Ingin Mengenal Sosok Soekarno Secara Lebih Dekat? Inilah Biografi Soekarno

Posted on

Ingin Mengenal Sosok Soekarno Secara Lebih Dekat? Inilah Biografi Soekarno

Ir. Soekarno atau yang lebih dikenal dengan nama Bung Karno merupakan presiden pertama negara Indonesia yang lahir di Blitar, Provinsi Jawa Timur pada tanggal 6 juni tahun 1901. Nama kecil Bung Karno adalah Koesno Sosrodiharjo, namun waktu kecil beliau sering sakit yang kemungkinan disebabkan karena namanya yang tidak sesuai akhirnya diganti namanya menjadi Soekarno.

Tak heran jika sampai sekarang masih banyak orang yang mencari informasi mengenai biografi Soekarno untuk mengetahui secara lengkap dari lahir hingga wafatnya beliau. Ir. Soekarno juga merupakan Tokoh yang berperan penting dalam memerdekakan Indonesia dari penjajahan negara Belanda. Soekarno adalah tokoh proklamator kemerdekaan Indonesia bersama dengan Bung Hatta yang terjadi tanggal 17 agustus tahun 1945.

Biografi Soekarno lengkap

Ayah Ir. Soekarno adalah Raden Soekemi Sosrodiharjo dan Ibunya bernama Ida Ayu Nyoman Rai yang berasal dari Bali. Kedua orang tuanya bertemu saat ayahnya sedang bertugas menjadi guru di Bali dan ibunya merupakan salah seorang bangsawan dari Bali. Seperti yang diketahui mengenai biografi Soekarno bahwa beliau memiliki seorang saudara kandung atau tepatnya kakak kandung perempuan yang bernama Sukarmini.

Biografi Soekarno masa kecil

Presiden pertama Indonesia ini sewaktu kecil tidak tinggal bersama kedua orang tuanya, melainkan beliau tinggal di Tulung Agung, Jawa Timur bersama kakeknya yang bernama Raden Hardjokromo. Beliau juga sempat bersekolah disana meskipun tidak sampai selesai karena harus ikut orang tuanya pindah ke Mojokerto.

Di Mojokerto, beliau disekolahkan kembali di satu sekolahan dengan tempat ayahnya bekerja sebagai guru yaitu di sekolah Eerste Inlande School. Namun pada tahun 1911 beliau dipindahkan ke Europeesche Lagere School atau ELS, ELS ini merupakan sekolah setingkat SD atau sekolah dasar guna mempersiapkan masuk di Hogere Burger School atau HBS.

Pada tahun 1921 beliau tamat dari HBS kemudian beliau tinggal bersama dan mengaji dengan kawan dari ayah beliau yang bernama Haji Oemar Said Tjokroaminoto atau yang lebih dikenal dengan nama H.O.S Cokroaminoto. Ketika tinggal dan mengaji dengan H.O.S Cokroaminoto di Surabaya beliau sering bertemu dengan pemimpin Sarekat Islam seperti Abdul Muis dan Haji Agus Salim yang pada saat itu dipimpin langsung oleh Tjokroaminoto.

Kemudian Soekarno ikut bergabung dengan organisasi pemuda Jawa atau disebut dengan organisasi Jong Java. Setelah tamat dari H.B.S pada tahun 1920, Soekarno kemudian melanjutkan sekolah ke Technische Hoge School atau sekarang dikenal dengan perguruan tinggi ITB di Bandung. Di tahun yang sama yaitu tahun 1921, beliau menikah dengan anak sulung H.O.S Cokroaminoto yang bernama Siti Oetari.

Namun Soekarno sempat berhenti dari perkuliahannya, namun tidak selang beberapa tahun beliau melanjutkan kembali dan mendaftar kuliah yang akhirnya beliau tamat dari ITB pada tanggal 25 mei tahun 1926 yang kemudian beliau mendapatkan gelar Ir atau Insinyurnya. Selama di Bandung, beliau berhubungan dekat atau berinteraksi dengan Douwes Dekker dan Tjipto Mangunkusumo, yang pada saat itu mereka merupakan tokoh pemimpin Organisasi National Indische Partij. Beliau wafat pada tanggal 21 juni pada tahun 1970 saat umur 69 di Jakarta.

Demikianlah informasi mengenai biografi Soekarno secara lengkap dari kehidupan sewaktu kecil sampai meninggalnya beliau. Semoga artikel dari ayoksinau.com bisa menambah informasi dan bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya :