Macam-Macam Pasar & Pengertiannya Lengkap | Ayoksinau.com

Posted on

Macam-Macam Pasar – Hai kawan kawan sekalian, pada pembahasan kali ini kita akan membahas materi tentang macam macam pasar yang ada di dunia, tentunya pasar-pasar yang sering kita temui. Karena pasar dapat dibedakan menjadi beberapa, jadi kita akan membahas macam macam pasar tersebut satu persatu. Setelah sebelumnya kita juga telah memahami tentang pengertian pasar serta fungsi dan peranan pasar. Maka dari itu perlu juga membahas dan memahami materi berikut ini.

gambar macam-macam pasar

Pasar pasar yang ada pada masyarakat saat ini dapat dibedakan menurut wujudnya, waktunya, banyaknya penjual dan pembeli, luasnya kegiatan serta jenis barang yang diperjual belikan pada pasar tersebut

Pasar Berdasarkan Luas Kegiatannya

Pada pasar yang berdasarkan luas kegiatannya ini dapat dikelompokkan lagi menjadi beberapa, diantaranya adalah sebagai berikut

1. Pasar Lokal (Pasar Setempat)

Pasar lokal atau sering disebut dengan pasar setempat mungkin saja letaknya tidak jauh dari tempat tinggal kalian. Pasar lokal atau pasar setempat merupakan suatu tempat yang mempertemukan anara penjual dan pembeli dari satu daerah setempat saja.

Contoh Pasar Lokal (pasar setempat) : pasar desa

2. Pasar Daerah (Pasar WIlayah)

Selain yang disebutkan diatas, terdapat juga pasar daerah (pasar wilayah). Pasar derah adalah suatu tempat mempertemukannya penjual dan pembeli dari suatu daerah tertentu. Letak pasar derah ini biasanya terletak di Ibu Kota Kabupaten, Ibu Kota Provinsi ataupun di pusat kota.

Contoh pasar Daerah (pasar wilayah) : Pasar Klewer di daerah Solo, Pasar Beringharjo di Yogyakarta

3. Pasar Nasional

Pasar nasional merupakan pasar yang didalamnya mempertemukan antara penjual dan pembeli dari berbagai wilayah dalam suatu negara (tingkat nasional).

Contoh Pasar Nasional : Bursa Efek di Jakarta (BEJ)

4. Pasar Internasional

Selain disebutkan 3 kelompok pasar diatar, terdapat juga pasar Internasional. Pasar Internasional  merupakan pasar yang mempertemukan antara penjual dan pembeli dari berbagai negara yang ada di dunia.

Contoh pasar Internasional : pasar kopi di Brasil, pasar karet di New York dan Amerika.

Baca juga :

Pasar Berdasarkan Wujudnya (segi fisik)

Berdasarkan wujudnya pasar dapat dikelompokkan menjadi 2, diantaranya adalah sebagai berikut

gambar Pasar Berdasarkan Wujudnya

1. Pasar Kongkret (Pasar Nyata)

Pasar Kongktet atau Pasar nyata merupakan tempat yang digunakan untuk memperjual belikan barang ataupun jasa dan juga barang-barang ataupun jasa yang diperjual belikan didalam pasar tersebut

2. Pasar Abstrak (Pasar Tidak Nyata)

Selain jenis pasar Kongkret, terdapat juga pasar Abstrak. Pasar Abstrak merupakan pasar dimana antara penjual menawarkan barang hanya dengan memperlihatkan contohnya saja. Jadi penjuan dan pembeli tidak langsung datang kepasar. Proses jual beli dapat dilakukan lewat telfon, faksmili, surat pesanan ataupun dengan internet (online).

Contoh Pasar Abstrak : pasar tenaga kerja dan bursa efek di Jakarta

Pasar Berdasarkan Waktunya

Berdasarkan waktunya pasar dapat dikelompokkan menjadi 3 jenis, diantaranya adalah sebagai berikut

1. Pasar Harian

Pasar harian merupakan pasar yang hampir setiap hari menyediakan barang barang kebutuhan sehari-hari serta terjadi proses jual beli antara penjual dan pembeli.

2. Pasar Mingguan

Pasar mingguan merupakan pasar yang terjadi proses jual beli hanya seminggu sekali.

Contohnya : Pasar Minggu

3. Pasar Bulanan

Sebenarnya jika kita amati, ada juga pasar yang beraktivitas sebulan sekali. Pasar tersebut disebut dengan pasar bulanan. Pasar bulanan merupakan pasar yang terjadinya proses transaksi jual beli hanya sebulan sekali.

Contohnya : Pasar yang ada di daerah perkebunan kelapa sawit di Sumatra Utara yang hanya ada setiap sebulan sekali.

4. Pasar Tahunan

Pasar tahunan, seperti dengan namanya, pasar ini hanya terjadi setahun sekali. Pasar tahunan ini biasanya terjadi apabila ada suatu peristiwa-peristiwa penting atau ketika ada suatu peringatan yang diperingati setiap tahun.

5. Pasar Temporer

Pasar temporer ini merupakan pasar yang terjadi sewaktu-waktu dalam waktu yang tidak tertentu.

Contohnya : Pasar Murah dan Pasar Tiban.

Pasar Berdasarkan Jenis Barang yang Diperjual belikan

Berdasarkan barang yang diperjualbelikan, pasar dapat dikelompokkan menjadi 2 jenis, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Pasar Barang Konsumsi (Pasar Output)

Pasar barang konsumsi ini merupakan pasar yang digunakan untuk memperjualbelikan barang konsumsi.

Contoh Pasar Barang Konsumsi : pasar buah-buahan, pasar sayur-sayuran, pasar ikan dan masih banyak lagi.

2. Pasar Faktor Produksi (Pasar Output)

Pasar faktor produksi yaitu pasar yang digunakan untuk kegiatan memperjualbelikan faktor-faktor produksi, seperti bahan baku, tenaga mesin serta mesin yang dapat digunakan untuk memproduksi barang lain.

Baca juga artikel di bawah ini :

Demikianlah ulasan dari ayoksinau.com yang mengenai macam-macam pasar dan pengertiannya.