Pengertian Basis Data Menurut Para Ahli Yang Harus Anda ketahui | Ayok Sinau

Posted on

Pengertian Basis Data – Data Base atau bisa juga disebut dengan Pangkalan data ialah kumpulan informasi yang tersimpan di Komputer secara system supaya bisa di pantau dengan program Komputer. Supaya tidak bingung apa itu Data Base di Bawah sudah Admin siapkan pengertian lengkap para ahli, langsung saja skroll kebawah.

gambar pengertian data base

1. Menurut Gordon C. Everest

Gordon C. Everest mengungkapkan bahwa basisdata atau database adalah sebuah kumpulan dari data yang bersifat mekanis, terbagi, terdefinisi secara formal dan terkontrol. Pengontrolan dari sistem database tersebut adalah terpusat, yang biasanya dimiliki dan juga dipegang oleh suatu organisasi.

2. Menurut C.J. Date 

Mengatakan basisdata atau database adalah suatu kumpulan data operasional yang sengaja disimpan dan dipakai oleh sistem aplikasi dari suatu organisasi. Date menyebutkan data yang tersimpan di dalam database memiliki tiga jenis data, yaitu : data input yaitu data yang masuk dari luar sistem, data output yaitu data yang dihasilkan sistem, sedangkan data operasional yaitu data yang tersimpan pada sistem.

3. Menurut Toni Fabbri 

Fabbri, mengungkapkan bahwa basisdata atau database merupakan suatu sistem dimana banyak terdapat file – file dan juga data yang terintegrasi dimana file serta data tersebut memiliki sebuah primary key untuk melakukan proses pengulangan data.

4. Menurut S. Attre 

Attre mengungkapkan bahwa basisdata atau database adalah sebuah koleksi dari data-data yang saling berinteraksi satu sama lain yang ada di dalam suatu organisasi atau  enterprise yang digunakan untuk berbagai macam kebutuhan.

5. Menurut Chou

Pendapat lain dari Chou lainnya mengenai database atau basisdata. Chou mengatakan bahwa basisdata atau database merupakan sebuah kumpulan informasi yang bermanfaat yang diorganisasikan ke dalam tatacara yang khusus, sehingga dapat digunkaan untuk berbagai keperluan dari sebuah organisasi.

6. Menurut Fabbri dan Schwab

Pendapat lain dari ahli Fabbri & Schwab menyatakan bahwa basisdata atau database yaitu sebuah sistem pemberkasan terpadu yang dirancang untuk dapat meminimalkan pengulangan data.

7. Menurut Silberschatz, dkk

Pada tahun 2002 Silberschatz mendefinisikan basisdata atau database merupakan sebagai kumpulan data berisi informasi yang sesuai untuk sebuah perusahaan.

8. Menurut Ramakrishnan dan Gehrke

Pada tahun 2003 Ramakrishnan dan Gehrke mendefinisikan basisdata atau database adalah sebagai kumpulan data, umumnya mendeskripsikan aktivitas satu organisasi atau lebih yang berhubungan.

9. Menurut McLeod, dkk.

Pada tahun 2001 McLeod mengungkapkan basisdata atau database adalah kumpulan seluruh sumber daya berbasis komputer milik organisasi.

10. Menurut Bambang Hariyanto (2004)

Mengungkapkan bahwa basis data merupakan sebuah kumpulan data-data yang secara logik yang berkaitan dengan merepresentasikan fenomena atau fakta secara terstruktur dalam domain tertentu untuk mendukung aplikasi pada suatu sistem tertentu. Pengertian lain dari Database  yaitu kumpulan data yang saling berhubungan yang merefleksikan fakta-fakta yang terdapat di suatu organisasi.

11. Menurut Anhar (2010:45)

Anhar mengungkapkan bahwa “Database atau basisdata adalah sekumpulan tabel-tabel yang berisi data dan merupakan kumpulan dari field atau kolom. Struktur file yang menyusun sebuah database adalah Data Record dan Field”.

12. Menurut Raharjo (2011:3)

Raharjo mendefinisikan bahwa Database atau basisdata adalah kumpulan data yang terintegrasi dan diatur sedemikian rupa sehingga data tersebut dapat dimanipulasi, diambil, dan dicari secara cepat”.

13. Menurut Kustiyaningsih (2011:146)

Kustiyaningsih mengungkapkan bahwa Database atau basisdata merupakan Struktur penyimpanan data untuk menambah, mengakses dan memperoses data yang disimpan dalam sebuah database komputer, diperlukan sistem manajemen database seperti MYSQL Server.

14. Menurut Maimunah (2009:307)

Pendapat dari Maimunah “Database atau basisdata adalah kumpulan data dari penempatan tenaga kerja yang saling terkait dan mempengaruhi sesuai dengan tingkat kepentingannya sehingga data tersebut terintegrasi dan independence.

Baca juga :

15. Menurut Kristanto (2004:10)

Kristanto Menyatakan bahwa Basis Data (Database) adalah “Kumpulan fiel-file yang mempunyai kaitan antara satu file dengan file lain sehingga membentuk satu bangunan data untuk menginformasikan suatu perusahaan instansi, dalam batasan tertentu”.

16. Menurut Jogiyanto (2005)

Pendapat Jogiyanto mendefinisikan bahwa Basis data merupakan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya tersimpan dan di simpanan luar komputer dan digunakan oleh perangkat lunak tertentu untuk memanipulasinya.

17. Menurut Sutanta (2004)

Pendapat lainnya mengenai basisdata atau database adalah kumpulan dari item data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya yang diorganisasikan berdasarkan sebuah skema atau struktur tertentu.

18. Menurut Connolly dan Begg (2010:65)

Connolly dan Begg  mengungkapkan bahwa basisdata adalah sekumpulan data tersebar yang berhubungan secara logis, dan penjelasan dari data ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan informasi dari suatu organisasi.

19. Menurut Inmon (2005:493)

Inmon mengungkapkan bahwa basisdataataupun database yaitu sekumpulan data yang saling berhubungan dan disimpan (biasanya dengan redudansi yang terkontrol dan terbatas) berdasarkan skema atau struktur tertentu.Sebuah database dapat melayani single atau multiple applications.

20.Menurut Gottschalk dan Saether (2010:41)

Gottschalk dan Saether dalam jurnalnya menyatakan bahwa basisdata adalah sekumpulan data yang terorganisir untuk mendukung banyak aplikasi secara efisien dengan memusatkan data dan mengontrol data redundant.

21. Menurut Stephensdan Plew (2000)

Pendapat Stephens dan Plew , Database adalah mekanisme yang digunakan untuk menyimpan informasi atau data. Informasi adalah sesuatu yang kita gunakan sehari-hari untuk berbagai alasan.

22. Menurut Ramon A. Mata-Toledo & Pauline K. Cushman

Mengungkapkan bahwa basisdata atau Database merupakan sekumpulan data yang berhubungan secara logika dan memiliki beberapa arti yang saling berpautan.

23. Menurut Diar Puji Oktavian

Pendapat dari ahli oktavian  mengenai basisdata atau Database yaitu sekumpulan data dan prosedur yang memiliki struktur yang sedemikian rupa sehingga mudah dalam menyimpan, mengatur dan menampilkan suatu data.

24. Menurut Didik Dwi Prasetyo

Didik Dwi Prasetyo mengatakan bahwa basisdata atau Database adalah sekumpulan data yang saling berhubungan dan terorganisir sedemikian rupa sehingga memudahkan ketika akan digunakan kembali.

25. Menurut P. Muda Marbun

Muda Marbun mengatakan bahwa basisdata atau Database merupakan sekelompok data yang mempunyai ciri-ciri khusus dan dapat dikelola sedemikian rupa sehingga bisa menghasilkan sebuah format data yang baru.

26.Menurut  David M. Kroenke

David M. Kroenke mengatakan bahwa basisdata atau Database adalah fungsi utama untuk aplikasi client – server, aplikasi organisasi, dan aplikasi e-commerce bisnis ke konsumen serta bisnis ke bisnis.

27. Menurut Wahana komputer (2010:24)

Database atau basis data sekumpulan daya yang memiliki hubungan secara logika dan diatur dengan susunan tertentu serta disimpan dalam media penyimpanan komputer. Secara harfiah pengertian basis merupakan dasar, ataupun gudang sedangkan data itu sendiri adalah representasi dari semua fakta yang ada pada dunia nyata. Database sering digunakan untuk melakukan proses terhadap data-data tersebut dan menghasilkan informasi tertentu.

28. menurut whiten dan beently (2007,548)

Menyatakan basisdata atau database adalah kumpulan file yang saling berkaitan yang terhubung yang dibutuhkan untuk operasi organisasi. Whiten mengatakan database atau basisdata merupakan kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa dengan menggunakan suatu program komputer untuk mendapatkan informasi dari basis data tersebut.

Demikianlah sedikit ulasan yang mengenai Pengertian Data Base. untuk informasi mengenai pembelajaran kunjungi terus ayoksinau.com

Baca juga artikel di bawah :