Klasifikasi Mahluk Hidup 5 Kingdom

Posted on

ayoksinau.com – Klasifikasi makhluk hidup didasarkan kepada pemikiran oleh para ahli dalam mengelompokkan makhluk hidup yang sesuai dengan syarat internasional. Oleh sebab itu, klasifikasi makhluk hidup yang ada sangat lah beragam, karena para ahli mempunyai pemikirannya masing-masing.Seperti yang telah kita ketahui, makhluk hidup di bumi sangat bervariasi, coba teman perhatikan lingkungan sekitar teman, mungkin sangat sulit untuk mengelompokkan makhluk hidup yang ada pada berbagai macam golongan.

Berikut ialah sedikit penjelasan mengenai ciri-ciri umum dari 5 kingdom berdasarkan klasifikasi nya:

1.Monera

Monera merupakan kingdom makhluk hidup yang tidak mempunyai membran inti (organisme prokariot). Akan tetapi, meskipun tidak mempunyai membran inti, organisme ini memiliki bahan inti, bahan inti itu ialah berupa asam inti atau DNA. Contoh Organisme prokariot ialah bakteri. Semua kegiatan hidup monera, misalnya pertukran zat dan pengembangbiakkan, dilakukan oleh sel itu sendiri.

2.Ciri Protista

Protista merupakan kingdom makhluk hidup yang terdiri dari satu sel atau banyak sel dan mempunyai membran inti(organisme eukariot). Semua kegiatan hidup protista dilakukan oleh sel itu sendiri. Kegiatan hidup tersebut mencakup makan, pertukaran gas, bergerak, menanggapi rangsangan, dan berkembangbiak. Protista dikelompokkan secara sederhana menjadi protista mirip hewan (protozoa) dan juga protista mirip tumbuhan (alga), serta protista mirip jamur. Alga mempunyai klorofil untu melkukan proses fotosintesis sehingga bisa menghasilkan makanan senndiri, sebaliknya, protozoa tidak mempunyai klorofil sehingga tidak bisa menghasilkan makanannya sendiri.Protista mirip jamur mempunyai cara reproduksi yang mirip jamur.

3.Ciri Fungi

Fungi atau jamur adalah kingdom makhluk hidup yang tidak mempunyai kloroplas. Tubuh jamur ada yang terdiri dari satu sel yang berbentuk benang, atau tersusun dari kumpulan benang, dinding selnya tersusun atas zat kitin (misalnya pada kuku manusia). Ternyata ktin lah yang membuat jamur tidak bisa dikelompokkan menjadi tumbuhan atau hewan.

4.Ciri Plantae (Tumbuhan)

Plantae atau kingdom tumbuhan merupakan makhluk hidup bersel banyak yang mempunyai kloroplas. Didalam kloroplas terkandung klorofil. Oleh sebab itu mempunyai klorofil, maka tumbuhan melakukan fotosintesis. Sel tumbuhan termasuk eukariot (memiliki membran inti) dan juga dinding selnya tersusun dari selulosa. Tumbuhan umumnya mempunyai akar, batang, dan daun, kecuali lumut yang mempunyai akar semu (rizoid). Perkembangbiakkan tumbuhan terjadi secara kawin dan juga tak kawin. Perkembangbiakkan secara kawin dilakukan pada  organ khusus yang menghasilkan sel gamet. Tumbuhan biji sebagai hasi fertilisasi atau pembuahan.

5.Ciri Animalia (Hewan)

Animalia ialah kingdom hewan. Sel-selnay memiliki membran inti (eukariot) dan tidak mempunyai kloroplas. Selain itu, sle hewan tidak mempunyai dinding sel, berbeda dengan tumbuhan, hewan bisa bergerak aktif dan mempunyai sistem saraf.

Sedangkan kelompok virus yang tidak termasuk kedalam 5 kingdom tersebut mempunyai  ciri-ciri sebagai berikut

a.Virus hanya mempunyai satu jenis protein inti (DNA saja atau RNA aja).

b.Tubuh Virus berukuran lebih kecil dari pada sel.

c.Reproduksi virus yaitu terjadi dengan cara mengkopi asam inti.

Demikian lah artikel dari ayoksinau.com mengenai Klasifikasi Mahluk Hidup 5 Kingdomsemoga menambah wawasan teman semua.

baca juga artikel dibawah ini: