Fungsi Dan Peranan UUD 1945 Lengkap

Posted on

Fungsi Dan Peranan UUD 1945

 

Berbicara tentang fungsi dan peranan UUD 1945, Sejarah telah membuktikan melalui empat kurun waktu berlakunya undang undang dasar dengan ketiga macam UUD (UUD 1945 konstitusi RIS 1949 dan UUDS 1950).

Secara teoritis penggantian UUD tesebut setidak tidaknya telah membawa perubahan struktur dan mekanisme penyelenggaran pemerintahan Negara, dan kemungkinam yang lebih jauh ialah perubahan pada dasar filsafat dan tujuan dari Negara tetapi dalam praktek ketata negaraan indonesia ternyata mengganti UUD itu tidak membawa perubahan pada landasan dasar filsafat dan tujuan pada Negara, dan hanya sebatas pada berubahnya strukturisasi, mekanisme dan aturan saja. Jadi dasar filsafat Negara kita tetap pancasila. Dan tujuan pokoknya sebagai mana tercantum pada pembukaan UUD 1945 yaitu :

  1. Melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia.
  2. Memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa
  3. Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang bedasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan social.

Kembali pada pokok bahasan ini, ada dua pertanyaan yang relevan sekali untuk diketengahkan, dan kedua duanya merupakan suatu kerekaitan yang erat, yaitu :

  1. Sejauh mana UUD 1945 seharusnya berfungsi sebagai suatu konstitusi tetulis untuk melandasi pengolahan berbangsa dan bernegara.
  2. Sejauh mana UUD 1945 telah befungsi untuk melandasi pengolahan kehidupan nasional tersebut.

Untuk menjawab kedua fungsi UUD itu sekaligus, faktor factor ketatanegaraan baik dalam bentuk filsafat hidup, landasan hukum, dan politik pemeintahannya harus terjabarkan  dalam kerangka konsepsional dan opeasional yang mantap.

Pertama fungsi dan peranan UUD 1945 secara konsepsional tercermin dalam ; berfungsi pancasila sebagai landasan dasar filosofi Republik Indonesia, berfungsinya sistem presidensial dengan cara konstitusi sebagai landasan struktural yang tertuang dalam UUD, dan berfungsinya tujuan nasional yang terimplimentir dalam kebijaksanaan politik bangsa yang tertuang dalam GBHN.

Kedua fungsi dan peranan UUD 1945 secara opeasional artinya apa yang telah tercermin didalam peran UUD 1945 secara konsepsional di atas, benar benar terealisir secara nyata dalam kehidupan bangsa dan bernegara, bukan hanya itu saja, tapi mampu dilestarikan serta peningkatan usaha usaha pelestariannya.

Demikianlah Penjabaran tentang Fungsi Dan Peranan UUD 1945 dari ayoksinau.com semoga dapat bermanfaat.

Baca Juga :