[LENGKAP]10 Pengertian Belajar Menurut Para Ahli

Posted on

Pengertian Belajar

Secara Etimlogi kata belajar diartikan dari kata learning dalam bahasa inggris. Dengan belajar seseorang dapat membentuk pribadi dan karakter individu hampir sebagian besar perkembangan kepribadian individu diperoleh dari proses belajar. Mungkin anda sudah sering mendengar kata belajar tetapi belum dapat mengartikan secara etimologis, mari kita simak beberapa penjabaran ayoksinau.com mengenai pengertian belajar menurut para ahli :

  1. Muhammad Muzammil al Basyir (1995) menyebutkan belajar adalah “Amaliyatun taghayyiru suluki al-talamidz natijat al-istijabah limuatsiraatin muhaddadatin wayuhdatsu hadza taggayur tahta syurut al-asasiyah mitslu al-nadhaja wa al-isti’dad wa al-mumarsah li ghardhi isybaai’ al-hajaati wa al-dawaafi”.
  1. Surya (1997) menyebutkan bahwa belajar adalah suatu proses yang dilakukan oleh individu untuk memperoleh perubahan prilaku baru secara keseluruhan, sebagai hasil dari pengalaman individu itu senddiri dalam berinteraksi dengan lingkungannya.
  1. Witherington (1952) mengartikan bahwa belajar merupakan perubahan yang dimanifestasikan sebagai pola tanggapan yang baru berbentuk kebiasaan, sikap, keterampilan, kecakapan dan pengetahuan.
  1. Crow dan Crow (1958) mengartikan bahwa belajar adalah diperolehnya kebiasaaan-kebiasaan, pengetahuan dan sikap baru.
  1. Hilgard (1962) mengatakan bahwa belajar adalah proses dimana suatu prilaku muncul atau berubah karena respon terhadap suatu situasi.
  1. Thompson (1970) mengungkapkan bahwa belajar adalah perubahan perilaku yang relative menetap sebagai hasil dari pengalaman.
  1. Gage dan Berliner belajar adalah suatu proses perubahan prilaku yang muncul karena pengalaman.
  2. Syah (2006) mengatakan bahwa belajar adalah tahapan perubahan seluruh tingkah laku individu yang relative menetap sebagai hasil pengalaman dan interaksi dengan lingkungan yang melibatkan proses kognitif.
  1. Slameto (2003) menyebutkan bahwa belajar adalah suratu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara menyeluruh, sebagai hasil dari pengalaman dirinya sendiri. Dalam interaksi dengan areanya/lingkungannya.
  1. Sardiman (2005) menyatakan bahwa belajar merupakan suatu perubahan tingkah laku atau penampilan, dengan berbagai kegiatan seperti misalnya mengamati, membaca, meniru, mendengarkan  dan lain sebagainya.

Setetelah menelaah pengertian belajar menurut para ahli di atas terdapat beberapak kata kunci yang sama dari belajar itu sendiri.  Kesamaan nya terdapat pada kata “perbahan prilaku” dengan demikian dapat dikatakan seseorang belajar apabila terdapat perubahan proses prilaku, kita dapat mengukur diri kita sendiri ada atau tidak kah proses perubahan menjadi lebih baik, jika jawaban nya tidak maka   itu berarti kita tidak pernah yang nama nya belajar walaupun hanya berawal dari hal yang sepele. Karna di sebutkan oleh ahli juga diatas bahwa dari pengalam kita dapat belajar.

Baik itu pengalaman yang baik atau buruk, semua itu semata mata untuk menjadikan diri kita lebih baik lagi agar diri ini merasa bahawa ilmu yang di dapatnya belumlah cukup untuk menjadikan prilakunya lebih baik.

Demikian artikel tentang 10 Pengertian Belajar Menurut Para Ahli, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Juga : Definisi dan Klasifikasi Statistik Lengkap