Fungsi Negara Dan Pengertiannya Paling Lengkap

Posted on

Fungsi Negara Dan Pengertiannya Paling Lengkap

Pernahkah anda berpikir fungsi di bentuknya suatu Negara?. Negara merupakan suatu wilayah yang berada di permukaan bumi dimana terdapat pemerintahan yang mengatur ekonomi, social, politik, budaya, pertahanan keamanan dan unsur lainnya. Sebuah wilayah dapat di katakan sebagai Negara apabila wilayah tersebut terdapat unsur-unsur seperti wilayah, rakyat dan pemerintah yang berdaulat dan juga pengakuan dari Negara lain.

Ketika masyarakat bersepakat untuk membentuk Negara dan hidup di dalamnya pastinya terdapat fungsi-fungsi tertentu yang di harapkan dapat berjalan dengan baik.

Secara sederhana, fungsi Negara dapat di artikan sebagai kegiatan Negara untuk bisa mencapai cita-cita dan tujuan Negara itu sendiri supaya bisa terwujud. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan fungsi Negara dibawah ini secara umum :

  1. Fungsi Keamanan dan Ketertiban

Apabila stabilitas Negara berjalan kondusif maka hal tersebut menjamin terlaksananya program-program pembangunan dengan baik. Oleh karenanya , Negara harus menjaga keamanan juga ketertiban di Negaranya.

Selain itu, fungsi dari ketertiban dan keamanan tersebut diharapkan dapat mencegah bentrokan, perselisihan dan pertikaian yang terjadi antar sesame manusia pada kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, Negara harus menciptakan untuk mewujudkan hal tersebut yang harus sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

  1. Fungsi Kesejahteraan dan Kemakmuran

Fungsi Negara juga bertujuan untuk menciptakan kesejahteraan dan juga kemakmuran rakyatnya. Untuk itu, Negara harus berusaha sebaik-baiknya untuk menciptakan hal tersebut dengan pembangunan di segala bidang dan menciptakan perekonomian yang baik demi tercapainya kesejahteraan dan kemakmuran. Meskipun begitu, bukan berarti pembangunan menjadi tanggung jawab Negara sepenuhnya, akan tetapi dukungan rakyat juga di perlukan.

  1. Fungsi Pertahanan

Untuk point yang satu ini memang sangatlah penting untuk kelangsungan hidup bangsa dan Negara. Fungsi pertahanan Negara ini akan menentukan bertahan dan tidaknya sebuah Negara. Dengan kata lain, fungsi yang satu ini erat kaitannya dengan pertahanan dari serangan Negara lain. Oleh sebab itu, di perlukan pengadaan alat pertahanan Negara yang canggih. Tak hanya dari sisi alatnya, personil keamanannya pun harus terlatih dan tangguh.

  1. Fungsi Keadilan

Keadilan bagi setiap warga Negara harus di tegakkan tanpa membeda-bedakan. Karena banyaknya perbedaan tersebut, di bentuklah badan-badan peradilan Negara yang harus bisa menjamin keadilan untuk setiap warga Negaranya. Salah satu usaha yang bisa dilakukan yakni dengan memberikan keputusan yang adil dalam hukum.

Apabila hukum tidak di tegakkan, maka akan muncul gejolak dalam masyarakat yang justru akan memicu kontroversi. Tak heran kontroversi tersebut bisa mengganggu keamanan Negara. Sebaliknya, jika keadilan bisa di tegakkan maka akan muncul kehidupan masyarakat yang dinamis dan harmonis.

Itulah beberapa informasi mengenai Fungsi Negara Dan Pengertiannya Paling Lengkap yang bisa di jadikan bahan referensi anda. Semoga artikel dari ayoksinau.com bisa bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya :