Pengertian Asam Amino dan Jenis Asam Amino

Posted on

Pengertian Asam amino

Ayoksinau.com – Asam Amino ialah senyawa organik dengan kandungan gugus asam (Umumnya asam karboksilat) dan gugus amino. Ada sekitar 500 macam asam amino, di mana sebagian besarnya itu ialah yang non-fisiologis. Juga, cukup beragam asam amino fisiologis yang penting namun tidak digunakan di dalam protein. Akan tetapi apabila menyatu kepada biokimia, maka istilah asam amino biasanya mengacu ke apada salah satu macam dari 20 variasi unit monomer yang ter umum, yang digunakan dalam membangun protein.

Asam amino semuanya memiliki struktur kimia persis, yang berisi atom karbon pusat, karbon ini ada pada gugus karboksil, terdiri dari oksigen dan karbon, dan juga gugus amino yang tersusun atas hidrogen dan juga nitrogen. Ikatan kimia penghubung asam amino mempunyai sebutan peptide dan akan membentuk protein. Untuk diketahui apabila ikatan ini benar-benar sulit dipecahkan, tetapi enzim, asam, dan juga agen yang lain mempunyai kemampuan untuk memecahkan ikatan itu, contohnya saat proses pencernaan terjadi. Rantai samping di asam amino bisa memberikan sifat kimia berbeda-beda di masing-masing, akan dapat mempengaruhi bagaimana berinteraksi saat akan dimasukkan pada bagian dalam molekul protein, dan juga bagaimana sel-sel akan mencernanya.

Banyak herbal alami untuk menjaga kesehatan. Anda sebisa mungkin harus coba untuk memanfaatkannya, karena baik untuk jangka panjang.

Tips untuk Anda, apabila memakai herbal alami, jangan setengah-setengah.

Jenis asam amino

apabila berbicara tentang jenis asam amino, maka akan dibedakan ke dalam 3 macam, yaitu:

Asam amino esensial

Yang pertama ialah asam amino esensial, asam amino ini adalah asam amino yang tak dibuat tubuh, jadi kebutuhan akan jenis yang ini harus dipasok melalui makanan yang dikonsumsi. Ada 9 jenis dari asam amino esensial, diantaranya yaitu isoleusin, histidin, tryptophan, lisin, leusin, phenilalanin, methionin, treonin dan valin.

Asam amino non esensial

Yang kedua ialah asam amino non esensial, berbeda dengan asam amino esensial, asam amino non esensial diproduksi oleh tubuh, akan tercukupi kebutuhannya walaupun tak diperoleh melalui makanan yang dikonsumsi. Type atau jenis asam amino non esensial di antaranya adalah asparagin, alanin, asam glutamat dan juga asam aspartat.

Asam amino kondisional

Yang terakhir merupakan asam amino kondisional, yang umumnya tak esensial, terkecuali apabila  seseorang sedang dalam kondisi stress dan juga kondisi sakit. Type atau jenis asam amino kondisional adalah sistein, tyrosine, arginin, glisin, serin dan prolin.

Fungsi biologis dari asam amino

Asam amino mempunyai beberapa fungsi biologis, diantaranya adalah :

  • Pertumbuhan
  • Bahan utama dari penyusun protein
  • Pemeliharaan tubuh
  • Asam amino dapat dimetabolisme dalam menghasilkan energi sesudah cadangan lemak dan juga  karbohidrat tubuh habis
  • Beberapa macam type asam amino mempunyai fungsi untuk neurotransmitter juga  beberapa lagi mempunyai fungsi sebagai bahan biosintesis neurotransmitter, senyawa biokimia penting tubuh yang lain, dan juga hormon

Sintesis protein asam amino

Salah satu dari kemungkinan absorbsi asam amino yaitu ialah untuk pembentukan protein yang baru. Sel-sel akan membentuk protein yang baru yang memang dibutuhkan, dan ditentukan dari sinyal kimia di dalam sel yang akan mengarahkan gen untuk menentukan urutan asam amino yang memang dibutuhkan untuk protein tertentu. Melalui urutan tertentu, asam amino individu akan bergabung, gugus amino yang dari satu akan berhubungan dengan gugus karboksil yang selanjutnya. ketika semua amino yang memang dibutuhkan sesudah terkombinasi akan terjadi konfirmasi saat rantai asam amino itu dapat memutar di dalam spiral maupun melipat dalam lembaran, yang akan mengakibatkan protein memiliki bentuk-bentuk tertentu. Asam amino juga dapat mengambil asam amino di dalam metabolisme untuk keperluan sintesis protein.

demikian lah artikel dari ayoksinau.com mengenai Pengertian Asam Animo dan Jenis Asam Amino, semoga menambah wawasan anda semua.

baca juga artikel dibawah ini: