Definisi Stress, Pembahasan Stress Secara Lengkap | Ayoksinau.com

Posted on

Stres – adalah gangguan yang dirasakan seseorang secara mental akibat adanya tekanan. Biasanya individu tersebut tidak bisa memenuhi kebutuhan yang dia inginkan. Tekanan tersebut bisa dari dalam diri sendiri serta ada juga dari luar misalnya lingkungan sekitar.

Sebagai Contoh Gambaran Stress

Kemampuan mahasiswa untuk sidang akhir skripsi, sedangkan persiapan belum matang sehingga mahasiswa tersebut akan stress terkait sidang akhir skripsinya tersebut. Artinya mahasiswa ini terancam gagal utuk sidang skhir skripsi.

Seorang siswa SMA tidak bisa mengikuti ujian di karenakan belum bayar SPP, siswa SMA tersebut akan mengalami stres, artinya siswa SMA tersebut gagal melakukan ujian.

Karyawan yang semakin stress akibat bos meminta dateline tentang tugas. Sedangkan karyawan tersebut tidak bisa menyelesaikan tepat waktu. Artinya karyawan tersebut gagal menjalankan tugas dari bosnya.

Definisi Stress, Pembahasan Stress Secara Lengkap Ayoksinau.com

Penyebab Stress

Banyak sekali penyebab stress, kali ini menurut Brannon & Feist (2007) dan Myers (1996), ada 3 sumber stress yaitu:

  1. Katastrofi adalah adalah kejadian yang terjadi secara tiba-tiba dan kejadian tersebut tidak dapat diprediksi, contohnya bencana alam gempa bumi, banjir, longsor dan perang.
  2. Perubahan kehidupan seseorang dapat mengakibatkan terjadinya stres. Misalnya perceraian, kematian seseorang, dan PHK (kehilangan pekerjaan)
  3. Kejadian sehari-hari dapat menimbulkan stres misalnya jadwal kerja yang sangat padat, kemudian macet, dan antrian panjang di kasir, loket, atau bank.

Menurut Rasmun tahun 2004, ada variabel stres yang biasa disebut stresor. Stresor merupakan variabel yang dapat dijadikan penyebab stress.

  1. Tekanan berasal dari dalam diri sendiri serta ada juga dari luar misalnya lingkungan sekitar.
  2. Stres jika stresor yang dirasakan dan diasumsikan sebagai ancaman sehingga menimbulkan kecemasan yang dirasakan dari fisik dan psikologis.

Ada jenis-jenis stresor sebagai berikut:

  1. Stresor biologik, stress diakibatkan oleh binatang, akibat bakteri, virus, hewan, tumbuhan. Contohnya tumbuhnya jerawat, demam, dan digigit binatang-binatang.
  2. Stresor fisik perubahan geografi, iklim, suhu, cuaca, dan alam. Lingkangan luar sistem mengakibatkan stres. Misalnya anggota keluarga, nutrisi, Letak tempat tinggal, demografi, radiasi, kepadatan penduduk.
  3. Stresor kimia berasal dari dalam tubuh dan luar tubuh. Misalnya stresor dari dalam tubuh gula darah, kolestrol naik dapat mengakibatkan stress. Sedangkan stresor dari luar tubuh contohnya obat, alkohol, gas beracun, insektisida, pencemaran lingkungan, nikotin, kafein, polusi udara, bahan-bahan kosmetika, bahan pengawet, pewarna, dan lain-lain.
  4. Stresor psikologik biasa disebut stresol sosial, yaitu rasa tidak puas terhadap diri sendiri, kekejaman, rendah diri, emosi yang negatif.
  5. Stresor spiritual adalah adanya persepsi negatif terhadap nilai-nilai ketuhanan.

Baca Juga:

Pengertian Depresi – Faktor Penyebab, Gejala & Cara Mengatasinya | Ayoksinau.com

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Stres

Faktor yang mempengaruhi sangat banyak, menurut Atkinson & Hilgard (1996), tingkat stres tergantung pada sejumlah faktor. Faktor-faktornya yaitu:

  1. Kemampuan memperkirakan
  2. Kontrol atas jangka waktu
  3. Evaluasi kognitif. Dampak terhadap orang lain
  4. Perasaan mampu.
  5. Dukungan masyarakat

Tinggi Rendahnya Stress Dipengaruhi Oleh

  • Orang stres merasa tertekan, mudah marah, dan kecemasan berlebih
  • Pengalaman individu terhadap stresor
  • Tanda orang stres secara umum dipengaruhi pikiran, perilaku, perasaan, dan fisik.
  • Ketika seseorang stres, pikirannya jadi sulit konsentrasi dan sulit berpikir logis
  • Persepsi pemikiran individu terhadap penyebab stress
  • Lamanya bertemu dengan stresor
  • Ketika seseorang stres, perilakunya jadi lebih agresif, dan menjadi malas
  • Sering tidaknya bertemu dengan stresorh
  • Tingkat perkembangan psikologis individu yang mengalami stres
  • Orang yang stres dapat juga mengalami sakit, seperti sakit kepala, tekanan darah tinggi, sakit jantung, dan lainnya.

Kunjung terus Ayoksinau.com banyak sekali artikel-artikel menarik, jangan lupa like dan komentar jika ada tanggapan. Terimakasih.