Definisi Quotation – Fungsi dan Jenis Quotation | Ayoksinau.com

Posted on

Definsi Quotation – Pada kesempatan kali ini, Ayoksinau.com membahas tentang Definsi Quotation beserta fungsi dan jenis-jenis quotation. Kata Quotation adalah istilah yang sering dipergunakan dalam bidang manufaktur. Biasanya, kata quotation ini akan lebih banyak digunakan oleh orang bagian sales dan purchasing. Oleh karena itu wajib hukumnya dan merupakan syarat utama bagi orang-orang yang ada di bagian manufaktur untuk mengerti definisi quotation dalam tatanan global atau dalam dunia bisnis. Karena, jika sampai Anda bekerja di bidang itu dan Anda tidak tahu, bisa-bisa Anda akan dihajarataupun dimaki oleh bos Anda. Nah oleh karena itulah, pada kesempatan kali ini Ayoksinau.com membahas tentang Definisi Quotation beserta fungsi dan jenis quotation dalam dunia industri manufaktur.

Definisi Quotation

Definisi Quotation

Kata quotation sendiri berasal dari bahasa Inggris yang artinya adalah “kutipan”. Secara prinsip, quotation diartikan sebagai kontrak kesepahaman harga antara penjual dan pembeli. Yang mana fungsi ini bisa dibolak-balik sesuai keadaan dari perusahaan tersebut.

Jadi, ketika kita menyebut quotation, maka di dalamnya akan terdapat jenis barang yang akan diperdagangkan beserta harganya. Nah, harga di sini menjadi poin penting dalam sebuah quotation. Karena harga yang tertera di quotation pada dasarnya adalah harga yang berlaku untuk transaksi yang akan dilakukan.

Namun tidak hanya sampai di sana saja. Biasanya quotation selain digunakan untuk menunjukkan harga, quotation juga akan menampilkan cara pembayaran yang harus dilakukan (term of payment). Term of payment ini sendiri biasanya bentuk pembayarannya bermacam-macam, bisa dilakukan dengan cash on delivery (pembayaran ditempat atau yang dilakukan secara bersamaan ketika barang pesanan tersebut datang atau dengan kata lain langsung dibayar pada saat itu juga), cash before delivery (yaitu metode pembayaran yang dilakukan sebelum barang dikirim atau dilakukan pengiriman), selain itu juga terdapat jenis TOP 15, 30, dan bahkan ada TOP 60 (metode pembayaran ini dilakukan pada saat jatuh tempo atau sebelum tanggal jath tempo tersebut, tergantung berapa lama waktu jatuh temponya), dan masih banyak lagi jenis term of payment lainnya.

Selain menampilkan harga dan term of payment, quotation juga dapat menampilkan masa berlaku atau periode berlakunya quotation tersebut.

Mengapa harus ada periode berlakunya tersebut?

Hal ini dilakukan agar terdapat kejelasan, sampai kapankah pembeli tersebut dapat memperhitungkan pengeluaran mereka dengan harga yang tercantum tersebut hingga periode yang yang telah ditentukan tersebut. Selain itu, hal ini juga dilakukan agar penjual dapat terlindungi, ketika sewaktu-waktu penjual harus menaikkan harga produk tersebut karena berbagai hal atau faktor, seperti ketika harga bahan baku naik, pengiriman barang yang sulit, dan faktor-faktor lainnya.

Selain ketiga hal yang telah dijelaskan di atas, yaitu harga, term of payment, dan periode berlaku quotation, quotation juga menampilkan jumlah minimal order. Jumlah minimal order ini sangatlah diperlukan karena supaya kebutuhan dari penjual tersebut dapat terpenuhi. Selain hal itu, minimal order akan berimplikasi pada saat turunnya harga satuan, yang tentunya akan menguntungkan untuk pihak pembeli.

Fungsi Quotation

Seperti yang telah dijelaskan di atas mengenai definisi quotation, fungsi dari quotation pun hanya berkaitan dengan yang telah dijelaskan tersebut.

Dalam dunia industri manufaktur, quotation berfungsi untuk melindungi kesepakatan antara kedua belah pihak (penjual dan pembeli), sehingga kontrak pembelian akan menjadi lebih jelas sehingga nantinya dapat digunakan sebagai pedoman untuk menjaga cashflow.

Jenis Quotation

Berdasarkan peranannya dalam kegiatan transaksi, quotation dibagi menjadi dua jenis yaitu jenis Customer’s Quotation dan Vendor’s Quotation. Adapun penjelasan dari kedua jenis quotation tersebut adalah sebagai berikut

  • Customer’s Quotation. Customer’s Quotation yaitu daftar harga jadi atau deal (kontrak) yang ada untuk perusahaan manufaktur terhadap customer- Jadi, saat perusahaan manufaktur menjual barang, yang dikeluarkan untuk customer-nya adalah customer’s quotation.
  • Vendor’s Quotation. Vendor’s quotation yaitu sebuah daftar harga jadi atau harga deal (kontrak) yang diterima oleh perusahaan manufaktur tersebut yang diberikan oleh vendor. Jadi, ketika perusahaan membeli barang, yang didapatkan oleh perusahaan tersebut adalah Vendor’s Quotation.

Demikianlah pembahasan Ayoksinau.com mengenai definisi Quotation. Semoga dapat menjadi suatu yang bermanfaat bagi Anda. Terimakasih telah berkunjung.

Baca juga:

Definisi UMKM Lengkap | Ayoksinau.com

Pengertian Hukum Bisnis & Fungsinya | Ayoksinau.com

Definisi Ekonomi Menurut Para Ahli | Ayoksinau.com

Pengertian Prinsip Ekonomi, Ciri-Ciri, Jenis & Contohnya Lengkap | Ayoksinau.com