Pengertian, Contoh Geografi Fisik, Geografi Manusia, dan Geografi Teknik

Posted on

1.Geografi fisik

Geografi fisik yaitu mempelajari bentang lahan (Landscape) ialah bagian ruang dari permukaan bumi yang dibentuk oleh interaksi dan interdependensi bentuk laahan. Perhatian utama geografi fisik ialah lapisan hidup (Life layer) dari lingkungan fisik, yaitu zone tipis dari daratan dan lautan yaang di dalamnya terdapat sebagain besar kehidupan

2.Geografi manusia

Geografi manusia ialah ilmu yang mempelajari manusia dalam ruang, termasuk jumlah penduduk, dinamika penduduk, penyebaran penduduk, aktivitas ekonomi, politik, sosial dan juga budayanya.

3.Geografi teknik

Geografi teknik ialah ilmu yang mempelajari cara-cara memvisualisasikan dan menganalisis data dan juga informasi geografis dalam bentuk peta, diagram, foto udara dan juga citra hasil penginderaan jauh.

Menelaah setiap gejala di permukaan bumi, geografi tiidak memilahkan aspek fisik dan manusia, akan tetapi selalu memadukan keduanya, aspek fisik dan manusia ditelaah secara terintegrasi. Perpaduan antara geografi fisik dan juga geografi manusia secara faktual di lapangan menghasilkan geografi regional. Regional merupakan geosfer ditelaah dengan menggunakan pendekatan geografi, sehingga regional ialah objek formal dari ilmu geografi.

Kalau geologi mempelajari batuan, klimatologi mempelajari iklim, geomorfologi mempelajari bentuk lahan, ilmu tanah mempelajari keadaan fisik tanah, meteorologi mempelajari cuaca. Semua itu menganaliisis kebumian secara murni tanpa diintegrasikan dengan kehidupan manusia. Demikian pula ilmu politik, sosiologi, ekonomi, serta demografi mempelajari manusia secara murni, geografi mempelajari kehiidupan manusia dan kebumian secara terpadu.

Contoh dalam mempelajari penduduk. Demografi membahas tentang jumlah, pertumbuhan, kepadatan dan peenyebaran penduduk. Geografi mempelajari jumlah, pertumbuhan dan juga penyebaran penduduk dalam kaiitannya dengan aspek fisikal, seperti mengapa di daerah dataran penduduknya lebih banyak jika dibandingkan dengan daerah pegunungan, mengapa penduduk di daaerah dataran cenderung menyebar secara merata, sedangkan di pegunungan mengelompok, mengapa pertumbuhan penduduk di suatu wilayah tinggi atau pun rendah, faktor fisik dan sosial budaya apa yang berpengaruh dan sebagainya.

Contoh lain dalam mempelajari pertanian, ahli agronomi mempelajari bagaimana cara bercocok tanam, ahli ekonomi mempelajari tentang biaya produksi, pengeloalan dan pemasaran, ahli geografi mempelajari tentang lokasi berbagai jenis usaha tani di permukaan bumi, bagaimana kaitannya dengan aspek fisik seperti iklim, kemiiringan lereng, tata air, ketinggian, aspek sosial seperti cara bertani, modal, penerapan teknologi, kebijakan pemerintah, pemilikan lahan, dan adat istiadat dalam bercocok tanam.

Semoga artikel dari ayoksinau.com mengenai Pengertian dan juga Contoh Geografi Fisik, Geografi Manusia, dan Geografi Teknik ini kalian semakin mengetahui dan mampu menguasai materi yang berhubungan dengan geografi fisik, geografi manusia, dan juga geografi teknik. Kalian dapat  menjelaskan pengertian geografi fisik, geografi manusia, dan juga geografi teknik serta mampu memberikan contoh dari masing-masing tersebut. Terimakasih telah membaca Pengertian dan Contoh Geografi Fisik, Geografi Manusia, dan Geografi Teknik.

Baca juga artikel dibawah ini;