Football Lovers, Yuk Cari Tahu Sejarah Sepak Bola Berikut Ini

Posted on

Sejarah Sepak Bola – Olahraga sepak bola memang sudah terkenal ke seluruh penjuru dunia. Permainan yang dimainkan oleh dua tim ini begitu populer dan bahkan menjadi olahraga yang paling favorit di seluruh dunia. Permainan ini mengandalkan 11 pemain dengan beberapa pemain cadangan yang bertujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan.

gambar Sejarah Sepak Bola

Nah, bagi Anda pecinta bola tentu saja belum afdol jika belum paham sejarah sepak bola yang belum banyak diketahui oleh banyak orang ini. Daripada penasaran, yuk langsung saja simak ulasan menariknya.

Sejarah sepak bola dimulai dari negeri Tiongkok pada abad ke-2 dan ke-3 sebelum masehi. Pada masa dinasti Hang, masyarakat bermain bola yang terbuat dari kulit dengan menggiringnya ke jaring kecil. Permainan tersebut juga dimainkan di negara Jepang hanya saja namanya Kemari.

Di negara Italia sendiri, permainan ini sudah digemari sejak abad ke-16. Permainan sepak bola pun semakin berkembang ke negara Inggris dan disinilah mulai lahir peraturan dasar bermain sepak bola. Namun, dalam beberapa kesempatan, permainan ini menimbulkan kekerasan dan akhirnya dilarang oleh oleh Raja Edward III di tahun 1365.

Namun, di tahun 1815 terjadi perkembangan yang besar dan akhirnya permainan sepak bola mulai terkenal dikalangan perguruan tinggi dan sekolah. Olahraga tersebut pun semakin disebarluaskan oleh pedagang, tentara, dan pelaut dari Inggris ke seluruh penjuru dunia.

Nah, pada tahun 1904 mulailah dibentuk induk organisasi sepak bola internasional yang disebut dengan  FIFA (Federation of International Football Association) dan berbagai kompetisi pun mulai digelar.

Baca juga :

Setelah mengetahui sejarah sepak bola, berikut akan dipaparkan juga informasi mengenai lapangan dan peraturan sepak bola.

Untuk pertandingan internasional, biasanya panjang lapangan mencapai 100-120 meter dan lebarnya 65-75 meter. Dimana, di dalam lapangan tersebut terdapat dua gawang yang perannya sangat penting di dalam permainan sepak bola. Terdapat juga garis-garis penting yang membuat permainan ini semakin seru untuk dimainkan.

Umumnya, sepak bola memiliki lama waktu permainan 2×45 menit dengan istirahat sebanyak 15 menit. Terdapat wasit yang siap memimpin jalannya pertandingan dan siap untuk memberikan kartu kuning ataupun kartu merah jika terjadi pelanggaran.

Setiap tim wajib menyiapkan 11 pemain utama dan beberapa pemain cadangan yang telah dibagi tugasnya masing-masing yaitu sebagai kapten, kiper, striker, back, dan lain sebagainya. Setiap tim tentunya memiliki trik dan strategi tersendiri agar dapat mencetak gol sebanyak-banyaknya dan memenangkan pertandingan.

Nah, agar dapat memenangkan pertandingan, pemain harus memiliki kemampuan dasar dalam bermain sepak bola seperti menggiring bola, mengoper bola, menembak bola ke gawang, dan lain sebagainya.

Permainan sepak bola memang sangat digemari oleh masyarakat dari berbagai kalangan mulai dari anak-anak sampai orang tua. Nah, tentu saja Anda tidak hanya bisa memainkan permainan ini saja, melainkan juga harus tahu sejarah sepak bola yang telah dipaparkan dia atas.

Demikianlah ulasan singkat mengenai sejarah sepak Bola. semoga bisa bermanfaat bagi anda. kunjungi terus ayoksinau.com

Baca juga ulasan lainnya :