Inilah Pengertian Bela Negara Beserta Contoh Penerapannya

Posted on

Inilah Pengertian Bela Negara Beserta Contoh Penerapannya

Setiap warga negara wajib memiliki sikap bela negara yang membuktikan bahwa dirinya cinta kepada negaranya. Cinta kepada negara bukan hanya tugas seorang TNI ataupun POLRI melainkan tugas seluruh rakyat Indonesia baik itu yang laki-laki ataupun perempuan.

Nah, apa sih pengertian bela negara itu? Yuk mari simak pengertiaannya berikut ini :

Bela negara adalah sikap dan perilaku yang ditunjukkan oleh setiap warga negara untuk melindungi negaranya yang dijiwai dengan kecintaannya terhadap NKRI dan berdasarkan dengan UUD 1945 serta Pancasila.

Sikap bela negara tidak hanya diwujudkan dengan mengikuti perang saja, melainkan bisa juga diwujudkan dengan menekuni profesi masing-masing seperti halnya seorang guru yang bersungguh-sungguh dalam mendidik murid-muridnya, seorang dokter yang berkontribusi untuk mengobati pasiennya tanpa pandang bulu, seorang pemimpin yang mampu mengayomi rakyatnya, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Setiap warga negara wajib mengetahui pengertian bela negara dan juga mempraktekannya sesuai dengan profesi masing-masing. Tak melulu harus menjadi anggota TNI atau POLRI terlebih dahulu untuk dapat melaksanakan bela negara, karena sejatinya bela negara memang harus dilaksanakan oleh setiap warganya.

Wujud cinta terhadap negara bisa diwujudkan dengan hal-hal kecil seperti:

  1. Melestarikan budaya
  2. Belajar dengan tekun dan rajin bagi pelajar
  3. Mematuhi peraturan yang berlaku di Indonesia
  4. Mencintai produk yang berasal dari Indonesia
  5. Menjalankan profesi dengan sepenuh hati
  6. Ikut serta dalam melestarikan lingkungan
  7. Tidak mencoreng nama baik negara Indonesia
  8. Menolong sesama yang membutuhkan.

Jadi, memahami pengertian bela negara saja belum cukup untuk menjadi warga negara yang baik. Untuk itu, Anda perlu menjiwai dan menerapkan sikap bela negara dalam kondisi dan situasi apapun. Sekecil apapun kebaikan yang Anda lakukan itu sangatlah berarti bagi bangsa dan negara Indonesia.

Dari hal-hal yang kecil, lama kelamaan akan menjadi sesuatu yang besar jika dilakukan secara terus menerus. Terlebih lagi jika Anda mampu menularkan sikap bela negara kepada orang lain, pasti Indonesia akan menjadi negara yang kuat dan tangguh.

Sikap bela negara harus ditanamkan kepada anak sejak usianya masih kecil agar saat besar nanti kecintaannya terhadap negara semakin besar dan bisa ikut serta dalam memajukan dan membela negara dalam berbagai aspek kehidupan.

Jauhilah kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat mencoreng nama baik Indonesia mulai dari sekarang agar Anda terbiasa untuk melakukan hal-hal baik demi kemajuan bangsa Indonesia. Tanamkanlah rasa cinta terhadap negara agar tumbuh sikap rela berkorban demi membela negara tercinta Indonesia Raya.

Jelas sekali bahwa pengertian bela negara tidak hanya harus dimengerti melainkan dijiwai dan juga diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sikap bela negara juga salah satu bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Jadi, sikap bela negara tidak boleh luntur akibat budaya barat ataupun yang lainnya.

sekian ulasan tentang Pengertian Bela Negara Beserta Contoh Penerapannya semoga artikel dari ayoksinau.com bisa bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya :