Pengeritan JavaScript (Manfaat menggunakan JavaScript dan Alat-alat pengembangan JavaScript)

Posted on

 

Pengeritan JavaScript (Manfaat menggunakan JavaScript dan Alat-alat pengembangan JavaScript)

JavaScrip Adalah bahasa pemrograman komputer dinamis. Java Script ringan dan paling sering digunakan sebagai bagian dari halaman web, implementasi yang memungkinkan script sisi klien untuk berinteraksi dengan pengguna dan membuat halaman dinamis. Itu ialah bahasa pemrograman yang di interpretasikan dengan kemampuan berorientasi objek.

JavaScript pertama dikenal dengan LiveScript, namun Netscape berganti nama JavaScript, mungkin karena kegembiraan yang sedang dihasilkan oleh Java. JavaScript membuat penampilan pertama di Netscape 2.0 pada tahun 1995 dengan nama LiveScript. Inti dari tujuan umum bahasa telah tertanam dalam Netscape, Internet Explorer, dan browser web lainnya.

Spesifikasi ECMA-262 didefinisikan versi standar inti dari bahasa JavaScript.

  • JavaScript ialah bahasa pemrograman yang ringan.
  • Dirancang untuk membuat aplikasi jaringan centric.
  • Melengkapi dan terpadu pada pemograman Java.
  • Melengkapi dan terintegrasi dengan HTML.
  • Open and cross-platform

Sisi klien JavaScript adalah bentuk paling umum bahasa. Script harus termasuk dalam atau direferensikan oleh sebuah dokumen HTML untuk kode yaitu untuk diinterpretasikan oleh browser.

Ini berarti bahwa halaman web tidak perlu HTML statis, akan tetapi dapat mencakup program yang berinteraksi dengan pengguna, kontrol browser, dan secara dinamis yaitu membuat HTML konten.

Mekanisme sisi klien JavaScript menyediakan banyak keuntungan dibandingkan dengan tradisional CGI script sisi server. misalnya, Anda mungkin menggunakan JavaScript untuk memeriksa apabila pengguna telah masuk alamat e-mail yang sah di bidang formulir.

Kode JavaScript dijalankan ketika pengguna mengirimkan formulir, dan hanya semua entri yang valid saja, mereka akan dikirim ke Web Server.

JavaScript dapat digunakan untuk menjebak prakarsa pengguna acara misalnya klik tombol, link navigasi, dan tindakan lain yang pengguna memulai secara eksplisit atau mutlak.

Manfaat menggunakan JavaScript ialah

  • Kurang interaksi Server Anda dapat memvalidasi input pengguna sebelum mengirim Halaman off ke server. Ini tentunya menghemat lalu lintas server, yang berarti kurang beban pada server Anda.
  • Feedback yang cepat dari pengunjung  Mereka tidak harus menunggu untuk halaman reload untuk melihat apabila mereka lupa untuk memasukkan sesuatu.
  • Meningkatkan interaktivitas, Anda dapat membuat antarmuka yang bereaksi ketika pengguna melayang-layang di atas mereka dengan mouse atau juga mengaktifkan mereka melalui keyboard.
  • Kaya Interface,  Anda dapat menggunakan JavaScript untuk memasukkan jenis produk misalnya drag-and-drop komponen slider untuk memberikan antarmuka kaya dengan pengunjung situs Anda.

Keterbatasan JavaScript

Kita tidak bisa memperlakukan JavaScript sebagai bahasa pemrograman yang penuh. Ada beberapa fitur terbatas yang ada pada JavaSript, yaitu sebagai berikut:

  • Sisi klien JavaScript tidak dapat untuk membaca atau menulis file. Hal ini telah disimpan untuk alasan keamanan.
  • JavaScript tidak dapat digunakan untuk jaringan aplikasi karena  tidak ada dukungan seperti yang tersedia.
  • JavaScript tidak memiliki apapun kemampuan multithreading atau multiprosesor.

Sekali lagi, JavaScript ialah ringan, ditafsirkan bahasa pemrograman yang memungkinkan Anda untuk membuat  interaktivitas ke dalam halaman HTML jika tidak statis.

Alat-alat pengembangan JavaScript

Salah satu kekuatan utama dari JavaScript adalah bahwa tidak memerlukan alat-alat pengembangan yang mahal. Anda cukup memulai dengan editor teks sederhana seperti Notepad. Karena bahasa diinterpretasikan dalam konteks web browser, Anda bahkan tidak perlu membeli sebuah kompiler.

Untuk membuat hidup kita sederhana, berbagai vendor telah datang dengan sangat bagus JavaScript sebagai alat pengeditan. Beberapa dari mereka yang tercantum di sini sebagai berikut ?

  • Microsoft FrontPage ? Microsoft telah mengembangkan sebuah editor HTML yang sangat populer disebut dengan FrontPage. FrontPage juga menyediakan pengembang web dengan sejumlah JavaScript alat untuk membantu dalam penciptaan website interaktif.
  • Macromedia Dreamweaver MX ? Macromedia Dreamweaver MX ialah editor HTML dan JavaScript yang sangat populer di kerumunan pengembangan profesional web. Menyediakan bebagai berguna prebuilt JavaScript komponen,  juga mengintegrasikan dengan database, dan sesuai dengan standar-standar baru seperti XHTML dan XML.
  • Macromedia HomeSite 5 – Homesite 5 ialah editor HTML danJavaScript yang disukai dari Macromedia yang dapat digunakan untuk mengelola website pribadi secara efektif.

nah itu lah tadi artikel mengenai javascrip beserta manfaat dan kegunaanya.

jangan lupa baca juga: