Makna, Contoh Dan Bentuk Bela Negara Menurut Banyak Sumber

Posted on

Makna, Contoh Dan Bentuk Bela Negara

Bela negara adalah salah satu bentuk sikap, tekad dan kecintaan setiap warga negara kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan UUD 1945 dan Pancasila dalam menjamin kelangsungan hidup negara dan bangsa Indonesia.

Bela negara juga bisa diartikan sebagai sebuah semangat dan berani berkorban apapun demi keutuhan tanah air, baik harta ataupun nyawa sekalipun harus siap dipertaruhkan untuk menjaga keutuhan dan juga keamanan negara republik Indonesia.

Bentuk tekad, sikap dan juga kecintaan yang menjadi salah satu bentuk bela negara bukan semata-mata menjadi tugas TNI, akan tetapi bela negara menjadi tugas setiap warga negara dari semua lapisan masyarakat sesuai dengan profesi dan juga kemampuan yang dimilikinya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Konsep bela negara bisa diartikan menjadi 2 golongan, yaitu fisik dan non-fisik. Jika diartikan secara fisik, maka bela negara bisa dilakukan dengan mengangkat senjata untuk memerangi musuh dan menghadapi setiap serangan atau agresi musuh. Sementara arti dari bela negara secara non-fisik bisa didefinisikan menjadi segala bentuk upaya atau usaha untuk mempertahankan dan mengamankan Negara dengan melalui cara meningkatkan rasa nasionalisme dalam diri setiap warga negara.

Rasa nasionalisme itu sendiri berarti jiwa yang memiliki kesadaran dalam hidup berbangsa dan bernegara, menanamkan rasa cinta terhadap tanah air, serta ikut berperan aktif dalam segala bentuk yang bisa memajukan bangsa dan juga negara.

Bagi setiap warga negara Indonesia usaha dalam bela negara harus dilandasi oleh rasa kecintaan pada tanah air dan juga kesadaran dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dengan meyakini pancasila sebagai sebuah dasar negara serta UUD 1945 yang menjadi landasan konstitusi bangsa negara. Maka dari itu setiap warga negara hendaklah selalu menjaga kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia dengan tetap menjaga semboyan “Bhineka Tunggal Ika” yang artinya berbeda-beda namun tetap satu.

Indonesia memiliki banyak sekali suku, bahasa, agama dan juga adat istiadat. Hal inilah yang menjadikan bangsa Indonesia menjadi negara yang kaya akan sejarah, kebudayaan dan juga sumber daya alam. Sudah sepatutnya para pemuda membangun dan memajukan negara Indonesia dengan semangat perjuangan dan tidak saling mencemooh meskipun berbeda agama, berbeda suku dan berbeda pula bahasanya. Karena kekayaan yang dimiliki Indonesia menjadi salah satu kelebihan yang tidak dimiliki oleh negara lain.

Semangat berjuang generasi muda dalam mengekspresikan bentuk bela negara bisa dengan cara tetap menjaga nilai budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia dengan tidak memamerkan ciri westernisasi. Tidak pula menyalahgunakan obat-obatan terlarang seperti narkoba, sabu dan jenis obat terlarang lainnya. Kecintaan para generasi muda dalam bentuk bela negara Indonesia harus selalu dijaga agar rasa kesadaran sosial dan juga perhatian kepada sesama semakin tinggi.

Para generasi muda yang harus selalu siap bela negara juga harus siap menghadapi tantangan kemajuan globalisasi. Karena bentuk bela negara dengan kesadaran seperti itu harus ditumbuhkan dan dijaga melalui proses motivasi untuk ikut serta dalam membela negara dan untuk mencintai tanah air Indonesia.

sekian ulasan tentang Makna, Contoh Dan Bentuk Bela Negara Menurut Banyak Sumber semoga artikel dari ayoksinau.com bisa bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya :