Inilah Langkah & Membuat Puisi Dengan Baik Dan Sudah Tidak Diragukan lagi

Posted on

Langkah & Membuat Puisi – puisi adalah sebuah karya sastra yang menggunakan sebuah kata-kata singkat dan di setiap kata mempunyai makna sendiri-sendiri. Membuat sebuah puisi bisa dilakukan dengan merasakan perasaan yang kalian rasakan. Misalkan seperti perasaan sedang bahagia, kagum, sedih hingga perasaan takjub akan sesuatu.

gambar Langkah & Membuat Puisi

Dalam pembuatan suatu puisi tidak bisa dengan sembarangan, cara membuat puisi ada juga langkah-langkah tertentu, untuk itu ayok sinau sudah menyiapkan pembahasan ini, langsung saja.

Langkah & Teknik Pembuatan Puisi

1. Tema

Tema adalah suatu gagasan awal yang harus kalain tuangkan kedalam bentuk sebuah puisi. Contoh puisi mengenai lingkungan masyarakat, kasih sayang, keindahan alam atau sebagainya.

2. Suasana Puisi

Suasan puisi disini dimaksudkan adalah suatu gambaran mengenai perasaan seseorang untuk membuat suatu puisi. Jika pada saat sedang merasa bahagia maka kalimat yang digunakan haruslah lembut, romantis dan indah.

Begitu pula sebaliknya jika perasaan suasana yang sedang dirasakan sedih, atau bimbang, maka penggunaan bahasa di dalam membuat puisi haruslah menggunakan bahasa yang sinis atau keras.

Baca juga :

3. Kata-Kata Yang Sesuai

Di dalam suatu puisi kita haruslah mendaftarkan atau menggunakan kata yang dicampur dengan ungkapan yang bisa bermakna. Misalkan Ibu, luasnya semesta alam tidak seluas rasaku kepadamu.

4. Diksi

Diksi merupakan suatu pemilihan kata. Setiap pemilihan kata-kata di setiap puisi kita haruslah cenderung menggunakan kata-kata yang bisa memberikan nilai rasa tertentu.

5. Menulis puisi

Setelah selesai melakukan keempat langkah di atas, mak langkah selanjutnya kalian sudah bisa memulai untuk membuat suatu puisi.

Cara membaca puisi juga harus dengan penjiwaan yang penuh, pelafalan haruslah benar, intonasi, suara, ekpresi dari bahasa tubuh atau gerakan tubuh harus juga digunakan. Hal ini dilakukan supaya pesan yang disampaikan di setiap kata-kata bisa diterima dengan idela. Pendengan ataupun orang yang sedang menyimaknya juga akan menikmati puisi yang sudah di bacakan.

Maka dengan ini, puisi merupakan suatu ungkapan yang bisa dirasakan di dalam hati dan kemudian di tuangkan kedalam sebuah tulisan. Penulisan puisi juga haruslah dengan menggunakan kata-kata yang sesuai.

Jika perasaan sedang bahagia, sebaiknya menggunakan kata-kata dan bahasa yang menggambarkan mengenai kebahagiaan. Tentu dalam pembuatan puisi haruslah menggunakan langkah yang sudah di jelaskan di atas tadi.

Seorang pembaca juga harus dengan menggunakan intonasi pelafalan serta ekspresi yang baik dan juga benar, hal ini tentu guna kenyamanan dari para pendengan supaya bisa memahami dan menikmati dari alur puisi tersebut.

Demikianlah ulasan mengenai langkah dan cara membuat puisi, kunjungi terus ayoksinau.com untuk informasi menark lainnya.

Baca juga ulasan di bawah ini :