Pengertian Disiplin Menurut Para Ahli, Pendisiplinan, Macam-Macam Disiplin, dan Manfaat Disiplin

Posted on

Pengertian Disiplin – Pada kesempatan kali ini Ayoksinau.com akan membahas secara lengkap mengenai disiplin, pendisplinan, disiplin menurut ahli, macam-macam disiplin, manfaat disiplin.

Pengertian Disiplin, Pendisiplinan, Macam-Macam Disiplin, dan Manfaat Disiplin

Disiplin menurut Buku Besar Bahasa Indonesia ialah:

  1. Tata tertib (di kemiliteran, sekolah/kampus, dan sebagainya).
  2. Ketaatan (kepatuhan) kepada peraturan (tata tertib).
  3. Bidang studi yang memiliki objek, sistem, dan metode tertentu.

Disiplin adalah sikap mental yang dimiliki seseorang mengandung keikutsertaan mematuhi, peraturan, dan norma yang berlaku dalam tugas dan tanggung jawab. Tanggung jawab, baik berhubungan dengan hak maupun terhadap kewajiban serta waktu.

Menurut Sutopo Yuwono, Disiplin ialah sikap kejiwaan yang dilakukan seseorang atau sekelompok yang senantiasa mengikuti atau mematuhi keputusan dan kebijakan yang telah ditetapkan. Disiplin juga diartikan sikap menumbuhkan kendali diri, karakter atau keteraturan, dan efisiensi.

Pendisiplinan ialah usaha untuk menanamkan nilai ataupun pemaksaan agar seseorang memiliki jiwa kemampuan untuk menaati sebuah peraturan. Pendisiplinan ialah pengganti hukuman dapat dilakukan dengan orang lain atau pada diri sendiri.

Pengertian Disiplin Menurut Para Ahli

Menurut James Drever, sisi psikologis, disiplin ialah kemampuan untuk mengendalikan perilaku yang tentunya berasal dari diri seseorang sesuai dengan hal-hal yang telah di atur dari luar atau norma yang sudah ada. Sehingga dapat dikatakan bahwa disiplin dari segi psikologis merupakan perilaku seseorang yang muncul dan mampu menyesuaikan diri dengan aturan yang telah ditetapkan.

Menurut Pratt Fairshild, sisi sosiologi, disiplin terdiri dari dua bagian, yaitu disiplin dari dalam diri dan juga disiplin sosial. Keduanya saling berhubungan satu sama lain, sehingga seseorang yang mempunyai sikap disiplin merupakan orang yang mengarahkan perilaku dan membuatnya sebagai patokan atau panduan.

Berikut Macam-Macam Dari Kedisiplinan atau Disiplin

Dibawah ini merupakan macam-macam dari kedisiplinan di lingkungan sekitar.

1) Disiplin Menggunakan Waktu

Disiplin untuk menggunakan waktu dengan baik, karna waktu sangat berharga untuk sebagian orang yang mengerti. Jadi pergunakan waktu dengan sebaik mungkin.

2) Disiplin Beribadah

Masalah beribadah biasanya tidak bertoleransi, biasanya ialah disiplin tentang solat.

3) Disiplin dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

Bersekolah contohnya, berkewajiban untuk bersekolah.

Manfaat Displin

Berikut ini adalah manfaat disiplin dikehidupan sekitar lingkungan.

1) Menumbuhkan Kepekaan

Anak bertumbuh menjadi kepribadi yang sangat peka halus dan percaya kepada orang lain. Sikap ini membantu dirinya mengungkapkan perasaan kepada orang lain misalnya keluarga, teman, guru, dosen, dan lainnya.

2) Menumbuhkan Kepedulian

Anak menjadi peduli kebutuhan dan kepentingan orang lain. Sehingga dengan adanya rasa disiplin makaanak menjadi memiliki rasa tanggung jawab serta dapat memecahkan masalah dengan baik cepat dan mudah.

3) Mengajarkan Keteraturan

Anak menjadi pribadi yang teratur, misal berangkat sekolah tepat waktu, makan tepat waktu, mengumpulkan tugas tepat waktu.

4) Menumbuhkan Ketenangan

Menurut penelitian anak yang tenang atau jarang menangis ternyata mampu memperhatikan lingkungan sekitarnya dengan baik. Dia akan cepat berinteraksi dengan lingkungan.

5) Menumbuhkan Percaya Diri

Anak menjadi percaya diri terhadap apa yang di lakukannya.

6) Menumbuhkan Kemandirian

Dengan kemandirian anak dapat diandalkan, anak dapat pengekslorasi sekitar lingkangan.

7) Menumbuhkan keakraban

Anak cepat akrab dan ramah kepada orang lain karena kemampuannya beradaptasi.

8) Membantu perkembangan otak

Dibawah usia tiga tahun, pertumbuhan otak anak sangat pesat, di sini anak menjadi peniru perilaku yang piawai. ia mampu mencontoh dengan sempurna tingkah laku orang tua yang disiplin dengan sendirinya akan membentuk kebiasaan dan sikap yang positif.

9) Menumbuhkan kepatuhan

Anaka kan menuruti kemauan orang tua dan patuhan sekolah.

Diatas merupakan pembahasan mengenai pengertian disiplin, pendisplinan, disiplin menurut ahli, macam-macam disiplin, manfaat disiplin, ayok kunjungi website pengetahuan Ayoksinau.com banyak artikel-artikel tentang pendidikan dan materi-materi sekolah.

Artikel terkait:

Pengertian Sosial, Cakupan Sosial dan Faktor-Faktor Sosial | Ayoksinau.com

Pengertian Profesi Menurut Ahli, Ciri-ciri Profesi, Syarat Profesi dan Contoh Profesi | Ayoksinau.com

Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli dan Ciri-Cirinya | Ayoksinau.com