Dibalik Konfilik Israel, Inilah Sejarah Israel Yang Perlu Anda Tahu

Posted on

Sejarah Israel – Sebelum membahas mengenai sejarah Israel lebih jauh, berikut ini adalah gambaran umum tentang Israel. Israel sendiri merupakan sebuah wilayah yang termasuk ke negara Timur Tengah, dimana wilayah tersebut dikelilingi oleh Laut Tengah, Suriah, Lebanon, Mesir, Yordania dan juga gurun pasir Sinai. Selain dikelilingi oleh beberapa negara tersebut, Israel juga dikelilingi oleh dua daerah Otoritas Nasional negara Palestina yakni Tepi Barat dan Jalur Gaza.

gambar Sejarah Israel

Dengan populasi sejumlah 7,5 juta jiwa, bangsa Israel menjadi satu-satunya wilayah yang paling besar penduduk Yahudinya di dunia. Selain itu, bangsa Israel juga dihuni oleh beberapa kelompok minoritas lainnya, seperti etnis Arab yang merupakan kewarganegaraan Israel dan kelompok-kelompok agama lainnya yakni Muslim, Druze, Kristen, Samaria dan kelompok keagamaan lain.

Bangsa yahudi yang sekarang ada ini dibagi menjadi 2 kelompok atau golongan, yakni Yahudi Exkinaz dan Yahudi Semitik. Adapun asal usul dua golongan tersebut masih diperdebatkan oleh para sejarawan. Ada yang berpendapat bahwa mereka merupakan keturunan Nabi Ibrahim, dimana beliau berhijrah dari kota Aur yang berada di sebelah selatan mesopotamia menuju ke bagian Khurran di Syiria.

Disinilah ayah dari Nabi Ibrahim menghembuskan nafas terakhirnya, lalu Nabi Ibrahim berpindah menuju ke daerah Khananiah sekitar tahun 2000 sebelum Masehi. Diantara keturunannya Nabi Ibrahim adalah Nabi Ya’kub yang diberi gelar nama Israel sehingga sampai saat ini anak cucuya disebut juga sebagai Bani Israel.

Diantara keturunan Nabi Ya’kub (Israel) adalah Nabi Yusuf, dimana Nabi Yusuf ini pernah menjabat sebagai menteri pertanian negara Mesir yang kemudian anak cucu dari Nabi Ya’kub (Israel) berdiam diri di negara Mesir sampai masa Nabi Musa A.S. Dari sinilah sejarah Israel dimulai, yakni ketika Nabi Musa A.S mengajak para Bani Israel keluar dari negara Mesir yang bertujuan untuk menyelamatkan diri dari penyiksaan dan juga penindasan raja Fir’aun menuju ke negeri Palestina.

Baca juga :

Saat Nabi Nabi Musa A.S menghembuskan nafas terakhirnya, mereka (Bani Israel) belum dapat memasuki pintu wilayah dari negeri Palestina. Namun ketika masa Nabi Daud A.S mereka berhasil memasuki  negeri Palestina dari Sinai dan berhasil menguasai ibu kota Yerussalem sekitar tahun 2000 sebelum Masehi. Akan tetapi keberhasilan mereka belum sepenuhnya bisa menguasai seluruh wilayah dari negeri Palestina.

Sedangkan pada masa pemerintahan Nabi Sulaiman yang merupakan putra Daud, kerajaan pada masa itu terbagi menjadi beberapa kerajaan kecil-kecil. Dari beberapa kerajaan purba inilah yang menjadi salah satu sejarah Israel dimana hal tersebut dijadikan sebagai bukti untuk mengklaim keberadaan dan sahnya negara Yahudi di negeri Palestina sekarang ini.

Padahal kerajaan orang Yahudi dalam sejarahnya Nabi Sulaiman dan Nabi Daud tidak lebih dari beberapa desa-desa dan kota di sekelilingnya. Hanya karena sebuah kebiasaan saja, bangsa Yahudi memanggil dan menyebut pemimpinnya dengan sebutan Raja.

Demikianlah ulasan mengenai sejarah Israel secara singkat dan juga gambaran umum mengenai wilayah Israel itu sendiri. Semoga bisa memberikan manfaat dan menjadi sebuah wawasan bagi para pembacanya.

Demikianlah ulasan yang mengenai Israel, semoga bisa lebih menambah wawasan teman-teman ya. kunjungi terus ayoksinau.com untuk informasi menarik lainnya.

Baca juga artikel di bawah ini :