5 Macam Konflik Dan Akibatnya [BESERTA CONTOH]

Posted on

Konflik dan Akibatnya

Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial yang harus selalu hidup bersama dengan orang lain. Tidak ada seseoang di dunia ini yang dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Dalam dunia usaha tanpa adanya kerja sama yang baik dengan orang lain suatu usaha tidak mungkin behasil. Maka dari itu kita harus bisa bekerjasama dengan baik.

Didalam dunia usaha, kehidupan manusia khususnya dalam berwirausaha sering sekali terjadi berbagai masalah atau konflik. Konflik dapat timbul dari dalam perusahaan atau dari luar perusahaan, semua itu merupakan tantangan bagi para wirausahawan untuk menyelesaikannya dengan baik.

Dalam lingkungan tempat kerja, sering terjadi konflik sehingga menimbulkan ketidak nyamanan dalam bekerja. Apabila konflik tersebut tidak segera diatasi maka akan berakibat tidak baik bagi keberhasilan perusahaan, orang akan menjadi malas dalam bekerja sehingga pekerjaan akan terbengkalai atau tidak dapat selesai sesuai dengan rencana yang telah ditentukan, oleh karna itu kita harus menghindari adanya konflik.

Macam-Macam konflik

1. Konflik pribadi

Yaitu suatu konflik (pertentangan) yang berlangsung antara individu satu dengan individu yang lain, misalnya : konflik antara dua orang yang terjadi dalam suatu bagian peusahaan yang disebabkan karena saling mempertahankan pendapatnya masing-masing.

2. Konflik kelas social

Yaitu suatu konflik yang terjadi karena perbedaan status social yang ada dalam masyarakat, misalnya : konflik antara orang yang memiliki status social tinggi dan status social rendah.

3. Konflik rasial

Yaitu konflik yang terjadi antara suku yang selalu membeda – bedakan ras, atau pengelompokan manusia berdasarkan cirri biologis. Konflik yang terjadi karena setiap pihak saling mempermasalahkan perbedaan  ciri – ciri fisik

4. Konflik antar golongan masyarakat

Yaitu cara bert6indak dalam menghadapi masalah, terjadinnya pertentangan antara kelompok disebabkan oleh adanya kelompok yang setuju dengan RUU ada pula yang tidak setujuKonflik bersifat international

5. Konflik international disebabkan kaena perbedaan kepentinan yang kemudian melibatkan banyak Negara yang lain.

Akibat Konflik Sosial

Konflik yang   terjadi dimasyarakat membawa sejumlah akibat yang mesti ditanggung oleh warga masyarakat, adalah sebagai berikut :

  • Bertambahnya solidaritas anggota kelompok
  • Jika pertentangan terjadi antara golongan-golongan dalam satu kelompok akan goyah.
  • Berubahnya kepribadian individu yang mempunyai hubungan jiwa dengan setiap pihak yang terlibat konflik.
  • Hancurnya harta benda dan jatuhnya korban jiwa karena yang terlibat konflik akan mengerahkan kekuatan untuk mengalahkan lawan.
  • Jika setiap pihak yang berkonflik mempunyai kekuatan seimbang maka mungkin timbul akomodasi.
  • Jika kekuatan pihak yang bertikai tidak seimbang akan terjadi dominasi oleh pihak yang kuat atau pihak yang lemah.

Demikianlah artikel dari Ayoksinau.com mengenai Macam-Macam Konflik Dan Akibatnya, semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Baca Juga : 10 Keuntungan Menjadi Wirausaha Sukses 100%