Pengertian Deskripsi Beserta Contoh Menurut Para Ahli Yang Sangat Terpercaya | Ayok Sinau

Posted on

Pengertian Deskripsi – Novel Harry Potter mulai dari seri pertama hingga akhir mempunyai cerita yang sangat menarik dan memuaskan setelah membacanya. Di Novel ini mendeskripsikan kehidupan yang ada di sekolah sihir. Karakter-karakter dalam novel ini menggambarkan dengan sangat detail sehingga bagi siapa saja yang membaca Novel ini akan bisa merasakan berimajinasi seolah-olah menjadi sosok, gaya bicara, sifat dan lainnya.

 

Nah yang di atas tadi kita sudah membicarakan tentang deskripsi dari Novel Harry Potter, terus apakah kalian sudah tau apa itu deskripsi? Kalau belum yuk baca sampai kebawah.

Pengertian Deskripsi ialah suatu tulisan yang bisa melukiskan sebuah kisah. Tujuan dari deskripsi ini ialah untuk mengajak pembaca supaya bisa memahami, menikmati dan merasakan objek yang dibicarakan seperti suasana hati, orang, aktivitas dan lainnya (tarigan : 1994)

Definisi deskripsi ialah sebuah gagasan wacana yang berusaha untuk menyediakan suatu hal atau suatu objek pembicara yang akan membuat objek tersebut seakan-akan para pembaca bisa melihat sendiri objek tersebut bahkan seolah-olah sedang berada di depan mata kepala dari para pembaca (keraf : 1995).

Arti Deskripsi ialah untuk memberikan uraian atau untuk melukiskan (wiyanto : 2004)

Singkat kata, pengertian Deskripsi ialah suatu pemaparan atau suatau penggambaran dengan kata-kata secara dengan jelas dan sangat terperinci.  Untuk itu Deskripsi juga bisa disebut dengan uraian.

Dengan membaca sebuah tulisan jenis Deskripsi maka akan membuat kita bisa memahami suatu kondisi, keadaan ataupun hal lainnya dengan baik maka seolah-olah kita sedang melihat atau mengalami dengan secara langsung apa yang ada di cerita tersebut.

Contoh paragraf Deskripsi Singkat tentang Nenek :

Nenekku seorang perempuan yang sudah berumur 72 tahun. Nenekku mempunyai ramput yang putih lurus terurai hingga ke pundaknya. Walaupun nenekku sudah tua dan renta akan tetapi dia selalu bersemangat di setiap hari yang ia jalani.

Mempunyai senyum khas dari seorang nenek-nenek dengan gigi ompongnya. Dengan kulit yang tentunya tidak lagi kencang.

Nah apakah semua tulisan haruslah berbentuk deskripsi? Jawabannya tidak. Karena ada tulisan yang sebaiknya dibuat ke dalam bentuk deskripsi, ada yang lebih cocok di buat dengan bentuk narasi, ekposisi, persuasi atau bahkan argumentasi.

Penulis haruslah bisa menentukan jenis tulisan yang harus dia buat sesuai dengan tujuan apakah ingin menceriakan suatu kejadian, mengemukanan pendapat memberikan informasi dan fakta, atau bisa juga ingin meyakinkan pembaca tentang suatu hal.

Baca juga :

Jika di Dunia kerja maka kita akan mengenal istilalh deskripsi pekerjaan/ deskripsi jabatan. Pengertian deskripsi pekerjaan menurut para ahli ialah sebagai berikut :

Pengertian deskripsi pekerjaan ialah suatu pernyataan yang tertulis dengan meliputi wewenang, tanggung jawab, tugas, dan hubungan lni baik ke bawah atau pun ke atas dari suatu pekerjaan yang tertentu (Ardana, Mujiati, dan Utama :2012)

Definisi deskripsi pekerjaan ialah sebuah catatan yang sangat sistematis dan sangat teratut seningga bisa membuat tugas dan tanggung jawab di pekerjaan/jabatan tertentu yang meliputi apa, bagaiman, kapan, mengapa dan dimana seorang pekerja dilaksanakan dan seperti apa kualifikasi orang yang berkuasa di jabatan tersebut (Sedarmayanti : 2009)

Pengertian deskripsi jabatan ialah suatu pernyataan yang tertulis mengenai apa yang akan dilaksanakan dari pelaksana jabatan dan bagaiman pekerjaan itu bisa di lakukan serta mengapa hal tersebut dilakukan (Rivai : 2009)

Demikianlah ulasan mengenai pengertian deskripsi beserta contoh. untuk media pembelajaran secara online kunjungi terus ayoksinua.com

Baca juga artikel di bawah ini :