MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) – Pengertian, Sejarah, Tujuan dan Penjelasan Lengkap | Ayoksinau.com

Posted on

Pengertian MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) – Pada pembahasan kali ini Ayoksinau.com akan menjelaskan secara detail tentang pengertian pengertian MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN).

Pengertian MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN)

Pengertian dan Sejarah MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN)

MEA atau Masyarakat Ekonomi ASEAN merupakan sebuah intergrasi ekonomi ASEAN dalam menghadapi perdagangan bebas antar sesama negara-negara ASEAN.

Masyarakat Ekonomi ASEAN atau yang disingkat dengan MEA memiliki tujuan untuk mengintegrasikan perekonomian ASEAN dengan cara membangun sistem perdagangan bebas antar negara-negara anggota ASEAN. MEA adalah singkatan yang hadir dalam kata bahasa indonesia tapi pada dasarnya MEA itu adalah singkatan dari AEC (ASEAN Economic Community). Seluruh negara anggota ASEAN termasuk negara Indonesia telah menyepakati suatu perjanjian Masyarakat Ekonomi ASEAN tersebut.

Berdasarkan pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa MEA ialah sebuah sistem pasar bebas antara sesama negara anggota ASEAN yang menghilangkan pajak atau bea cukai serta kebebasan sebuah negara untuk memasukkan barangnya ke negara lainnya.

Masyarakat Ekonomi ASEAN diawali dengan dilaksanakannya KTT di Kuala Lumpur yakni pada 1997 dimana para pemimpin ASEAN sepakat memutuskan untuk memajukan ASEAN dengan menjadi suatu kawasan makmur, stabil dan sangat bersaing dalam perkembangan ekonomi yang berlaku adil dan dapat mengurangi kesenjangan dan kemiskinan sosial ekonomi (ASEAN Vision 2020).

Kemudian selanjutnya, pada KTT di Bali yakni pada Oktober pada tahun 2003, para pimpinan-pimpinan negara anggota  ASEAN menyepakati bahwa MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) akan dijadikan sebagai sebuah tujuan dari perilaku integrasi ekonomi regional di tahun 2020. Seluruh negara anggota ASEAN diharapkan dapat saling bekerja sama secara kuat dalam membangun MEA atau komunitas ASEAN di tahun 2020.

Selanjutnya pada bulan Agustus 2006 di Kuala Lumpur, Malaysia diadakan pertemuan dengan Menteri Ekonomi ASEAN. Para negara anggota ASEAN bersepakat untuk dapat memajukan MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) dengan target yang jelas dan tersusun dalam hal pelaksanaannya.

Pada Januari 2007 dilaksanakan pada KTT ASEAN yang ke-12. Para pemimpin negara mulai menyatakan komitmen mereka tentang percepatan pembentukan komunitas ASEAN di tahun 2015. Deklarasi CEBU yang telah ditandatangani dan berisi tentang percepatan dalam pembentukan MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) di tahun 2015 dan untuk melakukan pengubahan ASEAN menjadi suatu daerah perdagangan yang bebas barang, jasa, tenaga kerja terampil, investasi, dan aliran modal yang lebih bebas lagi.

Tujuan MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN)

Adapun tujuan MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) adalah sebagai berikut:

  1. Membangun suatu komunitas ekonomi tingkat ASEAN yaitu untuk negara-negara anggota ASEAN, untuk dijadikan sebagai suatu wadah integrasi ekonomi untuk kawasan ASEAN yang memiliki tingkat daya saing yang tinggi dan memiliki perekonomian yang makmur.
  2. Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan pengembangan kebudayaan khusus di wilayah ASEAN.

Kesiapan Indonesia Menghadapi MEA

Penerapan MEA dilaksanakan pada tahun 2015 ini memberikan peluang yang sangat besar bagi negara-negara pesertanya khususnya negara Indonesia. Negara Indonesia selalu berusaha untuk selalu  mempersiapkan diri dalam menyikapi ME, hal ini dapat terlihat dari tingkat pembangunan dan perkembangan infrastruktur penting diantaranya pelabuhan dan bandara yang dibagung di berbagai tempat di seluruh bagian negara Indonesia.

Jika dilihat dari segi pendidikan dan tingkat daya serap teknologi masyarakat Indonesia yang masih rendah, Indonesia jelas masih tertinggal jauh. Sehingga membuat produk Indonesia masih kalah saing dengan produk negara Hi-tech industri di ASEAN untuk segi biaya dan kualitasnya.

Agar Indonesia mampu menghadapi pasar bebas, budaya apresiasi produk dalam negeri akan mendorong berkembangnya merek-merek dalam negeri maka dibutuhkan peran dari pemerintah agar mampu membangun kemandirian Bangsa Indonesia. Dengan adanya perbaikan segera di bidang Infrastruktur, Pendidikan, Teknologi dan Birokrasi maka diharapkan Indonesia akan mampu bersaing pada MEA tersebut.

Demikianlah pembahasan Ayoksinau.com mengenai Pengertian MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN). Semoga dengan adanya ulasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda. Terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga:

Pengertian Visi, Manfaat Visi dan Contoh Visi | Ayoksinau.com

Pengertian Misi, Manfaat Misi dan Contoh Misi | Ayoksinau.com

Penjelasan Lengkap Tentang Lambang Pramuka | Ayoksinau.com

Artikel | Pengertian, Jenis-Jenis Artikel, Contoh-Contoh Artikel dan Cara Pembuatannya – Ayoksinau.com

Pengertian Wacana, Jenis-Jenis Dan Bentuk Wacana, Keutuhan Wacana, Contoh Wacana Ayoksinau.com