Pengertian Dan Sejarah HAM (Hak Asasi Manusia) Secara Singkat

Posted on

HAM – Sebelum membahas mengenai sejarah HAM terlalu jauh, apakah Anda sudah mengetahui apa pengertian dan makna HAM itu sendiri? HAM atau asasi manusia merupakan suatu hak pokok atau hak dasar manusia yang sejak ia lahir sebagai sebuah anugerah dari Tuhan yang Maha Esa, dimana HAM tersebut bukan merupakan suatu pemberian dari manusia atau dari penguasa. Hal tersebut sifatnya sangat pokok dan mendasar bagi hidup dan suatu kehidupan manusia karena HAM bersifat kodrati, yakni ia tidak akan bisa lepas dari dan juga dalam diri kehidupan manusia.

gambar Pengertian Dan Sejarah HAM

Adapun pengertian HAM yang terdapat dalam UU atau undang-undang mengenai hak asasi manusia pada pasal 1 yang menyatakan bahwa HAM yaitu seperangkat hak yang diberikan oleh Tuhan untuk manusia, dimana hal tersebut merupakan suatu anugerah yang sudah melekat pada keberadaan dan juga hakikat manusia itu sendiri, dan serta hal tersebut harus dijunjung tinggi, dihormati dan juga dilindungi oleh suatu negara, hukum dan pemerintah, begitu pula oleh setiap orang demi perlindungan dan kehormatan terhadap martabat dan harkat manusia.

Sejarah HAM (Hak Asasi Manusia)

Berbicara mengenai pengertian dan sejarah HAM para pakar sendiri berpendapat bahwasannya lahirnya HAM atau hak asasi manusia diawali dengan lahirnya Magna Charta. Piagam tersebut menyatakan raja yang semula mempunyai sebuah kekuasaan absolut (raja tersebut yang menciptakan hukum sendiri, namun raja tersebut juga tidak terikat dengan hukum), kekuasaan raja tersebut ini kemudian dibatasi dan sudah mulai bisa dimintai pertanggungjawabannya di muka hukum.

Sejak munculnya piagam ini, lahirlah babak baru dimana jika seorang raja melakukan kesalahan dan melanggar hukum maka raja tersebut harus diadili dan mempertanggungjawabkan dari kebijaksanaannya kepada parlemen.

Lahirnya piagam Magna Charta inilah yang mengawali sejarah HAM serta diikuti oleh perkembangan lebih konkrit dengan munculnya Bill of right di Negara Inggris pada tahun 1689. Bersamaan dengan munculnya bill of right tersebut kemudian menjadi awal sejarah HAM bahwa semua manusia sama di muka hukum. Adagium ini kemudian memperkuat akan munculnya supremasi demokrasi dan juga negara hukum.

Baca juga :

Perkembangan mengenai sejarah HAM selanjutnya diawali dengan munculnya the American Declaration Of Independence di negara Amerika Serikat, dimana kemunculan tersebut lahir dari semangat paham Rousseau dan Monequieu.

Kesimpulannya meskipun dua negara yakni Perancis dan Inggris belum lahir aturan atau rincian HAM, namun di negara ini sudah terlebih dahulu lahir atau muncul. Sejak saat inilah mulai dinyatakan dan ditegaskan bahwa semua manusia adalah makhluk yang sudah merdeka sejak ia dalam kandungan ibunya, sehingga sangat tidak masuk akal bila manusia tersebut sudah lahir kehidupannya harus dibelenggu.

Munculnya sejarah HAM inilah yang akhirnya sampai sekarang menyatakan bahwa setiap manusia di mata hukum dan mata manusia lainnya sama dan memiliki hak yang sama pula. Tidak ada yang namanya pemaksaan dan juga belenggu atas apa yang menjadi keinginan masing-masing individu.

Gimana nih sekarang teman-teman sudah pada tau bukan pengertian dan sejarah singkat tentang HAM. kunjungi terus ayoksinau.com sebagai media penambah wawasan kalian.

Baca juga artikel lainnya :