Macam-Macam Serangan Pada Komputer (LENGKAP)

Posted on

1.Intrusion

Pada penyerang jenis ini , seseorang penyerang akan bisa menggunakan system computer yang kita  miliki , sebagaian penyerang jenis ini menginginkan akses sebagaimana halnya pengguna yang mempunyai hak untuk mengakses system.

 

2.Intelligence

Intelligence ialah para hacker atau Cracker yang melakukan suatu kegiatan guna mengumpulkan segala informasi yang berkaitan dengan system target, berbagai cara bisa ditempuh guna mendapatkan informasi tersebut , baik melalui internet , mencari buku –buku maupun jurnal.

 

3.Land Attack

LAND attack ialah salah satu macam serangan terhadap suatu server/komputer yang terhubung dalam suatu jaringan yang bertujuan guna menghentikan layanan yang diberikan oleh server tersebut sehingga terjadi gangguan pada layanan ataupun jaringan komputer tersebut.

 

4.Logic Bomb

Logic Bomb adalah Program yang dimasukan ke dalam sebuah computer yang bekerja guna memeriksa kumpulan kondisi di system , apabila kondisi – kondisi yang dimaksud ditemukan oleh program tersebut , maka program akan mengeksekusi perintah – perintah yang terdapatdi dalamnya .

 

5.Operation System Fingerprinting

Istilah ini mengacu kepada kegiatan menganalisis sistem operasi pada sistem yang akan diserang. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan. CAra yang paling umum ialah melakukan telnet ke server. Jika server yang dituju mempunyai fasilitas telnet, biasaya ada banner yang menunjukkan sistem operasi yang dipakai.

 

6.Smurf Attack

Smurf Attack ialah serangan yang dilakukan dengan mengubah alamat IP dari datangnya request atau (IP Spoofing). Penggunaan IP Spoofing jenis ini memungkinkan respon dari ping tadi yang dialamatkan ke kompute yang alamatnya dipalsukan. Akibatnya, komputer akan dibanjiri paket data. Hal tersebut akan mengakibatkan pemborosan bandwith jaringan. Komputer bisa juga menjadi hang karena terus dibanjiri dengan paket data.

 

7.Scanning

Scanning merupakan kegiatan para hacker atau cracker untuk mengidentifikasi sistem yang menjadi target serangan dan juga mencari celah keamanan yang akan digunakan untuk menembus suatu sistem. Kegiatan scanning dari sisi jaringan sangat berisik dan juga mudah dikenali, kecuali apabila menggunkan stealth scanning. Scanning tool yang paling terkenal ialah nmap. Selain itu ada juga SuperScan dan UltraScan yang banyak dipakai pada sistem Windows.

 

8.Back door

Seperti namanya, Backdoor adalah suatu akses “pintu belakang” yang diciptakan hacker setelah berhasil menjebol suatu sistem. Hal tersebut dimaksudkan agar para hacker mudah mendapat akses kembali ke dalam sistem yang sudah diserangnya tadi.

 

Demikian lah tadi artikel dari ayoksinau.com mengenai Macam-Macam Serangan Pada Komputer, semoga menambah wawasan anda semua, dan jangan lupa baca artikel debawah ini;