Macam Macam Jaringan Nirkabel dan Penjelasannya besera gangguan dalam nirkabel

Posted on

ayoksinau.com – Jaringan wireless atau nirkabel merupakan Teteknologi jaringan yang memanfaatkan gelombang elektromagnetik melalui udara sebagai media guna mengirim informasi dari pengirim ke penerima beberapa teknologi wireless yang telah dikembangkan antara lain adalah :wifi,bluetooth, vsat,wiax,

sama halnya dengan jaringan yang berbasis kabel maka jaringan nirkabel bisa diklasifikasikan ke dalam beberapa tipe yang berbeda berdasarakan pada jarak dimana data bisa ditransmisikan

Wireless wide are networks atau disingkat wwans

teknologi wwan memungkinkan pengguna guna membangun koneksi nirkabel malalui jaringan publik maupun privat.koneksi ini bisa mencakup suatu daerah yang sangat luas misalnya kota atau negara melalui penggunaan beberapa antena atau juga dengan sistem satelit yang diselenggarakan oleh penyelenggara jasa telekomunikasinya.

Wireless metropolitan area network atau disebut dengan wmans

teknologi wman memungkinakan pengguna guna membuat koneksi nirkabel antara beberapa lokasi di dalam koneksi nirkabel antara beberapa lokasi didalam suatu kota atau pun pada kampus/universitas.wman bisa bertindak sebagai backup bagi jaringan jaringan berbasis kabel dan dia akan aktif apabila jaringa yang berbasis kabel mengalami gangguan.wman memakai gelombang radio

Wireless local area networks atau disebut dengan wlans

teknologi wlan ini membolehkan pengguna untuk membangun jaringan nirkabel dalam suatu area yang sifatnya lokal.wan bisa digunakan pada kantor sementara atau yang mana instalasi kabel permanen tidak diperblehkan ataupun wlan terkadang dibangun sebagai sup,emen LAN

Wireless personal are networks atau disingkat dengan wpans

teknologi wan ini membolehkan pengguna untuk membangun suatu jaringan nirkabel(adhoc)bagi peratni sederhana misalnya pda,telepon seluler atau laptop.ini bisa digunakan dalam ruang operasi personal(personal operating space atau pos)

selain jaringan nirkabel ataupun yang lebih dikenal dengan wifi.

Kendala atau gangguan dalam nirkabel

Sistem nirkabel ini menggunakan gelombang radio bersifat elektromagnetik yang tentu saja rawan dengan gangguan. Gangguan yang ada dalam jaringan nirkabel antara lain adalah:

Intermittence ialah adanya penghalang berupa benda antara pengirim dan penerima sehingga sinyal yang dilewatkan terhalang dan putus-putus. Para ilmuwan di bidang ini sudah mencoba meminimalisir dampak ini dengan memakai sistem modulasi yang berbeda-beda. Untuk teknologi nirkabel pada saat ini, penghalang benda sudah dpaat diatasi, kecuali beton setelah 50 cm di dalam basemen suatu gedung.

Multipath ialah propagasi radio yang diterima oleh suatu alat penerima mengalami penggandaan kareena terpantul dan melalui banyak jalur. Hal ini lah membuat modulator kebingungan menerjemahkan sinyal. Akan tetapi saat ini problem tersebut sudah teratasi, terutama sesudah keluarnya standar IEEE 802.11n memakai sistem dual antena.

Sinyal teredam oleh obstacle. Penyebab utamanya ialah air. Air adalah musuh dari gelombang elektromagnetik. Air dapat dalam bentuk hujan atau kabut. Kandungan air ini bisa membuat gelombang teredam atau memantul ke segala arah sampai kekuatan pancaran menjadi sangat lemah. Hal ini biasanya dialami pada jaringan wireless yang berjarak lumayan jauh.

Wireless memiliki sifat broadcast dikarenakan pola radiasinya bisa memancar ke segala arah. Inilah yang menyebabkan semua terminal bisa menerima sinyal dari pengirim. Akan tetapi hal ini membuat keamanannya menjadi rentan terhadap penyadapan. Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan sistem enkripsi dalam transmisi datanya.

demikian lah artikel dari ayoksinau.com mengenai Macam Macam Jaringan Nirkabel dan Penjelasannya besera gangguan dalam nirkabel, semoga bermanfaat.

baca juga artikel dibawah ini: