Lumut Kerak – Info Lengkap Penjelasan, Ciri-ciri, Manfaat & COntohnya | Ayoksinau.com

Posted on

lumut kerak – Lumut Kerak atau lichens adalah simbiosis antara jamur dan ganggang. Jamur simbiosis disebut mycobion, biasanya jenis Ascomycota, sedangkan ganggang simbiosis disebut fikobion, biasanya spesies Cyanobacteria dan Chlorophyta.

Saat ini, ada sekitar 18.000 spesies lumut yang disebarluaskan di berbagai habitat seperti kulit kayu, kayu membusuk, bebatuan dan di tanah yang memiliki ketahanan terhadap panas, dingin dan kekeringan.

Karakteristik dan Jenis Lumut kerak

gambar lumut kerak

Sebagian besar talus lumut kerak terdiri dari hifa jamur yang terjalin satu sama lain dan kuat, menyerupai spons yang bisa menyerap air. Ada juga rhizoid yang fungsinya menempel pada permukaan substrat yang bisa menyerap garam mineral beserta airnya. Ganggang memperoleh garam air dan mineral dari jamur yang kemudian digunakan dalam proses fotosintesis dimana beberapa hasilnya dikembalikan ke jamur. Mikobia jamur bisa bereproduksi dengan aksospra yang terbentuk di apotesium. Spora yang dihasilkan akan tumbuh perlahan dan membentuk hifa. Saat hifa memenuhi ganggang yang sesuai, mereka akan tumbuh dan membentuk talus baru.

Reproduksi yang paling umum kita jumpai adalah perkembangan vegetatif dengan fragmentasi atau soredio. Soredium terdiri dari satu atau lebih ganggang yang dibungkus dengan hifa jamur. Takus yang patah atau bahkan soredium bisa saja terbawa bersama dengan tiupan angin atau air yang menuju ke tempat lain sehingga bisa tumbuh menjadi lumut kerak yang baru.

Lumut kerang memiliki peranan yang sangat penting, alasan itu dikarenakan lumut mempunyai kemampuan untuk hiudp atau tumbuh pada tempat yang bisa dibilang sangat sulit untuk tumbuh oleh jenis-jebis tumbuhan lain. Lumut kulit kayu dapat tumbuh di bebatuan dan perlahan menggerogoti bebatuan untuk hancur dan membentuk lapisan tanah baru. Di kutub utara ada juga lumut kerak yang disebut Cladonia, yaitu makanan untuk hewan liar dan ternak di sana. Selain itu, lumut juga bisa digunakan sebagai ramuan dalam pembuatan obat-obatan, industri kimia, pengolahan parfum dan indikator tingkat polusi di suatu daerah.

  • Krustos (seperti kerak).
  • Folios (seperti daun).
  • Dan Fruktikos (seperti semak).

Untuk ukuran lumut kerak sendiri sangat bervariasi, dari bentuk yang sangat kecil hingga panjang beberapa meter.

Talus lumut kerak memang sebagian besarnya terdiri dari hifa jamur yang sangat rapat, bentuk yang menyerupai spons karena bisa menghisap atau menyerap air. Ada rhizoid yang bertindak sebagai perekat pada permukaan substrat dan menyerap air dan garam mineral. Ganggang memperoleh garam air dan mineral dari jamur yang digunakan untuk fotosintesis, sebagian diberikan pada jamur.

Jamur mikobia jamur dengan askospora terbentuk di apotesium. Spora yang dihasilkan akan tumbuh dalam hifa. Bila hypha menemukan alga yang sesuai maka akan tumbuh membentuk talus baru.

Untuk pembiakan krustasea lumut lebih sering terjadi reproduksi vegetatif dengan fragmentasi atau dengan soredium. Soredium terdiri dari satu atau beberapa alga yang dibungkus dengan hifa jamur. Angin atau air bisa mengangkut kelopak-kelopak yang rusak atau berlabuh ke tempat lain dan tumbuh membentuk lumut kulit baru.

Kulit kayu manis memainkan peran penting dalam suksesi karena kemampuannya tumbuh di tempat yang tidak memungkinkan tanaman hidup. Kulit kayu manis bisa hidup di bebatuan yang perlahan dilumatkan untuk membentuk lapisan tanah, lumut Clover Cladonia yang menutupi area yang luas di wilayah Arktik menjadi makanan bagi ternak dan hewan liar yang tinggal di sana.

Baca juga :

Pengertian rokok dan bahaya merokok | Ayoksinau.com

Pengertian, Ragam Hingga Jenis-Jenis Seni Grafis | Ayoksinau.com

Manfaat lumut kerak

gambar lumut kerak di pohon kayu

 

Bukan itu saja, kulit lumut banyak sekali digunakan sebagai bahan obat, digunakan dalam industri kimia, parfum dalam proses pewarnaan dan penyamakan dan digunakan sebagai indikator tingkat pencemaran di daerah yang ditempatinya.

Contoh Lumut Kerak

  • Parmelia

Tinggal di kulit kayu, tanah, dinding dan batu-batu.

  • Grafis

Tinggal di cabang atau batang pohon.

  • Usnea (lumut jenggot)

Di batang pohon di pegunungan dan bisa digunakan untuk jamu.

Baca juga :

Pengertian Musik Ansambel Lengkap Beserta Contohnya | Ayoksinau.com

Macam Macam Bangun Ruang, Bentuk & Rumusnya | Ayoksinau.com

Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli dan Ciri-Cirinya | Ayoksinau.com

3 Pengertian Perpindahan Kalor (Konduksi, Konveksi & Radiasi) | Ayoksinau.com

Demikianlah ulasan mengenenai info lengkap lumut kerak, semoga dengan adanya artikel ini bisa lebih menambah wawasan dan pengetahuan anda, untuk informasi lainnya kunjungi terus ayoksinau.com