi, Sejarah, Manfaat, Epidemiologi Perananan Bidang Kesehatan Mengapa Petugas Kesehatan Harus Mengetahui Epidemiologi? Mari kita pelajari bersama.

Epidemiologi adalah  model cornerstone penelitian kesehatan masyarakat, serta membantu menyebarkan dan menginformasikan kedokteran berbasis eveidence based medicine sebagai pengidentifikasian faktor-faktor risiko penyakit dan menentukan pendekatan penanganan secara khusus yang optimal.

Epidemiologi

Epidemiologi Menurut Center Of Disease Control (Cdc) 2002, adalah suatu studi yang mempelajari penyebaran dan Determinan penyakit masyarakat keadaan kesehatan pada masyarakat dan penerapannya sebagai pengendalian penanganan masalah kesehatan.  Epidemiologi bisa juga di sebut Riset.

Epidemiologi menurut Leedy (1974), Pencarian sistematis terhadap kebenaran yang belum terungkap.

Tujuan Epidemiologi Dalam Masyarakat

Tujuan epidemiologi dalam kehidupan masyarakat, misalnya :

1) Pada saat masyarakat keracunan masal, dengan menerapkan ilmu epidemiologi dapat di selidiki penyebab keracunan tersebut.

2) Untuk mencari tahu hubungan antara karsinoma paru-paru dan asbes, Merokok dan penyakit jantung dan hubungan penyakit dan masalah-masalah kesehatan lainnya.

3) Menentukan apakah hipotesis awal percobaan hewan tetap konsisten dengan data-data epidemiologis.

4) Memperoleh informasi dan pengetahuan digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam menyusun perencanaan, penanggualangan masalah kesehatan, dan menentukan prioritas keseahatan masyarakat.

Menurut Risser (2000), tujuan epidemiologi adalah:

  • Untuk menjelasakan penyebaran, riwayat rekam medis alamiah suatu penyakit ataupun keadaan kesehatan masyarakat.
  • Menjelaskan dan mensimulasikan etiologi penyakit.
  • Meramalkan prediksi kejadian penyakit.
  • Mengendalikan penyebaran penyakit dan masalah kesehatan populasi.

Manfaat Epidemiologi Dalam  Masyarakat

Apabila Epidemiologi dapat diterapkan dengan baik, maka sangat bermanfaat bagi masyarakat:

1) Membantu Pekerjaan Administrasi Kesehatan.

Dapat membantu pekerjaan Perencanaan Planning pelayanan kesehatan, pengawasan Monitoring dan Penilaian Evaluation dalam upaya kesehatan. Data yang diperoleh dapat dimanfaatkan untuk melihat apakah upaya dilakukan telah sesuai dengan rencana.

2) Dapat meneliti Penyebab Suatu Masalah Kesehatan.

Dengan epidemiologi di dalam kesehatan dapat diketahui penyebab masalah kesehatan, sehingga dapat disusun langkah-langkah untuk menanggulangi masalah tersebut.

3) Dapat Menerangkan Perkembangan Alamiah Suatu Penyakit.

Penyekit merupakan masalah kesehatan yang paling sering. Adanya ini dapat dijelaskan Riwayat Alamiah Perkembangan Penyakit Natural History of Disease

4) Dapat Menerangkan Keadaan Suatu Masalah Kesehatan.

Mempelajari mengenai frekwensi dan penyebaran permasalah kesehatan, sehingga akan memperoleh penjelasan tentang keadaan masalah kesehatan.

Peranan Epidemiologi Dalam Masyarakat

Epidemiologi mempunyai perananan dalam bidang kesehatan yang cukup besar dapat dipergunakan untuk:

  • Sangat mengadakan anlisis penelitian jalannya penyakit masyarakat dan perubahan yang mungkin
  • Mendeskripsikan dan menjelaskan pola penyakit pada masyarakat.
  • Mendeskripsikan dan menjelaskan hubungan dinamika penududuk dan penyebaran penyakit.

Mengapa Petugas Kesehatan Membutuhkan Pengetahuan Epidemiologi ?

Untuk menjawab pertanyaan diatas, dapat mengunakan jawaban dibawah ini:

  • Dalam teknologi ilmu kedokteran telah banyak menngalami kemajuan, tetapi masih banyak penyebab penyakit yang belum diketahui peyebab riwayat kronis, penyakit yang belum pernah terjadi dan penyakit baru-baru ini. Pendekatan epidemiologi adalah cara yang paling efektif dan efisien mengungkapkan penyebab tersebut.
  • Keberhasilan percobaan yang sudah dilakukan pengobatan penyakit atau pencegahan penyakit di klinik atau di laboratorium.
  • Distribusi penyakit yang didapat di rumah sakit harus sesuai dengan kondisi masyarakat.
  • Untuk peningkatan di bidang kesahatan masyarakat melalui pelayanan kesahatan sangat di butuhkan informasi tentang jumlah penyakit, penyakit pada umumnya,
  • Menghadapi masalah kesehatan pencegahan penyakit atau pengobatan seperti dapat diadakannya imunisasi disetiap desa, yang gunanya untuk mencegak vaksin, campak dan lain-lain.

Semoga ilmunya bermanfaat mengenai Pengertian Epidemiologi Menurut Para Ahli, Tujuan Epidemiologi, Sejarah, Manfaat, Epidemiologi Perananan Bidang Kesehatan Mengapa Petugas Kesehatan Harus Mengetahui Epidemiologi, kunjungi terus Ayok.sinau.com disana banyak sekali artikel-artikel menarik.

Baca juga:

Wawancara: Pengertian, Tujuan, Jenis, Petunjuk Melakukan Wawancara, serta Keuntungan dan Kelebihan Wawancara | Ayoksinau.com

Pengertian Strategi Menurut Ahli, Perumusan Strategi, Tingkat-Tingkat Strategi, Jenis-jenis Strategi dan Contoh Strategi | Ayoksinau.com

Pengertian Disiplin Menurut Para Ahli, Pendisiplinan, Macam-Macam Disiplin, dan Manfaat Disiplin