Jenis–Jenis Jaringan Komputer ,Pengertian dan Penjelasannya (LENGKAP)

Posted on

Komputer saat ini sudah merupakan salah satu alat dan juga perangkat yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Hampir segala pekerjaan yang dilakukan oleh manusia menggunakan bantuan komputer, misalnya mengetik, menulis, hingga melakukan pekerjaan seperti merakit mesin dan masih banyak lagi. Komputer sendiri memang merupakan salah satu penemuan terbaik yang pernah diciptakan oleh manusia, yang sangat berguna dan juga bermanfaat.

Jaringan komputer pada saat ini sudah terdiri dari beragam jenis dan juga macam. Berikut ini ialah jenis – jenis jaringan komputer, yang biasa kita gunakan sehari – hari:

Jenis Jaringan Berdasarkan Jangkauannya

1.LAN

LAN ialah kependekan dari Local Area Network. Dari namanya saja kita sudah tau bahwa jaringan LAN ini merupakan tipe jaringan paling sederhana dan juga paling kecil ruang lingkupnya. Biasanya jaringan LAN digunakan dalam ruang lingkup kecil, misalnnya satu ruangan, satu rumah, satu sekolah, ataupun satu warnet.

Dengan memakai model jaringan LAN, maka seluruh komputer dalam satu ruangan tersebut dapat terkoneksi satu sama lain. LAN ini ialah jaringan yang kasat mata yang hanya berjalan pada radius beberapa meter saja, oleh karena itu jaringan ini jaringan terkecil bila di bandingkan dengan lingkung jaringan lainnya.

Meski jaringan komputer LAN ini mempunyai lingkup yang kecil namun speed yang dimilikinya tidak kalah dengan jaringan lainnya, jaringan LAN ini cukup stabil dengan penggunaan PC user yang standar dalam satu wilayah.

Jaringan ini juga lebih akan memudahkan setiap user dalam membagikan file dengan cara sharing yang lebih ringkas dan cepat. Kelebihan lainnya dari jaringan LAN ialah biaya oprasional yang relatif kecil karena lebih sedikit menggunakan kabel yaitu hanya satu ruangan saja.

2.MAN

MAN ialah Metropolitan Area Network, adalah kumpulan dari beberapa jaringan LAN yang menjadi satu, dengan demikian bisa tersambung dalam ruang lingkup yang lebih besar dari satu ruangan saja. Biasanya, MAN diaplikasikan untuk mengkoneksikan komputer melalui jaringan, pada satu kota tertentu. Akan tetapi di Indonesia, penggunaan MAN tidak berkembang dan sangat jarang sekali digunakan.

Jaringan komputer MAN ini padahal lebih efisien untuk cakupan yang lebih luas, dengan memakai tipe jaringan MAN ini para user akan lebih mudah mengakses data dari user lainnya meski lokasi mereka tidaklah dekat. Jaringan ini lebih sering di gunakan oleh gedung-gedung yang memiliki keterkaitan satu sama lain, misalnya gedung perkantoran.

Tentunya manfaat jaringan komputer ini sangatlah berguna oleh beberapa instansi yang memang menggunakan jaringan MAN dalam kegiatan pekerjaan mereka. Selain memang lebih memudahkan dalam pengiriman file dari satu tempat ke tempat lainnya, penggunaan jaringan MAN ini juga lebih efektif untuk di gunakan secara bersamaan.

3.WAN

WAN ialah jaringan yang jauh lebih luas ruang lingkupnya, contohnya satu negara, satu benua, bahkan satu dunia. Internet yang biasa kita gunakan termasuk ke dalam jaringan WAN atau Wide Area Network, karena bisa menghubungkan komputer kita dengan jaringan seluruh dunia.

Teknologi jaringan WAN ini menggunakan kabel yang terletak di dalam tanah maupun di dasar laut, maka dari itu jaringan yang tercakup lebih luas bahkan antar benua dan banyak negara. Terdapat jenis-jenis kabel jaringan komputer yang biasa di gunakan, dan kebel yang di gunakan untuk jaringan WAN ini memakai kabel fiber optic yang cukup kuat sehingga rentan akan kerusakan meski tertanam di dalam tanah maupun di lautan.

Kelebihan dari jaringan ini mempunyai speed yang cukup baik dan stabil, pertukaran informasi yang di lakukanpun lebih aman dan terarah. Karena menyangkut hubungan antar negara maka jaringan ini cukup baik di bandingkan jaringan LAN dan jaringan MAN. Akan tetapi terdapat kekurangan juga dari jaringan WAN ini, yaitu biaya oprasional yang cukup tinggi sebab harus menyediakan kabel yang lebih banyak dan biaya maintenance untuk jaringan agar lebih aman.

Demikian artikel dari ayoksinau.com mengenai Jenis–Jenis Jaringan Komputer – Pengertian dan Penjelasannya, semoga bermanfaat bagi teman-teman.

Baca juga artike dibawah ini;