Macam Macam Bangun Ruang, Bentuk & Rumusnya | Ayoksinau.com

Posted on

Macam Macam Bangun Ruang – Pada pembahasan kali ini kita akan sama-sama mengulas materi dari pelajaran matematika. Mungkin ada banyak dari teman-teman yang tidak suka dengan matematika dikarenakan, apabila sudah membahas matematika yang ada dalam pikiran adalah kerumitan tentang rumus-rumus hehe, akan tetapi ada yang beranggapan juga belajar matematika adalah hal yang menarik, karena penuh dengan teka teki selain itu, dalam matematika juga merupakan ilmu yang pasti.

gambar macam macam bangun ruang

Nah pada pembahasan materi kali ini kita akan membahas mengenai macam-macam bangun ruang. Sudah ada yang tau apa itu bangun ruang? Apa saja bangun ruang yang ada disekitar kita?

Jadi agar lebih jelas tentang bangun ruang, pendidikanindo akan mengulas secara detail tentang bangun ruang dan macam-macamnya.

Macam Macam Bangun Ruang

Kubus

Bangun ruang yang pertama kita bahas adalah kubus, Kubus merupakan suatu bangun ruang yang memiliki panjang rusuk yang sama antara rusuk yang satu dengan rusuk yang lainnya atau suatu bangun yang di batasi oleh enam buah sisi-sisi yang sama. Kubus juga merupakan bangun ruang tiga dimensi.

Balok

Balok adalah suatu bangun ruang tiga dimensi yang terbentuk dariempat buah persegi panjang dan 2 buah persegi yang saling tegak lurus. Bangun ruang balok sering jumpai dalam kehidupan kita sehari-hari diantarany kayu balok, lemari pakaian, kulkas atau lemari es.

Prisma Segitiga

Prisma yaitu suatu bangun ruang tiga dimensi yang memiliki alas dan atap yang berbentuk segitiga dengan ukuran yang sama. Pada prisma segitiga ini memiliki ciri-ciri diantaranya yaitu memiliki sembilan buah rusuk, memiliki lima bidang sisi dan memiliki enam buah titik sudut.

Limas

Limas merupakan suatu bangun ruang yang memiliki bidang alas segi banyak. Dari bidang alas tersebut akan dapat dibentuk suatu sisi berbentuk segitiga yang akan bertemu pada satu titik. Limas juga memiliki tinggi yang tegal lurus dari puncak limas ke alas limas selain itu nama limas juga akan ditentukan dari bentuk alasnya. Limas terbagi menjadi beberapa macam yaitu limas segitiga, limas segiempat, limas segilima, limas segienam.

Baca juga :

Kerucut

gambar kerucut

Kerucut adalah sebuah bangun ruang yang memiliki sebuah alas dengan bentuk lingkaran dan memiliki selimut yang berbentuk irisan dari suatu lingkaran. Pada bangun ruang kerucut ini terdapat dua buah bidang sisi yaitu bidang sisi lingkaran yang merupakan alasnya dan bidang selimut. Pada kerucut ini terdapat satu titik sudut dan memiliki dua buah rusuk.

Tabung

Tabung merupakan suatu bangun ruang yang memiliki sisi alas dan sisi tutup berbentuk lingkaran, apabila dalam sisi tegak tabung memiliki lengkungan yang isebut dengan selimut tabung. Tabung akan dapat dilihat tingginya yaitu kita dapat melihat jarak alas dengan jarak tutup.

Bola

Bangun ruang bola yaitu sebuah bangun ruang tiga dimensi yang di mana permukaannya memiliki jarak yang sama pada titik pusatnya. Bangun ruang bola adalah suatu bangun ruang yang dibatasi dengan sisi lengkung. Bangun ruang bola ini hanya memiliki satu buah bidang sisi serta tidak memiliki rusuk.

Baca juga artikel di bawah ini :

Demikianlah ulasan dari ayoksinau.com yang mengenai macam bangunan ruang, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda.