Para Pengguna Internet, Sudah Tahukah Anda Tentang Sejarah Internet Dan Perkembangannya

Posted on

Sejarah Internet – Sebagian besar masyarakat dunia sekarang sudah banyak yang menggunakan internet, bahkan internet sudah digunakan hampir semua orang terutama orang-orang yang tinggal di perkotaan. Namun memang masih banyak juga yang belum bisa mengakses internet, khususnya di Indonesia karena berbagai alasan diantaranya adalah daerah yang terlalu jauh sehingga sulit untuk dijangkau internet, selain itu juga minimnya perhatian dari pihak pemerintah daerah tersebut dan alasan lainnya.

gambar Sejarah Internet Dan Perkembangannya

Tahukah Anda? Sejarah internet ini sendiri dimulai di tahun 1960 yakni ketika diciptakannya teknologi jaringan komputer. Lalu apa itu pengertian jaringan komputer? Jaringan komputer merupakan beberapa komputer yang tersambung dari yang satu ke lainnya dengan menggunakan kabel di dalam satu tempat atau lokasi yang mempunyai hubungan timbal balik, seperti contoh dalam satu gedung atau kantor.

Sejarah internet

Adapun sejarah internet dimulai tepat pada bulan Agustus di tahun 1962, sedangkan penciptaan internet sendiri untuk pertama kalinya dikemukakan oleh J.C.R Licklider yakni seorang yang berasal dari MIT Massachutts Institute of Technology. Sementara untuk konsep awalnya disebut dengan Galatic Network oleh dirinya.

Ia menjelaskan tentang bagaimana jaringan global dimana jaringan global tersebut bisa di akses dan juga di program dari mana saja dan kapan saja. lalu pada bulan Oktober yakni di tahun 1962 seorang J.C.R ini mengepalai program penelitian untuk komputer di ARPA dimana ARPA ini merupakan sebuah bagian dari departemen pertahanan negara Amerika serikat.

Untuk progam dari ARPANET ini sendiri adalah untuk merancang bentuk jaringan, kehandalan dan juga seberapa besar kemungkinan informasi bisa dipindahkan, yang pada akhirnya semua standar yang ditentukan akan menjadi cikal bakal sebuah pembangunan protokol baru, dimana pembangunan tersebut bisa Anda lihat dan ketahui sekarang dengan istilah TCP/IP atau transmission control protocol atau Internet protocol.

Baca juga :

Sejarah internet dimulai dengan dibuatnya komputer pertama yang berada di University of California Los Angelos, sedangkan komputer kedua berada di Stanford Research institute, sementara untuk komputer ketiga yakni di University of California Barbara dan terakhir yaitu komputer ke empat di University Utah.

Adapun jumlah komputer yang tersambung ke ARPANET sendiri pada tahun 1971 berjumlah 14 unit. Di tahun ini juga protocol telnet dan juga FTP telah berhasil dibangun. Kemudian di tahun 1972 seorang Larry Roberts dan juga Bob Khan mengenalkan ARPANET ke konferensi ICCC dimana konferensi tersebut diselenggarakan di Washinton.

Sejarah internet sudah membuktikan bagian dari sebuah revolusi tentang perkembangan yang sangat cepat dan pesat dari tahun 90-an sampai saat ini. Adapun pengguna internet sendiri sudah sangat banyak, terlebih di Indonesia yang hampir sebagian masyarakatnya sudah bisa mengakses internet dengan mudah meskipun masih ada sebagian yang belum merasakan tentang manfaat internet.

Internet bisa menjadi sebuah wadah pendidikan bagi semua orang juga bisa dijadikan sebagai saranan hiburan yang mudah dan tentu saja efektif untuk diterapkan, namun tetap saja penggunaan internet tidak boleh asal-asal dan sembarangan, terlebih bagi anak yang masih di bawah umur.

Itulah sejarah internet secara singkat yang bisa diberikan, semoga apa yang sudah dituliskan di atas tadi bisa bermanfaat untuk Anda yang membacanya

demikianlah sedikit ulasan mengenai sejarah Internet semoga bisa menambah wawasan teman-teman semua. untuk informasi lainnya kunjungi terus ayoksinau.com

Baca juga artikel di bawah ini :