Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli dan Macam Macam Bisnis

Posted on

Pengertian Bisnis

bisnis merupakan suatu organisasi yang menjual barang maupun jasa kepada konsumen guna mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis berasal dari bahasa inggris (business), dari kata dasar busy yang berarti adalah”sibuk” dalam konteks individu, komunitas, atau masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan juga pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.

Dalam ekonomi kapitalis, dimana kebanyakan bisnis dimiliki oleh para pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan juga meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan juga operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikan. Akan tetapi tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini, ada bisnis yang tidak mengjar keuntungan seperti ini misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Model bisnis seperti ini kontras dengan sistem sosialistik, dimana bisnis besar kebanyakan dimiliki oleh pemerintah, masyarakat umum, maupun serikat pekerja.

Secara etimologi, kata bisnis berarti keadaan dimana seseorang / sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata “bisnis” sendiri pempunyai tiga penggunaan, tergantung skupnya — penggunaan singular kata bisnis bisa merujuk pada badan usaha, ilah kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan juga ekonomis yang bertujuan untuk mencari laba / keuntungan. Penggunaan yang lebih luas bisa merujuk pada sektor pasar tertentu, misalnya ialah “bisnis pertelevisian.” Penggunaan yang paling luas merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan juga jasa. Akan tetapi definisi “bisnis” yang tepat masih menjadi bahan perdebatan hingga sekarang ini.

 

Pengertian Bisnis menurut Plowman

Bisnis adalah serangkaian kegiatan yang berhubungan dengan pembelian maupun penjualan barang dan juga jasa yang dilakukan secara berulang-ulang. Menurut paterson dan juga plowman, penjualan jasa maupun barang yang hanya terjadi satu kali saja bukanlah definisi dari pengertian bisnis.

Pengertian Bisnis menurut Owen

Bisnis merupakan suatu perusahaan yang berhubungan dengan distribusi dan juga produksi barang-barang yang nantinya dijual ke pasaran / memberikan harga yang sesuai pada setiap jasanya.

Pengertian Bisnis menurut Hunt & Urwick

 Bisnis adalah segala perusahaan apapun yang membuat, mendistribusikan / menyediakan berbagai barang ataupun jasa yang dibutuhkan / diperlukan oleh anggota masyarakat lainnya juga bersedia dan mampu dalam membeli / membayarnya.

Perusahaan perseorangan

Persekutuan

Perseroan

Koperasi

Bentuk kepemilikan bisnis

Walaupun bentuk kepemilikan bisnis berbeda-beda di setiap negara, ada beberapa bentuk yang dianggap umum, diantaranya adalah:

Perusahaan Perseorangan merupakan bisnis yang kepemilikannya dipegang oleh satu orang saja. Pemilik perusahaan perseorangan memiliki tanggung jawab tak terbatas atas harta perusahaan nya.

Persekutuan merupakan bentuk bisnis dimana dua orang bahkan lebih bekerja sama mengoperasikan perusahaan guna mendapatkan keuntungan. Sama halnya seperti perusahaan perseorangan, setiap sekutu (anggota persekutuan) mempunyai tanggung jawab tak terbatas atas harta perusahaan. Persekutuan bisa dikelompokkan menjadi persekutuan komanditer dan juga firma.

perseroan merupakan bisnis yang kepemilikannya dipegang oleh beberapa orang dan diawasi oleh dewan direktur. Setiap pemilik mempunyai tanggung jawab terbatas atas harta perusahaan nya.

 

Itulah tadi artikel dari ayoksinau.com tentang Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli dan Macam Macam Bisnis, semoga bermanfaat.

baca juga artikel dibawah ini;