Makalah Pengantar Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Bayi

Posted on

MAKALAH

gambar sistem pakar

PENGANTAR SISTEM PAKAR

“ SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT BAYI “

BAB I

PENDAHULUAN

PENDAHULUAN

Didalam ilmu kedokteran sangat mengalami perubahan yang sagat tinggi/ besar yang dimana kita dapat mengetahui berbagai macam banyak penyakit yang ada saat ini, dan tidak banyak pula penyakit yang belum mendapat solusi untuk menyembuhkannya.

Banyak para ahli yang selalu mencoba utuk mencari solusi atas pengetahuan barunya tentang penyakit agar pasiennya bisa mendapatkan penanganan yang terbaik.

Kita sama-sama tahu bahwa kesehatan adalah suatu hal yang sangat berharga yang dimana kesehatan merupakan aset yang paling berharga dalam hidup. Dengan begitu kita harus bisa menjaga kesehatan tubuh kita, terutama kesehatan pada anak-anak, seperti yang kita tahu bahwa anak-anak sangat rentan terserang penyaikit.

Tidak banyak orang tua yang sangat kurang paham tentang penyakit, sehingga kebanyak orang tua lebih yakin kepada para dokter atau ahli pakar kesehatan anak untuk memberikan solusi atas penyakit yang diderita anaknya saat itu. Namun seperti yang kita tahu bahwa tidak selamanya dokter selalu ada di rumah sakit, ada kalanya dokter cuti, atau dinas ketempat lain sehingga pasien tidak dapat melakukan pengecekan atas penyakit yang sedang diderita anaknya. Maka dari itu orang tua sangat membutuhkan suatu pakar yang dapat memberikan solusi untuk penyakit yang sedang anaknya alami.

Sistem pakar dapat dianggap sebagai dokter alternatif bagi orang tua, yang dimana sistem pakar dapat memberikan solusi dan memberikan masukan apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak harus dilakukan untuk menangani penyakit tersebut, sehingga orang tua tidak harus khawatir jika ketika ia ingin memeriksakan anknya kedokter namun dokter tersebut sedang cuti, karena orang tua bisa menggunakan Sistem Pakar.

BATASAN MASALAH

Batasan masalah yang digunakan pada tugas ini adalah

1. Sistem Pakar akan digunakan untuk komputer PC

2. Data-data yang tersedia hanya untuk penyakit pada anak balita (5thn kebawah).

3. Memakai metode inferensi forward chaining untuk penarikan kesimpulan

4. Interaksi antara user dan sistem menggunakan pertanyaan berupa gejala yang sudah tampak pada fisik maupun sikap pada anak. Dimana nanti user diminta untuk memilih gejala yang sudah terdapat pada daftar penyakit .

5. Jenis penyakit yang didiagnosa didominan dengan penyakit pada daerah yang teropis seperti yang ada di indonesia.

6. Tidak ada komplikasin penyakit yang diderita anak.

7. Output dari Sistem pakar ini yaitu berupa Jenis peyakit pada anak.

TUJUAN PENELITIAN

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk membuat suatu program sistem pakar  tentang diagnosa penyakit yang dimana program ini nanti bisa membantu bahkan memudahkan penggunanya untuk menggunakannya.

MANFAAT PENELITIAN

Manfaat dari tugas ini adalah :

Untuk memberikan kemudahan bagi orang tua atau user tentang penanganan terhadap penyakit pada anak. Sehingga orang tua bisa melakukan penanganan lebih cepat terhadap anaknya.

METODE PENELITIAN

Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah :

1.Studi Literatule

Pengumpulan data dengan cara mengumpulkan literatur beberapa jurnal, paper  dan bacaan-bacaan yang berkaitan dengan judul penelitian.

2. Wawancara

Yaitu mengumpulkan data dengan cara melakukan tanya jawab dengan pakar penyakit anak.

3. Observasi

Pengumpulan data dengan cara mengadakan penelitian dan peninjauan langsung terhadap masalah yang diambil.

ANALISIS KEBUTUHAN

Pada tahap ini dilakukan pengumpulan fakta-fakta yang mendukung perancangan sistem dengan cara melakukan konsultasi kepada sistem pakar penyakit (dokter ahli anak ) dengan data yang sudah ada sebelumnya.

BAB II

ISI

BASIS PENGETAHUAN

Setiap tahun sekitar 4 juta bayi meninggal pada bulan pertama kelahiran, tidak banyak pula yang meninggal pada minggu pertama, masalah yang banyak terjadi pada minggu pertama yaitu biasanya karena komplikasi kehamilan, kurangnya berat badan saat lahir. Indonesia sangat renten erhadap penyakit seperti itu, dan masalah tersebut sebenarnya dapat di atasi asal dengan penanganan yang tepat.

Seharusnya orang tua bisa perperan selayaknya dokter, bidan maupun perawat yang ada di Rumah sakit sehingga penangannya bisa lebih cepat dilakukan.

MODEL REPRESETASI PENGETAHUAN

Model representasi pengetahuan :

1. Logika

Logika merupakan suatu pengkajian ilmiah tentang beberapa penalaran, dan prosedur yang membantu proses penalaran.

2. Kaidah Produksi

Kaidah produksi di tulis dengan bentuk jika-maka (if-Then), kaidah ini menghubungkan antesenden dengan konsekuensi yang diakibatkan.

3. Pohon Keputusan

Pohon (tree) keputusan merupakan suatu metode struktur yang terdiri dari node (simpul) yang dapat menyimpan informasi atau pengtahuan dan cabang yang menghubungkan node.

4. Table Keputusan

Decision table digunakan ketika aturan yang ada saling bebas. Baris yang ada dalam decision table dapat mengandung pertanyaan dengan beberapa alternatif jawaban, hasil sementara, dan solusinya.Metode Inferensi

Metode ini merupakan suatu cara penarikan kesimpulan yang dilakukan oleh mesin inferensi untuk menyelesaikan masalah, terdapat dua metode inferensi yang umum dalam sistem pakar.

FLOW CHART SISTEM

DATA FLOW DIAGRAM

Diagram Konteks

DFD LEVEL 2

PERANCANGAN DATA BASE

ERD

Berikut ini adalah ERD yan digunkan untuk mendapatkan sebuah rancangan database yang dapat mengakomodasi penyimpana data terhadap sistem yang sedang ditinjau.

TABLE DATABASE

Table User

Nama table : tbuser

Fungsi : menyimpan data user dan hasil analisa

field Type Data Panjang Keterangan
Kd_Pasien varchar 15 Primary Key
Nm_Pasien varchar 25
J_kl varchar 3
Umur int 3

Table Gejala

Nama : tbgejala

Fungsi : menginput data gejala

field Type Data Panjang Keterangan
Kd_gjl char 15 Primary Key
Nm_gjl varchar 20  

 

Table Pertanyaan

Nama Table : tbpertanyaan

Fungsi : Menginput data pertanyaan

field Type Data Panjang Keterangan
Kd_prt char 15 Primary Key
Nm_prt varchar 20

 

Table Penyakit

Nama Table : tbpenyakit

Fungsi : menginputkan data penyakit

field Type Data Panjang Keterangan
Kd_pny varchar 15 Primary Key
Nm_pny varchar 25
Definsi varchar 15
Saran varchar 30

PERANCANGAN INTERFACE

PERANCANGAN MASUKAN DATA USER

BAB III

KESIMPULAN DAN SARAN

Kesimpulan

Dari sini saya bisa mengambil kesimpulan yaitu, metode inferensi yang digunakan pada sistem pakar ini cukup terbatas khususnya pada penggunaan data penyakit yang sederhana atau tidak kompleks.

Saran

Berdasarkan keimpulan yang sudah diambil, maka dapat ditemukan saran yang akan sangat membantu untuk aplikasi sistem pakar yang telh dibuat ini agar dapat dikembangkan lebih lanjut lagi dengan merancang metode iferensi ini seperti backward chaining untuk dapat penyakit yeng lebih kompleks sehingga sistem dapat dengan mudah menjelaskan secara tapat tujuan yang akan dipenuhi.

Baca Juga artikel lain dari ayoksinau.com :