Manfaat dan Fungsi Jaringan Komputer di Berbagai Bidang (LENGKAP)

Posted on

Apa saja manfaat dari jaringan komputer?

Ketika membahas mengenai manfaat dari sistem jaringan komputer bagi diri kita, tentu saja tidak aka ada habisnya. Jaringan komputer telah bermanfaat dan membantu kehidupan manusia secara umum. Berikut ialah beberapa manfaat dari jaringan komputer dalam beberapa bidang :

A.Bidang Ekonomi

Dalam bidang ekonomi, tidak dapat dipungkiri, bahwa jaringan komputer mempunyai banyak sekali manfaat yang penting. Berikut ini adalah manfaat dari jaringan komputer pada bidang ekonomi :

1.Mempermudah proses penghitungan

Ekonomi ialah bidang yang sangat lekat dengan angka. Dengan timbulnya jaringan komputer pada bidang ekonomi akan lebih mempermudah proses hitung menghitung baik itu dari segi penghitungan untung rugi, inflasi, bahkan prediksi kondisi keuangan yang akan datang.

2.Memberikan informasi akurat mengenai kondisi ekonomi

Manfaat internet mendatangkan perkembangan terhadap jaringan komputer sendiri. Segala macam informasi yang berhubungan dengan kondisi ekonomi akan sangat lebih mudah dibagikan dan dilihat oleh banyak pihak, transparansi dari kondisi perekonomian akan lebih jelas dan transparan.

3.Menjadi lahan bisnis

Manfaat jaringan komputer juga dapat menjadi dasar seseorang dalam mengembangkan bisnisnya. Dengan adanya jaringan komputer dan manfaat dunia maya apapun bisnis yang ditekuni bisa dilakukan dengan mudah hanya dalam beberapa kali klik saja misalnya online shop. Sudah banyak yang sukses mengembangkan bisnis internet dan jaringan komputer, contohnya para blogger yang sudah terkenal saat ini.

B.Bidang teknologi

Dari segi teknologi sendiri, jaringan komputer mempunyai banyak sekali manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari jaringan komputer untuk perkembangan teknologi :

1.Mempermudah proses manufaktur

Hampir setiap pabrik manufaktur mempunyai mesin-mesin tertentu untuk membuat dan menciptakan suatu produk. Mesin-mesin tersebut dijalankan dengan memakai manfaat jaringan komputer, yang sudah di program khusus untuk mengerjakan beberapa pekerjaan.

2.Membantu mendeteksi kerusakan pada peralatan

Apabila terjadi suatu kerusakan ataupun malfungsi pada alat-alat tertentu, maka dibutuhkan alat untuk mengetahui kerusakan tersebut. Manfaat jaringan komputer akan sangat membantu mendeteksi masalah apa yang sudah terjadi pada alat tersebut dan dapat mencari pemecahan masalah yang tepat untuk mesin yang mengalami kerusakan tersebut.

Manfaat Lain Jaringan Komputer adalah

1.Mempermudah pekerjaan manusia

Dengan adanya jaringan komputer, sudah pasti beberapa pekerjaan manusia akan menjadi jauh lebih ringan dan lebih mudah. Paling tidak, pekerjaan manusia akan lebih terbantu dengan kehadiran dari jaringan komputer ini.

Salah satunya ialah pengembangan pada manfaat radioisotop bagi manusia.

2.Mengurangi terjadinya human error

Dengan adanya manfaat jaringan komputer ini, maka akan lebih mengurangi faktor kegagalan suatu produk atau kecelakaan yang melibatkan faktor human error. Jaringan komputer mempunyai sifat yang rigid, yang artinya akan melakukan apapun sesuai dengan apa yang di perintahkan, sehingga pastinya akan mengurangi human error.

3.Mempersingkat waktu

Beberapa kegiatan akan sangat memakan waktu tanpa memakai jaringan komputer. Misalnya ketika kita harus panjang mengantri untuk mendaftar sesuatu. Mengantri ialah salah satu kegiatan yang sangat membuang-buang waktu dan akan sangat efektif jika antrian ditiadakan dan dapat dibantu dengan memunculan jaringan komputer, sehingga bisa dilakukan secara online.

Itulah usalan dari ayoksinau.com mengenai beberapa manfaat dari jaringan komputer bagi kehidupan kita,Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel menarik dibawah ini: