Pengertian Dan Definisi Demografi Lengkap | Ayoksinau.com

Posted on

Pernah mendengar kata demografi? Demografi sangat berkaitan dengan kependudukan, anda tertarik untuk mempelajarinya? Simak artikel berikut ini dan selamat belajar.

Demografi dari bahasa yunani yaitu demos yang berarti rakyat bisa juga disebut penduduk. Sehingga definisi demografis adalah sesuatu hal yang berkaitan dengan gambaran kependudukan. Gambaran kependudukan terutama gambaran keliahiran, pernikahan, kemaian, pekerjaan, migrasi dan lainnya. Demografis berkaitan dengan angka dan jumlah.

Pengertian Dan Definisi Demografi Lengkap Ayoksinau.com

Pengertian Demografi Menurut Para Ahli:

Ada beberapa pendapat yang dikemukakan oleh ahli, berukut pendapat para ahli:

  1. Menurut ahli Johan Susczmilch (1762)

Demografi adalah suatu ilmu yang biasa mempelajari perubahan-perubahan makhluk hidup terlebih manusia yang tampak dari kelahiran, kematian dan pertumbuhannya.

  1. Menurut George W. Barclay, demografi adalah ilmu yang mempelajari tentang memberikan gambaran menarik dari penduduk secara statistika.
  2. Dudley Duncan, Phillip M. Hauser, demografi adalah ilmu yang mempelajari membahas tentang jumlah, persebaran teritorial dan komposisi-komposisi kependudukan.

Tujuan Dan Penggunaan Demografi

Banyak sekali tujuan demografi, berikut ini 4 tujuan demografi bila di terapkan:

  1. Adanya sebab akibat antara perkembangan penduduk dengan macam-macam aspek didalamnya.
  2. Mendeskripsikan pertumbuhan penduduk di masa lalu, perkembangan menurun dan naiknya penduduk.
  3. Mempelajari jumlah dan penyebaran penduduk dalam daerah bahkan negara tertentu.
  4. Dapat meramalkan kependudukan yang akan datang, dan kemungkinan konsekuensinya.

Variabel-Variabel Demografi

Variabel yang berhubungan dengan demografi banyak sekali, tetapi umumnya yang digunakan adalah:

  1. Kelahiran (fertilitas atau natalitas)
  2. Kematian (death/mortalitas)
  3. Migrasi (perpindahan)
  4. Jenis kelamin
  5. Umur
  6. Jumlah
  7. Penghasilan
  8. Agama

Aspek Komponen Demografi

Aspek komponen yang berkaitan dengan demografi umumnya adalah:

  1. Jumlah Penduduk

Jumlah penduduk merupakan jumlah warga perkapita yang menjadi acuan perhitungan demokrasi. Jika jumlah penduduk sangat tinggi maka pendapatan perkapita sangat tinggi. Walaupun pengeluaran perorangan sangat rendah.

  1. Komposisi Penduduk

Komposisi terhadap tingkat konsumsi ada tiga, pertama makin banyak penduduk yang berusia kerja produktif 15-64 tahun rata-rata, dan makin besar tingkat konsumsi. Sehingga  semakin banyak penduduk bekerja, maka penghasilan juga makin tinggi pula. Yang kedua semakin tinggi pendidikan, maka semakin tinggi juga tingkat konsumsinya, sehingga saat seseorang makin tinggi pendidikannya maka kebutuhan hidupnya makin banyak pula. Yang terakhir yaitu semakin banyak penduduk yang tinggal di wilayah kota, pengeluaran konsumsi juga semakin tinggi. Sebab pada umunya masyarakat perkotaan lebih konsumtif di bandingkan pedesaan.

  1. Distribusi Penduduk

Penyebaran penduduk yang berkaitan dengan aspek geografis tempat tinggal seseorang. Wilayah. Faktorny adalah geografis, ekonomi, sosial dan politik. Berbicara distribusi penduduk berarti akan berkaitan pula dengan pola pemukiman penduduk tersebut.

  1. Faktor-faktor Non Ekonomi

Faktor ekonomi misalnya pola hidup sehat, kebiasaan makan, perubahan etika.

Pengaruh  Aspek Demografi Dalam Pemasaran

Adanya hubungan antara demografi dan pemasaran, hubungan dari keduanya adalah mengenai profil target pasar. Data demografis dapat dimanfaatkan sebagai langkah awal usaha untuk pemasaran pasar barang atau jasa. Data demografis adalah statistik dari informasi mengenai jenis kelamin, usia, pendapatan kemudian data tersebut digunakan oleh pembisnis untuk mengidentifikasi target bagi perusahaan mereka. Dengan adanya demografi perusahaan dapet lebih mudah menentukan target pasar mereka dengan efektif dam efisien. Perusahaan sangat berharap kepada pemerintah agar pemerintah memiliki data yang lengkap tentang penduduk.

Hubungan Demografi dengan Segmentasi Pemasaran

Hubungan keduanya sangat erat, mengenai demografis dengan segmentasi pemasaran adanya orang-orang dengan kebutuhan yang mengarahkan mereka pada tawaran produk atau jasa perusahaan. Segmentasi pasar, sasaran yang kuat dan penempatan pasar sangat berhubungan dengan demografis. Karena segmentasi pasa harus melihat demografis penduduk guna menentukan pemasaran mereka. Jika perusahaan ingin berhasil dalam pemasaran, perusahaan tersebut harus menganalisa terlebih dahulu demografis penduduk sekitar. Variabel yang di gunakan untuk segmentasi pasar sudah dijelaskan diawal yaitu usia, jenis kelamin, pekerjaan, penghasilan, pendidikan.

Manfaat Segmentasi Pasar

Setelah mempelajari hubungan demografis dengan segmentasi pasar ada manfaat jika diterapkan, misalnya:

  1. Jika menerapkan segmentasi pasar, maka dapat dipisahkan pasar kedalam kelompok yang yang variabelnya seperti umur, pekerjaan, pendidikan, agama, jenis kelamin, besarnya keluarga, siklus hidup keluarga, penghasilan, dan kebangsaan.
  2. Penarapan segmentasi dapat memperbaiki penglokasian yang strategis dari sumber daya pemasaran pengelolaan segmentasi pasar, penempatan pasar sasaran, hubungan pasar, dan penentuan posisi produk.
  3. Perusahaan dapat memprediksi dari sekarang bahkan selanjutnya mengenai kecenderungan pasar yang berubah-rubah.
  4. Penerapan desain produk dengan benar dan friendly sesuai dengan segmentasi pasar.
  5. Penerapan segmentasi pasar dapat digunakan sebagai pengukuran usaha promosi sesuai dengan periode dimana reaksi pasar cukup besar.

Semoga bermanfaat belajar pengertian demografi kali ini, kunjungi terus Ayoksinau.com banyak sekali artikel-artikel menarik lainnya yang tentunya bermanfaat. Terima kasih.

Baca Juga:

Definisi Desa Lengkap Beserta Pendapat Para Ahli | Ayoksinau.com

Definisi Ekonomi Menurut Para Ahli | Ayoksinau.com

Pengertian Prinsip Ekonomi, Ciri-Ciri, Jenis & Contohnya Lengkap | Ayoksinau.com