Klasifikasi dan Fungsi Tulang Lengkap

Posted on

Klasifikasi Tulang

Kerangka aksial membentuk garis panjang pada tubuh dan termasuk tulang-tulang tengkorak, tulang belakang, dan tulang rusuk. Secara umum tulang-tulang ini melindungi, mendukung, atau membawa bagian tubuh lainnya.

Kerangka apendikularis terdiri dari tulang-tulang tungkai atas dan bawah, tulang bahu dan tulang pinggul yang ada pada anggota badan untuk kerangka aksial. Tulang tungkai membantu manusia bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain sebagai penggerak.

Tulang terdari dari berbagai ukuran dan bentuk. Misalnya, tulang berbentuk seperti kacang dipergelangan tangan dengan ukuran sebesar kacang polong, sedangkan femur (tulang paha) ukurannya sepanjang dua kaki dan beberapa orang bisa lebih besar, tulang kepala (batok kepala) berbentuk seperti bola. Bentuk yang unik dari setiap tulang memiliki fungsi tertentu. Femur  contohnya, tahan terhadap tekanan yang besar, dan desain tulang berongga pada silinder memberikan kekuatan maksimum dengan berat minimum untuk mengakomodasi postur tegak tubuh.

Pada umumnya, tulang diklasifikasikan berdasarkan bentuk :

  • Tulang panjang, sebagai nama mereka menyarankan, yang jauh lebih lama dari pada mereka yang luas. Sebuah tulang panjang memiliki poros ditambah dua ujung yang sering diperluas. Semua tulang tungkai kecuali patela tempurung lutut dan pergelangan tangan dan pergelangan kaki tulang tulang panjang. Perhatikan bahwa tulang-tulang ini diberi nama untuk bentuk memanjang mereka, bukan ukuran mereka secara keseluruhan. Tiga tulang di setiap jari Anda tulang panjang, meskipun mereka kecil.
  • Tulang pendek, secara visual berbentuk seperti kubus. Tulang-tulang pergelangan tangan dan pergelangan kaki adalah contohnya. tulang sesamoid adalah jenis khusus dari tulang pendek yang terbentuk dalam tendon misalnya patela. Tulang pendek bervariasi dalam ukuran dan jumlah pada individu yang berbeda. Beberapa tulang sesamoid bertindak untuk mengubah arah tarikan tendon.
  • Tulang datar tipis, pipih, dan biasanya bentuknya sedikit melengkung. Seperti diantaranya: Sternum yakni tulang dada, skapula atau tulang belikat, tulang rusuk, dan sebagian tulang tengkorak yang berbentuk pipih.
  • Tulang tidak teratur, sesuai dengan nama nya bentuk tulang ini tidak teratur dengan begitu baik walaupun nama nya tulang tidak teratur fungsinya sangat berpengaruh dalam pergerakan tubuh manusia Contohnya adalah tulang punggung dan tulang pinggul.

Fungsi dari tulang :

  • Sebagai pendukung, tulang menyediakan kerangka yang menyokong badan dan menyangga organ tubuh. contohnya, tulang tungkai bawah yang berfungsi sebagai tiang untuk mendukung tubuh ketika kita berdiri, dan tulang rusuk mendukung dinding dada.
  • Perlindungan, tulang tengkorak melindungi otak. Tulang punggung mengelilingi sumsum tulang belakang, dan tulang rusuk membantu melindungi organ-organ vital thorax.
  • Penggerak, otot rangka, yang menempel pada tulang dengan tendon, menggunakan tulang sebagai tuas untuk memindahkan tubuh dan bagian-bagiannya. Akibatnya, kita dapat berjalan, memegang benda, dan bernafas.
  • Penyimpanan mineral dan faktor pertumbuhan. Tulang adalah reservoir untuk mineral, yang paling penting kalsium dan fosfat. mineral yang tersimpan dan dilepaskan ke dalam aliran darah dalam bentuk ion yang diperlukan untuk distribusi ke seluruh bagian tubuh. Penarikan mineral ke dan dari tulang berjalan hampir terus-menerus.
  • Pembentukan sel darah, kebanyakan pembentukan sel darah, atau hematopoiesis, terjadi pada rongga sumsum merah tulang tertentu.
  • Tempat Penyimpanan, Trigliserida atau lemak yang berguna sumber energi bagi tubuh, disimpan dalam rongga tulang.
  • Memproduksi hormon, Tulang memembentu hormon osteocalcin, hormon ini tidak hanya membantu mengatur pembentukan tulang, tetapi juga melindungi terhadap obesitas, intoleransi glukosa, dan diabetes mellitus.

Demikianlah artikel tentang Klasifikasi dan Fungsi Tulang Lengkap dari ayoksinau.com semoga bermanfaat.

Baca Juga :