Pengertian Dan Sejarah Fotografi Yang Belum Banyak Diketahui

Posted on

Pengertian fotografi

Fotografi – Sebelum membahas ke sejarah fotografi akan lebih baik jika Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu pengertian fotografi? Fotografi dari bahasa inggris yaitu photography sedangkan asal kata dari bahasa Yunani yakni photos yang artinya cahaya dan grafo yang artinya melukis. Jadi pengertian fotografi afalah menulis atau melukis dengan menggunakan bantuan media cahaya.

gambar Pengertian Dan Sejarah Fotografi

Jadi fotografi artinya metode atau proses untuk menghasilkan sebuah gambar atau foto yang diambil dari suatu objek dengan cara merekam pantulan cahaya. Dimana cahaya tersebut mengenai objek yang diambil pada bantuan media yang peka terhadap cahaya.

Sejarah fotografi

Setelah membahas pengertian fotografi kali ini akan membahas tuntas mengenai sejarah fotografi. Sejarah fotografi sendiri sudah dimulai sejak abad ke 19. Tepatnya pada tahun 1839 adalah tahun awal atau tahun pertama kelahiran fotografi. Pada waktu itu di negara Perancis ditetapkan secara resmi bahwa kemunculan fotografi merupakan terobosan baru di bidang teknologi.

Sejarah fotografi bermula jauh-jauh sebelum tahun masehi datang. Tepatnya pada abad ke 5 sebelum masehi atau SM, seorang pria yang bernama Mo Ti sudah mengamati suatu gejala. Jika pada sebuah dinding ruangan yang gelap ada lubang kecil atau pinhole, maka bagian yang ada di dalam ruang akan terefleksikan pemandangan yang ada di luar ruangan secara terbalik melalui lubang kecil tadi. Mo Ti sendiri merupakan orang pertama yang sudah menyadari akan fenomena kamera obscura.

Baca juga :

Sejak saat itu, berabad-abad kemudian sejarah fotografi dimulai, banyak orang yang menyadari dan juga mengagumi akan fenomena tersebut, sebut saja nama yang tidak asing lagi yakni Aristoteles tepatnya pada abad ke 3 SM dan juga seorang ilmuan kebangsaan Arab yakni Ibu Al Haitam atau Al Hazen pada abad yang ke 10 SM, dimana tokoh tersebut berusaha untuk menciptakan dan juga mengembangkan alat yang sampai sekarang disebut dengan kamera. Seorang ilmuan kebangsaan Italia yakni tepatnya pada tahun 1558 bernama Giambattista Della Porta menyebut camera obscura ada pada sebuah kotak yang membantu pelukis untuk menangkap bayangan sebuah gambar.

Nama kamera obscura sendiri diciptakan pada tahun 1611 oleh Johannes Kepler, dimana Johannes Kepler ini membuat sebuah desain kamera portable yang dibuat sebuah tenda, dan kemudian memberi nama alat tersebut dengan nama kamera obscura.

Akhirnya fotografi kemudian berkembang dengan sangat pesat dan cepat melalui perusahaan bernama Kodak Eastman, George Eastman yang mengembangkan sebuah fotografi dengan menciptakan dan juga menjual roll film dan juga kamera boks yang praktis, sejalan dengan perkembangan dunia fotografi melalui berbagai perbaikan seperti perbaikan film, lensa, shutter dan juga kertas foto.

Itulah sedikit ulasan mengenai sejarah fotografi dan juga perkembangannya dalam dunia fotografi, semoga bermanfaat. Tetap kunjungi terus ayoksinau.com

Baca juga artikel lainnya :