Daftar Macam-macam Bunga Yang Sangat Cantik & Indah | Ayoksinau.com

Posted on

Macam Macam Bunga – Pada pembahasan kali ini kita akan membahas macam-macam bunga yang ada di dunia. Tentunya kalian sudah tidak asing lagi dengan yang namanya bunga. Bunga sendiri memiliki macam macamnya, itupun disesuaikan dengan bentuk dan juga tempatnya. Mungkin bunga yang paling populer yang sering kalian dengar yaitu bunga mawar, bunga melati dan bunga raflesia. Akan tetapi masih banyak bunga diluar sana yang mungkin belum kalian ketahui.

Macam Macam Bunga

gambar macam-macam bunga

Langsung saja untuk lebih jelasnya tentang macam macam bunga, mari kita simak artikel di bawah ini.

1. Bunga Mawar

Mendengar istilah bunga mawar, tentunya kalian sudah tidak asing lagi. Bunga mawar merupakan bunga yang termasuk dari jenis tanaman semak dari genius rosa yang sekaligus nama bunga yang terdapat pada bunga ini. Bunga mawar sendiri terdapat sekitar 100 jenis spesies.

Bunga mawar sebenarnya bukan termasuk  jenis tanaman tropis. Akan tetapi ada beberapa spesies bunga mawar yang ada di Asia Tenggara.

Bunga mawar sendiri dapat digolongkan menjadi 3 macam, diantaranya yaitu mawar liar, mawar hasil persilangan dan mawar memanjat.

Sedangkan jenis mawar yang sangat terkenal dan sebagian besar ada di Indonesia yaitu jenis Medium dan Hybird Tea.

2. Bunga Anggrek

Bunga anggrek, bunga yang satu ini juga sudah tidak asing lagi apabila kita dengar. Bunga anggrek ini memiliki jenis yang cukup banyak, salah satu jenis bunga anggrek yang paling populer adalah bunga anggrek bulan. Bunga anggrek ini bisa dikatangan bunga yang sangat populer, sehingga banyak orang yang kemudian mulai membudidayakan jenis bunga ini. Bunga anggrek merupakan salah satu jenis tumbuhan yang proses hidupnya menumpang atau menempel pada tumbuhan atau pohon lain. Bunga anggrek ini memiliki ciri yang sangat khusus dan berbeda diantaranya memiliki akar yang serbaguna, memiliki warna yang cerah serta bentuknya yang mirip seperti serangga.

3. Bunga Sepatu

Bunga sepatu dapat dikatakan sebagai jenis bunga lengkap dikarenakan bunga jenis ini memiliki bagian-bagian dan struktur penyusun bunga yang lengkap. Bagian bagian dari bunga sepatu yaitu bunga sepatu memiliki mahkota bunga, kelopak bunga, kepala putik, putik dan juga benang sari. Selain dari bagian dan struktur bunganya, berdasarkan alat kelaminnya, bunga sepatu juga tergolong dalam jenis bunga sempurna dikarenakan memiliki putik dan benang sari dalam satu bunga.

Baca juga :

4. Bunga Raflesia

gambar Bunga Rafflesia

Bunga raflesia adalah sejenis tumbuhan berbunga dengan ukuran bunga yang besar, spesies bunga Rafflesia arnoldii dapat dikatakan spesies bunga yang terbesar di dunia dengan dengan ukuran sekitar  91 cm ukuran diameternya, 1.9 cm (3/4 inci) tebal dan juga memiliki berat  kurang lebih sekitar 7 kilogram. Bunga Rafflesia arnoldii yang pertama telah direkodkan atau ditemukan oleh Sir Stamford Raffles dan Dr Joseph Arnold pada tahun 1816, maka dari itu bunga tersebut diberi nama mereka. Bunga Rafflesia arnoldii ini memiliki ciri yang sangat khas yaitu memiliki aroma atau bau yang amat sangat busuk, yang lain dari bunga bunga yang sering kita kenal yang biasanya memiliki aroma atau bau yang harum dan wangi.

5. Bunga Lili

Bunga lily merupakan bunga musim panas, lalu kenapa di sebut dengan bunga musim panas? Bunga ini dijuluki bunga musim panas dikarenakan bunga ini tumbuh subur pada cuaca panas. Bunga dengan nama latin marganya (genius). Bunga lily ini berasal dari kawasan Asia Barat yang tumbuh dengan warna-warna yang sangat indah dengan variasi warna yang berbeda-beda. Ciri-ciri dari bunga lily ini yaitu memiliki kelopak bunga yang lebar seperti terompet, memiliki daun yang hijau terang serta ditopang dengan tangkai yang memanjang.

Selain memiliki bentuk yang indah, bunga lily kebanyakan juga memberikan aroma yang semerbak wangi. Maka dari itu bunga lily sering dijuluki sebagai ratu taman oleh para penggemar bunga atau pecinta bunga.

6. Bunga Matahari

Bunga matahari merupakan jenis tumbuhan semusim dari yang berasal dari suku kenikir-kenikiran. Bunga matahari ini dapat masuk golongan tanaman hias maupun jenis tanaman penghasil minyak. Bunga matahari ini memiliki bentuk yang khas yaitu memiliki ukuran yang besar, yang kebanyakan berwarna kuning terang, dilengkapi dengan kepala bunga yang besar (ukuran diameter bunga matahari ini bisa mencapai 30 cm).

Bunga matahari ini sebetulnya merupakan bunga majemuk, dikarenakan tersusun dari ratusan sampai ribuan bunga yang kecil pada satu bongkol bunganya. Selain memiliki bentuk yang khas bunga Matahari juga memiliki perilaku khas, seperti bunganya selalu menghadap atau condong ke arah matahari.

7. Bunga Tulip

Bunga tulip merupakan jenis tumbuhan tahunan berumbi yang memiliki tingg kurang lebih sekitar 10–70 cm. Ciri dari bunga tulip ini yaitu memiliki daun yang berbentuk lilin, berbentuk sempit memanjang berwarna hijau nuansa kebiru-biruan, dan bunganya berukuran besar terdiri 6 helai daun mahkota. Tulip dari hasil persilangan akan menghasilkan bunga berwarna tunggal, merah, oranye, kuning, hijau, biru, ungu, atau berbagai macam kombinasi dan gradasi warna. Tulip menghasilkan biji-biji berbentuk bundar pipih yang dibungkus kapsul kering.

Demikianlah ulasan mengenai macam-macam bunga, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda, kunjungi terus ayoksinau.com

Baca juga ulasan menarik lainnya :