Penerapan Ilmu Biologi Dalam Berbagai Bidang Kehidupan Dengan Contoh

Posted on

Penerapan Ilmu Biologi Dalam Berbagai Bidang Kehidupan Dengan Contoh

ayoksinau.com | Menempuh ilmu bukanlah semata-mata hanya untuk kepentingan dalam kehidupan perekonomian saja. Dimana banyak orang yang beranggapan jika menuntut ilmu bertujuan untuk mendapatkan sebuah gelar dan menjadi sebagai bekal mencari pekerjaan yang bisa memberi gaji dalam jumlah besar.

Namun, dibalik itu semua ilmu yang anda peroleh semasa menempuh jenjang pendidikan ternyata memiliki manfaat yang jauh lebih berguna untuk kehidupan. Dan salah satu ilmu yang sangat berpengaruh atau sangat berperan dalam kehidupan manusia adalah ilmu biologi.

Dimana ilmu biologi terbagi dalam beberapa cabang yang masing-masing mempelajari bidang berbeda (masih terkait dengan lingkungan dan mahluk hidup di sekitarnya). Dan masing-masing cabang ini, biasanya akan diterapkan dalam bidang yang berbeda pula.

Untuk lebih jelasnya, simak contoh penerapan ilmu biologi dalam beberapa bidang berikut ini.

1. Bidang kedokteran

Salah satu bidang yang sudah pasti memerlukan pengetahuan biologi sebagai ilmu dasar adalah kedokteran. Dimana bisa dibilang dalam ilmu kedokteran, sebagian besar merupakan ilmu biologi yang kemudian dikembangkan.

Nah contoh penerapan ilmu biologi dalam bidang kedokteran ini antara lain adalah bagaimana seorang dokter memiliki pengetahuan yang baik mengenai struktur tubuh mahluk hidup (anatomi) sehingga apabila terdapat sebuah penyakit dokter dapat dengan tepat menanganinya (tanpa merusak atau melewati struktur tubuh lain yang tak diserang).

Selain itu, cabang ilmu biologi histologi, mikrobilogi,mikrologi, bakteriologi dan masih banyak lainnya juga sangat dibutuhkan demi kelancaran proses pengobatan pasien. Dan satu cabang ilmu biologi yang sangat diperlukan perenapannya dalam dunia kedokteran adalah patologi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang penyakit serta pengaruhnya dalam kehidupan.

2. Bidang pertanian dan peternakan

Tak hanya bermanfaat untuk kehidupan manusia, namun ilmu biologi juga sangat bermanfaat untuk mahluk hidup lainnya yaitu tanaman dan hewan. Dimana contoh penerapan ilmu biologi dalam bidang pertanian dan peternakan ini bersangkutan dengan cara perawatan mahluk hidup ini.

Semisal untuk tanaman pertanian seperti sayur dan buah, maka diperlukan pengetahuan cara merawat tanaman tersebut agar tak gagal panen. Begitupun dengan contoh penerapan ilmu biologi dalam bidang peternakan yang akan berpengaruh langsung terhadap masa hidup hewan ternak tersebut.

3. Bidang produksi

Setelah melewati tahap pemeliharaan dan pengembangbiakan, biasanya sebuah produk akan siap pakai setelah melewati tahap produksi. Nah untuk melakukan tahap produksi ini, seseorang tentu memerlukan pengetahuan yang baik mengenai kandungan gizi, cara pengolahan dan masih banyak lainnya.

Dan ilmu yang anda butuhkan tersebut, nampaknya dapat diperoleh hanya dengan mempelajari biologi. Sebagai contoh penerapan ilmu biologi dalam bidang produksi ini adalah pengolahan susu menjadi yogurt yang membutuhkan bakteri. Dan untuk mengetahui jenis bakteri yang tepat tentu anda harus paham dengan ilmu bakterilogi.

3 bidang di atas adalah bidang yang paling banyak membutuhkan ilmu biologi, namun bukan berarti bidang kehidupan lainnya tak membutuhkan ilmu biologi sebagai pengetahuan dasarnya.

Baca Juga :