Pantun Nasehat Paling Bijak “Paling Ampuh”

Posted on

Pantun Nasehat Paling Bijak “Paling Ampuh”

Pantun Nasehat merupakan sebuah pantun yang isinya berupa petuah-petuah bijak yang sifatnya membangun dan memberi motivasi positif terhadap yang membacanya maupun yang mendengarnya. Pantun ini digunakan untuk menyampaikan berupa pesan-pesan moral dalam kehidupan manusia.

Seperti yang Anda ketahui bahwa di dalam kehidupan ini tentu berjalan dengan berbagai liku kehidupan yang terkadang membuat seseorang jatuh membutuhkan sebuah spiritual mental untuk dapat bangkit kembali menghadapi kenyataan hidup ini. Pelajaran-pelajaran yang keras terkadang seseorang sulit menerima masukan yang panjang dan berbelit-belit.

Nasehat yang disajikan dalam sebuah Pantun akan terdengar lebih simpel dan memiliki unsur seni sehingga akan terdengar asyik dan tidak membosankan dalam mendengarkannya. Penyampaian butir-butir kata dalam pantun ini semuanya berisi anjuran kebaikan untuk saling mengingatkan dalam hal positif yang bernilai luhur. berikut adalah beberapa contoh Pantun Nasehat yang sering Anda dengar.

Beberapa Pantun Nasehat Paling Bijak

Berakit-rakit Dahulu, Berenang-renang Ke Tepian, Bersakit-sakit Dahulu, Baru Kemudian Bersenang-senang

Arti dari pantun di atas ini sungguh menarik untuk dibahas karena memilki pesan yang begitu bijak dan mendalam. Layaknya sebuah pantun pada umumnya pada bait pertama dan bait kedua tidaklah memilki arti tetapi hanya pembuka kata saja yang harus memenuhi syarat dan prosedur yang berlaku seperti jumlah suku kata tiap bait terdiri dari delapan sampai dua belas suku kata.

Prosedur ini sudah digunakan dalam pembuatan pantun ini kemudian pada bait kedua dank ke empat barulah masuk pada inti nasehat yang disampaikan yaitu Bersakit-sakit Dahulu, Baru Kemudian Bersenang-senang. Arti dari bait ketiga dan ke empat isinya adalah berupa nasehat kehidupan bahwa dalam hidup haruslah ada perjuangan untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan.

Segala sesuatu tidak ada yang terjadi dengan instan tanpa sebuah proses yang harus ditempuh dalam mewujudkannya seperti suatu prestasi, kesuksesan kerja maupun keinginan-keinginan lainnya. Seseorang yang memilki segudang prestasi pastilah melalui sebuah proses yang panjang dan keras dalam usaha belajarnya.

Sama halnya ketika seseorang memilki target kehidupan yang mapan atau berkecukupan tidak mungkin semua itu diraih tanpa kerja keras dan berpangku tangan saja. Tentunya seseorang akan melakukan segala cara dengan segenap kemampuannya agar meraih cita-cita yang diimpikan.

Kalau Ada Sumur Di Ladang Bolehlah Kita Menumpang Mandi, Kalau Ada Umurku Panjang Bolehlah Kita Berjumpa Lagi

Anda pasti sering mendengar pantun ini yang berarti menyampaikan bahwa setiap pertemuan pasti ada perpisahan dan pantun ini biasanya digunakan ketika seseorang hendak berpisah dengan temannya karena kepentingan suatu hal. Pantun Nasehat ini dimaksudkan agar seseorang saling berfikir positif ketika mengalami sebuah perpisahan baik dengan teman maupun rekan kerja bahkan sang kekasih.

Sekian ulasan yang membahas tentang Pantun Nasehat Paling Bijak “Paling Ampuh” semoga ulasan dari ayoksinau.com bisa bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya :