Pengertian Angin,Faktor Terjadinya Angin dan Jenis-Jenis Angin

Posted on

PENGERTIAN ANGIN

Angin ialah udara yang bergerak akibat rotasi bumi dan perbedaan tekanan udara di sekiitarnya. Angin bergerak dari tempat bertekanan udara tinggi ke bertekaanan udara rendah.

SIFAT-SIFAT ANGIN

Beberapa sifat angin antara lain ialah:

  • Angin menyebabkan tekanan terhadap permukaan yang menentang arah angin tersebut.
  • Kecepatan angin sangat beragam dari tempat ke tampat lain, dan juga dari waktu ke waktu.
  • Angin mempercepat pendinginan dari benda yang panas.

KECEPATAN ANGIN

Kecepatan angin ditentukan oleh perbedaan tekanan udara antara tempat asal dan tujuan angin dan resistensi medan yang dilalui oleh nya.

JENIS-JENIS ANGIN

1.Angin laut dan Angin Darat

A.Angin Laut

Angin laut merupakan angin yang bertiup dari arah laut ke arah darat yang umumnya terjadi di siang hari antara pukul 09.00 sampai dengan pukul 16.00. Angin ini dapat dimanfaatkan oleh nelayan untuk pulang dari menangkap ikan di laut.

b.Angin Darat

Angin darat merupakan angin yang bertiup dari arah darat ke arah laut, yang pada biasanya terjadi saat malam hari, antara jam 20.00 sampai dengan 06.00.

Angin jenis ini sangat bermanfaat bagi nelayan guna  berangkat mencari ikan dengan perahu bertenaga angin sederhana.

2.Angin Lembah dan Angin Gunung

a.Angin Lembah

Angin Lembah merupakan angin yang bertiup dari arah lembah ke puncak gunung dan dapat terjadi di siang hari.

b.Angin Gunung

Angin Gunung merupakan angin yang bertiup dari puncak gunung  ke lembah gunung dan ini terjadi di malam hari.

3.Angin Fohn

Angin Fohn (Angin Jatuh) merupakan angin yang terjadi sesuai hujan Orografis. Angin yang bertiup di suaatu wilayah dengan temperatur dan kelengasan yang berbeda.

Angin Fohn terjadi akibat ada gerakan massa udara yang naik pegunungan yang tingginy lebih dari 200 meter , naik di satu sisi lalu turun di sisi lain. Angin Fohn yang jatuh dari puncak gunung yang bersiifat panas dan juga kering , karena uap air yang sudah di buang pada saat hujan orografis.

4.Angin Muson

Angin muson atau biasanya disebut dengan angin musim merupakan angin yang berhembus secara periodik (minimal 3 bulan) dan antara periiode yang satu dengan periode yang lain polanya akan berlawan yang berganti arah secara berlawanan setiap setengah tahun.

Angin Muson terbagi atas dua maacam, diantaranya yaitu :

a.Angin Muson Barat

Angin Musim/Muson Barat merupakan angin yang mengalir dari benua Asia (musim dingin) ke Benua Australia (musim panas) dan juga mengandung curah hujan yang banyak di Indonesia bagian barat, hal ini disebabkan karena angin melewati tempat yang luas, misalnya perairan dan samudra. Contoh perairan dan samudra yang dilewati ialah Laut China Selatan dan juga Samudra Hindia. Angin Musim Barat menyebabkan Indonesia mengalami musim hujan. Angin ini terjadi di bulan Desember, Januari dan juga Februari, dan maksimal di bulan januari dengan Kecepatan Minimum 3 m/s.

B.Angin Muson Timur

Angin Musim/Muson Timur merupakan angin yang mengalir dari Benua Australia( musim dingin) ke Benua Asia (Musim panas) sedikit curah hujan ( kemarau) di Indonesia bagian timur karena angin melewati celah-celah sempit dan juga berbagai gurun (Gibson, Australia Besar, dan juga Victoria). Ini yang menyebabkan indonesia mengalami musim kemarau. Terjadi pada bulan juni, juli dan juga Agustus, dan maksimal di bulan juli.

Demikian artikel dari ayoksinau.com mengenai Pengertian Angin,Faktor Terjadinya Angin dan Jenis-Jenis Angin, semoga manambah waawasan anda semuanya;

baca juga artikel dibawah ini;