Konsep Ilmu Dan Teknologi Menurut Pandangan Agama Islam

Posted on

Konsep Ilmu Dan Teknologi

Ilmu dan pengetahuan tidak memikul tanggung jawab secara penuh untuk menurunkan nilai manusia, mengurangi rasa kemanusiaannya dan kebaikan manusia tertentu, sepanjang kesehatan dan kemampuan manusia untuk berfikir menjadi begitu rapuh, dari pada ketidak benaran para orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang menyebabkan ilmu tersebut berkembang dalam areal yang matrealistis dan membiarkan semua itu dieksploitasi oleh kelompok-kelompok yang tidak bertanggung jawab. Banyak keadaan yang menghawatirkan yang mungkin tidak terjadi jika orang orang yang memiliki ilmu benar-benar menjaga kesadaran dari tanggung jawab sosialnya.

teknologi-ilmu

Jika ilmu pengetahuan benar langsung berasal dari kepandaian manusia yang mengarah pada keabadian tanpa mengharapkan imbalan materi, melakukan nya dengan senang hati dan penelitian detail atau keberadaan sesuatu untuk menemukan kebenaran yang mutlak dan mengikuti metode yang ditentukan untuk mencapai suatu tujuan , apa yang bisa kita katakan tentang ilmu modern yang tidak bisa memenuhi harapan kita.

Jika belajar tanpa prasangka (asumsi) dan konsep awal, Al-Quran menunjukan kalau Al-Quran menyatakan tentang kecintaan atas pengetahuan dan kemanusiaan, hukum dan perintah/aturan. Al-Quran penuh dengan ayat-ayat himbauan kepada kita untuk mempelajari alam, yang nampak sebagai tempat untuk menunjukan hasilkarya illahi. Al –Quran juga menyarankan kita mempertimbangkan antara ciptaan dan yang diciptakan, melaksanakan aturan-aturan dengan sebaik baiknya dan menggunakannya pada setiap hal yang membawa manfaat bagi semua orang.  Menurut Islam semua hal utama yang berkaitan dengan pencarian ilmu pengetahuan dengan kepercayaan,cinta dan sikap mendahulukan kepentikangn umum. Kemanusiaan sudah tampak dalam praktek yang ideal, contoh kehidupan dari Nabi Muhammad SAW dan petunjuk dari semua utusan yang semua sikap dan tingkah lakunya patut diikuti.

Jadi sebenarnaya apa yang ditakuti dari suatu ilmu pengetahuan? Rencana tingkah laku yang berdasarkan pada pengetahuan terkadang menyebabkan hasil yang tidak baik. Tentunya ketidak tahuan dan ketidak organisasian selalu membawa dampak yang buruk. Bertolak dari hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Kita harus bias menggunakan hasil tersebut untuk kebahagiaan manusia. Disinilah yang menjadi masalah utama, karena kita tidak bisa melawan waktu atau menghapuskan bom nuklir dan bom air yang merupakan hasil dari ilmu pengetahuan.

Meskipun pengetahuan bisa menjadikan senjata yang membahayakan dalam tangan kelompok kelompok yang tidak bertanggung jawab kita tidak boleh ragu untuk mengambil keduanya dan hasilnya dan kemudian meggunakannya guna membangun peradaban dimana kita bisa membangun kebahagiaan kita di dunia ini dan di dunia mendatang. Tidak ada gunanya jka tidak setuju dengan adanya mesin dan pabrik karena mesin dan pabrik akan tetap beroprasi. Ilmu dan hasilnya akan memberikan manfaat bagi kita jika kebenaran dan kepercayaan orang mulai langsung berkaitan dengan masalah yang kita miliki.

Kita tidak pernah merasa bahaya dengan adanya senjata yang dipegang oleh seorang malaikat. apapun yang terjadi semua kita percaya memang itu mungkin ada baiknya. situasi seperti ini berlangsung sampai kita membangun fondasi iman dan ilmu.

Ditulis oleh : Ayoksinau.com

Baca Juga : Mengapa Kita Harus Belajar?