Nilai dan Manfaat Keanekaragaman Hayati Lengkap

Posted on

Nilai Keanekaragaman Hayati diantaranya adalah :

Nilai Ekonomi

Keanekaragaman hayati dapat dijadikan sebagai pemasok pendapatan yakni dapat menghasilkan devisa negara. Misal untuk bahan baku industri, rempah-rempah, dan perkebunan. Contoh bahan baku industri yaitu kayu gaharu dan cendana untuk industri kosmetik, kayu jati dan rotan untuk industri pembuatan lemari dan kursi, kopi dan teh untuk pembuatan minuman, padi dan kacang kedelai untuk bahan pokok yakni industri makanan, serta ubi kayu untuk menghasilkan alkohol. Contoh rempah-rempah yaitu lada, cengkih, dan pala. Contoh tanaman perkebunan yaitu kelapa sawit dan karet.

Nilai Biologis

Keanekaragaman hayati memiliki nilai biologis atau penunjang kehidupan bagi makhluk hidup termasuk manusia. Tumbuhan menghasilkan gas oksigen (02) yang diperlukan oleh makhluk hidup untuk pernapasan serta menghasilkan zat organik, misal buah, biji, dan umbi-umbian sebagai sumber makanan bagi makhluk hidup lain. Hewan dapat dijadikan bahan makanan dan bahan sandang oleh manusia. Beberapa jasad renik digunakan dalam pembuatan makanan, missal untuk membuat tempe, oncom, dan kecap. Nilai biologis penting lainnya yaitu sebagai sumber plasma nutfah (plasma benih).

Ekologis

Keanekaragaman hayati merupakan komponen ekosistem yang sangat penting, misal hutan

hujan tropis. Hutan hujan tropis mempunyai nilai ekologis  yang sangat penting bagi kehidupan dibumi.

  1. Sebagai paru-paru bumi. Kegiatan fotosintesis hutan hujan tropis dapat menurunkan kadar karbon dioksida (CO2) di atmosfer yang bisa membantu membersihkan pencemaran udara dan dapat mencegah terjadinya efek rumah kaca.
  2. bisa menjaga keseimbanganf suhu global, yaitu menjaga suhu dan kelembapan udara.

Nilai Sosial

Keanekaragaman hayati bisa dimuktahirkan menjadi alat hiburan dan pariwisata/rekreasi. Contoh tempat hiburan dan pariwisata/rekreasi yang sekaligus menjadi tempat pelestarian keanekaragaman hayati seperti contohnya taman-taman yang indah di kota Bandung. tempat tersebut mempunya keanekaragaman hayati yang sangat banyak. Ada beberapa tumbuhan dan hewan yang hidup di taman taman tersebut sebagai keanekaragaman hayati.

Manfaat Keanekaragaman Hayati

Sumber Pangan, Perumahan, dan Kesehatan

Contoh:

  • Padi sebagai bahan pangan.
  • Pohon jati dijadikan bahan untuk membuat bangunan atau bahan perumahan
  • Mengkudu sebagai obat tradisional.

Sumber Pendapatan/Devisa

Contoh:

  • Kayu, rotan, dan karet untuk bahan baku perindustran.
  • Cendana dan rumput laut untuk bahan baku kosmetik dan alat kecantikan lainya.

Sumber Plasma Nutfah

Di dalam hutan terdapat beberapa jenis tumbuhan dan hewan yang mempunyai sifat unggul. Maka dari itu, hutan dapat dijadikan sebagai sumber plasma nutfah/sumber gen.

Manfaat Ekologi

Selain berfungsi untuk menunjang kehidupan manusia, keanekaragaman hayati mempunyai andil untuk menjadikan ekosistem tetap berjalan.

Manfaat Keilmuan

Dapat dijadikan sebagai alat pengembang keilmuan bagi manusia di kehidupan mendatang.

Manfaat Keindahan

Berbagai jenis tumbuhan dan hewan dapat memperindah lingkungan

Demikianlah artikel tentang Nilai dan Manfaat Keanekaragaman Hayati dari ayoksinau.com semoga bermanfaat.

Baca Juga :