Dimanakah Letak Geografis Indonesia Sebenarnya

Posted on

Letak Geografis Indonesia

Sebagai warga Negara yang baik, sudah menjadi keharusan bahwa kita selayaknya harus wajib mengetahui letak geografis Indonesia. Dengan mengetahui letak geografis Indonesia, maka dapat membantu kita supaya bisa mengetahui kedudukan atau letak wilayah Indonesia apabila dibandingkan dengan daerah-daerah lain. Tak hanya itu, dengan mengetahui letak geografis Indonesia juga dapat melihat potensi yang di miliki sebuah Negara.

Ada cara mudah untuk bisa mengetahui letak geografis Indonesia, yaitu dengan melihat peta dunia, globe atau atlas. Bisa lihat bahwa secara geografis Indonesia terletak di antara 2 benua yaitu benua Australia dan benua Asia serta berada di antara 2 samudera yaitu samudera Hindia dan Pasifik. Oleh sebab itu, dapat di katakan bahwa Indonesia berada di silang dunia yang menjadikan pusat jalur lalu lintas dunia. Itulah sebabnya bahwa Indonesia memiliki posisi yang strategis.

Beberapa alasan letak geografis Indonesia antara lain :

  • Indonesia berada di persilangan lalu lintas dunia yang terbilang ramai sehingga dalam segi ekonomi sangat menguntungkan.
  • Indonesia mempunyai tiga iklim yaitu iklim tropis, iklim musim dan iklim laut.
  • Iklim tropis menyebabkan udara rata-rata menjadi panas karena Indonesia terletak di sekitar garis khatulistiwa.
  • Iklim musim terjadi karena adanya pengaruh angina musim yang bertiup berganti arah yang terjadi setiap setengah tahun sekali. Terjadi pada bulan Oktober-April, angina bertiup berasal dari barat daya yang mempunyai sifat basah sehingga menimbulkan musim hujan. Sedangkan pada bulan April smpai bulan Oktober angin kering bertiup dari arah timur laut sehingga menjadikan Indonesia musim kemarau.
  • Iklim laut, dikarenakan oleh kondisi Indonesia yang di kelilingi laut dan samudera yang membuat Indonesia mengalami banyak musim penghujan.

Selain letak geografis, dalam skala mikro Indonesia memang berbatasan langsung dengan Negara-negara lain. Untuk sebelah utaranya, berbatasan langsung dengan Malaysia, Filipina dan Singapura, sebelah selatannya berbatasan dengan Australia. Sebelah timur berbetasan dengan papua nugini dan disebalah barat berbatasan dengan samudera hindia.

Letak Geologis Indonesia

Untuk letak Indonesia berdasarkan geologis yaitu letak suatu wilayah berdasarkan dengan keadaan geologinya. Berdasarkan geologinya Indonesia dikategorikan menjadi 3 daerah  yaitu :

  • Daerah dangkalan sunda
  • Daerah dangkalan sahul
  • Daerah antara dangkalan sunda dan dangkalan sahul.

Untuk Indonesia bagian barat merupakan bagian dari benua Asia, bagian timur merupakan bagian dari Benua Australia, sedangkan untuk Indonesia bagian tengah merupakan peralihan yang disebut dengan daerah Wallace. Jika dilihat dari jalur pegunungan yang tersebar di Indonesia, kepulauan Indonesia ada di antara 2 rangkaian pegunungan muda.

Di Indonesia pegunungan yang terletak di bagian barat merupakan serangkaian pegunungan dari sirkum Mediterania, sedangkan pegunungan Indonesia yang berada di bagian timur merupakan bagian dari pegunungan Sirkum Pasifik. Dengan adanya hal tersebut menjadikan letak geologis Indonesia memilki banyak Negara berapi yang masih aktif dan laut yang berada di bagian barat dan timur Indonesia menjadi dangkal.

Sekian ulasan tentang Letak Geografis Indonesia semoga artikel dari ayoksinau.com bisa bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya :