Definsi Literasi Menurut Para Ahli dan Dimensi Literasi | Ayoksinau.com

Posted on

Definisi Literasi – Literasi bukanlah suatu kata yang asing bagi Anda tentunya. Akan tetapi, masih banyak dari kita yang belum memahami secara detail dari definsi literasi tersebut. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini Ayoksinau.com akan membahas mengenai definisi literasi dan dimensi literasi.

Definisi Literasi

Pengertian Literasi

Kata literasi berasal dari bahasa Inggris yaitu kata “literacy” yang mana kata literacy ini juga berasal dari bahasa Latin yaitu “littera” (huruf) yang definisinya melibatkan penguasaan terhadap sistem-sistem tulisan serta konvensi-konvensi yang menyertainya.

Saat ini pembahasan literasi telah meluas tergantung bagaimana kata itu disematkan dalam sebuah kalimat. Terdapat diantaranya literasi informasi dan literasi media yang memiliki definisinya masing-masing.

Pengertian Literasi Menurut Para Ahli

Banyak sekali para ahli yang telah menyampaikan pendapatnya mengenai definisi literasi. Diantara beberapa ahli tersebut  adalah sebagai berikut.

  1. Sulzby (1986), definisi literasi merupakan kemampuan berbahasa yang dimiliki oleh seseorang (membaca, berbicara, menyimak, dan menulis) dalam berkomunikasi dengan cara yang berbeda sesuai dengan tujuannya. Jika didefinisikan secara singkat, definisi literasi yaitu kemampuan menulis dan membaca.
  2. Graff (2006), definisi literasi adalah suatu kemampuan untuk menulis dan membaca.
  3. 7th Edition Oxford Advanced Learner’s Dictionary, definisi literasi yaitu kemampuan menulis dan membaca.

Model Literasi

Seiring berkembangya zaman literasi telah memiliki perkembangan dalam maknanya. Menurut Luke dan Freebody terdapat empat model dalam Literasi diantaranya sebagai berikut:

Terlibat dalam memaknai teks.

Memahami dan menyusun teks tertulis dan teks virtual dan lisan yang berati dari budaya tertentu, lembaga, keluarga, masyarakat, negara-negara dan lain-lain. Menggambarkan skema yang ada.

Memahami konteks dalam teks.

Menggunakan dan mengenali fitur seperti alfabet, konvensi, suara, pola teks dan ejaan.

Melakukan analisis dan mentransformasikan teks secara kritis.

Bertindak dan memahami atas pengetahuan bahwa teks-teks tidak netral. Teks mewakili pandangan tertentu, diam, mempengaruhi ide-ide orang. Desain teks dan wacana dapat dikritik dan didesain ulang dengan cara baru dan hibrida.

Menggunakan teks secara fungsional.

Dimensi Literasi

Adapun dimensi literasi terbagi kedalam tujuh dimensi:

1) Dimensi Bidang

Pada dimensi bidang ini terdari dari pendidikan, administrasi, komunikasi, militer, hiburan, dan lain sebagainya. Literasi pada suatu bangsa dapat terlihat pada dimensi ini. Pendidikan yang memiliki kualitas yang tinggi dapat menghasilkan literasi yang sangat berkualitas tinggi juga. Hal ini dikarenakan pada bidang pendidikan adalah ujung tombak dari kebangkitan suatu bangsa.

2) Dimensi Geografis

Dimensi geografis meliputi lokal, regional, nasional, serta internasional. Dimensi geografis berdasarkan juga pada tingkat pendidikan dan vokasional (kecakapan kejuruan) serta jaringan sosialnya.

3) Dimensi Bahasa

Dimensi Bahasa (etnis, lokal, nasional, regional, internasional): Ada literasi yang singular dan ada yang plural.

4) Dimensi Media

Pada dimensi media ini terdiri dari teks, visual, cetak, dan digital. Pada zaman sekarang orang harus dapat mengandalkan kemampuannya dalam menulis dan membaca teks cetak, digital, dan visual. Perkembangan ilmu teknologi sangatlah penting dan sangat berpengaruh banyak terhadap gaya berliterasi.

5) Dimensi Ketrampilan

Dimensi Keterampilan meliputi membaca, menulis, menghitung, berbicara. Literasi seseorang tampak atau tercermin dari dimensi ini. Semua sarjana mampu membaca, akan tetapi tidak semua sarjana mampu menulis. Oleh sebab itu, keterampilan sangat diperlukan. Selain itu, jika hanya mengandalkan literasi saja (dalam hal ini menulis dan membaca) tidaklah cukup. Oleh karena itu, juga harus mempunyai kemampuan numerasi (keterampilan dalam berhitung).

6) Dimensi Fungsi

Dimensi Fungsi memecahkan persoalan, mendapatkan pekerjaan, mencapai tujuan, mengembangkan pengetahuan, mengembangkan potensi diri. Orang yang literat karena pendidikannya mampu memecahkan masalah dan mengatasi semua tentang kehidupan yang menghampirinya.

7) Dimensi Jumlah

Dimensi Jumlah dapat merujuk pada banyak sekali hal, seperti peristiwa tutur, bahasa, variasi bahasa, media, dan bidang ilmu. Literasi seperti halnya kemampuan berkomunikasi, bersifat relatif.

Demikian pembahasan Ayoksinau.com mengenai definisi literasi dan dimensi literasi. Semoga apa yang dibahas dalam artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Baca juga artikel-artikel menarik berikut:

Artikel | Pengertian, Jenis-Jenis Artikel, Contoh-Contoh Artikel dan Cara Pembuatannya – Ayoksinau.com

Pengertian Integritas Menurut Para Ahli Beserta Penjelasan Lengkap | Ayoksinau.com

Apa Itu Investasi? | Ayoksinau.com

Pengertian Epidemiologi Menurut Para Ahli | Tujuan, Sejarah, Manfaat dan Perananan Epidemiologi